Perawatan mudah plus suara yang nyaring menjadi alasan mengapa kenari masih jadi idola. Terlebih jika Anda paham betul perihal perawatan serta makanan burung kenari agar memiliki performa tangguh dan bersuara lantang.

Jenis makanan burung kenari untuk hasilkan suara nyaring

Untuk Anda yang menginginkan suara kenari kesayangan Anda lebih nyaring dan lantang, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis pakan kenari di bawah ini.

1. Sayuran segar

Ingin kenari anda berkicau nyaring dan lantang? beri dia asupan nutrisi yang didapat dari sayuran segar. Tak hanya baik untuk kesehatan pita suara, berbagai jenis sayuran segar juga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan kenari.

Anda dapat memilih berbagai jenis sayuran seperti wortel, kubis, kol dan sayur sawi agar lebih maksimal, rebus sayur terlebih dahulu dengan temperatur sedang dan tidak terlalu matang.

2. Telur kroto

Telur Kroto adalah jenis pakan yang berasal dari telur semut kroto. Jenis pakan yang satu ini kaya akan protein dan berguna untuk kesehatan pita suara, pertumbuhan serta stamina burung kenari.

Kroto biasa ditemukan di hutan atau perkebunan. Namun seiring dengan banyaknya permintaan, telur kroto mulai dibudidayakan dan dipasarkan secara luas di toko pakan hewan.

3. Telur puyuh

Selain telur kroto, telur burung puyuh juga dapat dijadikan sebagai pakan kenari agar lebih gacor. Telur puyuh kaya akan kandungan kalori yang sangat baik untuk stamina burung kenari khususnya jenis petarung atau kontes.

Baca Juga: Cara Mudah Bedakan Burung Kenari Jantan dan Betina

4. Ulat Hongkong

Makanan kenari biar gacor keras selanjutnya ada ulat hongkong yang menyimpan sebanyak 48% protein. Pakan ini dipilih lantaran ia dapat menambah banyak nutrisi untuk kenari agar lebih lincah dan bertenaga.

Sebelum diberikan kepada kenari peliharaan Anda, pastikan ulat hongkong sudah dalam keadaan mati. Caranya cukup mencelupkan ulat ke dalam air panas selama beberapa detik atau hingga ulat benar-benar mati.

5. Daun Mengkudu Muda

Daun mengkudu muda adalah pakan kenari yang kaya akan manfaat. Ia dipilih karena masih memiliki tekstur daun yang lunak sehingga dapat dicerna oleh burung kenari dengan mudah.

Di dalam daun mengkudu terdapat senyawa yang mana ia dapat menyembuhkan suara serak pada kenari. Cara penyajiannya juga cukup simple yaitu dengan menaruhnya di dalam kandang kenari dengan posisi digantung.

6. Gambas dan buah apel

Menurut beberapa pecinta burung kenari, gambas merupakan makanan yang membantu agar kenari rajin berkicau. Namun meski demikian, pemberian pakan ini hanya boleh dilakukan satu minggu sekali agar tidak mengganggu pencernaan si kenari.

Tak hanya gambas, buah-buahan seperti apel juga sangat baik untuk kesehatan dan kualitas suara kenari. Anda dapat memberikan sepotong apel segar pada pagi dan sore hari untuk hasil yang maksimal.

Selain beberapa tersebut di atas, masih ada jenis pakan kenari berkualitas seperti campuran biji-bijian dan vitamin. keduanya sangat baik untuk kesehatan kenari khususnya jenis indukan.

Biji fumayin dan niger seed juga cocok digunakan sebagai pakan kenari agar lebih gacor. Biji fumayin berguna untuk meningkatkan nafsu makan sedangkan niger seed berfungsi menghangatkan saat cuaca dingin.

Meski demikian, pemberian biji fumayin yang berlebihan dapat membuat burung menjadi ketagihan, sedangkan niger seed tidak cocok diberikan saat musim panas. Jadi sesuaikan dengan porsi dan kondisi alam sebelum memberikannya.

Itulah tadi beberapa jenis makanan burung kenari yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.