4 Tips Memelihara Kenari Agar Cepat Gacor dan Ngerol Panjang

Burung kenari merupakan salah satu burung kicauan yang banyak digemari karena suaranya yang khas dan unik. Kenari termasuk burung yang mudah untuk mengeluarkan suara apalagi jika didekatkan dengan burung sejenis. Tahukah anda, cara memelihara kenari agar cepat berkicau sebenarnya tidak terlalu sulit.

Ada 4 tips cara membuat kenari gacor siang malam dengan mudah dan cepat dari umur 2 bulan, yaitu:

1. Berikan Makanan yang Tepat

Memelihara kenari agar cepat berkicau atau gacor harus memperhatikan makanan yang diberikan. Biji-bijian adalah makanan burung kenari yang paling utama dan wajib Anda berikan setiap harinya. Anda bisa membelikan pakan biji-bijian khusus yang banyak dijual di tempat pakan burung.

Namun siapa yang mengira bahwa burung kenari yang mempunyai suara indah rahasianya adalah dengan memberinya makan daun-daunan. Daun-daunan ini perlu diberikan kepada burung kenari sebagai penyeimbang. Di habitat aslinya burung kenari juga sering memakan dedaunan seperti daun krokot dan mengkudu.

Agar cepat gacor pemberian EF atau Extra Food juga diperlukan, EF burung kenari adalah buah-buahan. Anda bisa memberikan jagung muda dan apel sebagai makanan tambahan kenari. Agar cepat gacor Anda juga bisa menambahkan sotong pada EF burung kenari.

2. Mandikan dan Jemur Secara Rutin Setiap Hari

Cara memelihara burung kenari agar cepat berkicau yang selanjutnya adalah memandikan dan menjemurnya secara rutin. Setidaknya burung kenari harus dimandikan minimal 1 hari sekali atau lebih bagus jika 2 kali dalam sehari.

Anda harus memandikan burung kenari pada pagi hari sebelum pukul 9 pagi kemudian menjemurnya selama 30 menit. Pada pagi hari sinar matahari sangat bagus untuk kesehatan bulu dan ototnya. Hindari menjemur burung kenari lebih  dari jam 9 karena sudah terlalu panas dan kurang bagus untuk kenari.

Di sore hari sekitar pukul 4 Anda juga bisa memandikan sekaligus menjemur kembali burung ini. Namun jika cuaca mendung cukup mandikan burung kenari saja kemudian kenari diangin-anginkan agar bulunya kering.

3. Lakukan Pemasteran

Tidak hanya pakan kenari saja yang harus diperhatikan, agar kenari cepat gacor Anda juga harus melakukan pemasteran. Pemasteran bisa dilakukan sejak burung berusia 2 bulan dan harus dilakukan secara rutin.

Cara pemasteran burung kenari bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan rekaman dan langsung bertemu kenari lainnya. Anda bisa memaster kenari dengan cara memperdengarkan rekaman kicauan kenari secara rutin.

Jika Anda sudah mempunyai burung kenari yang gacor bisa juga dijadikan sebagai burung master. Untuk pemasteran kenari bisa dilakukan dengan  cepat  karena kenari termasuk burung petarung yang tangguh. Semakin sering dimaster suara kenari akan semakin gacor dan indah.

4. Jaga Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang kenari adalah salah satu cara memeliharanya agar tetap sehat dan bisa cepat berkicau. Anda perlu membersihkan kandang kenari setidaknya dua kali dalam sehari yaitu di pagi hari dan sore hari.

Bersihkan bagian bawah kandang dari kotoran burung dan makanan yang tercecer secara rutin. Pastikan jika kandang selalu dalam keadaan bersih sehingga membuat burung merasa nyaman. Kenari memang burung petarung, namun burung ini juga sangat mudah stres jika kandangnya kotor dan membuatnya tidak nyaman.

Anda juga perlu mengganti bak bawah kandang jika memang sudah sangat kotor dan tidak bisa dibersihkan. Kandang yang bersih akan membuat kenari lebih cepat gacor dan keindahan bulunya tetap terjaga.

4 cara memelihara kenari ini sebaiknya Anda terapkan dengan benar agar burung kenari Anda cepat gacor. Membuat kenari mau berkicau atau gacor memang tidaklah sesulit burung jenis lainnya. Hal ini dikarenakan kenari adalah tipe burung petarung yang sangat mudah dipancing agar bisa berkicau. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *