7 Jenis Burung Murai Batu yang Bagus yang Dikenal Di Indonesia

7 Jenis Burung Murai Batu yang Bagus yang Dikenal Di Indonesia

7 Jenis Burung Murai Batu yang Bagus yang Dikenal Di Indonesia
7 Jenis Burung Murai Batu yang Bagus yang Dikenal Di Indonesia

Para kicau mania pasti sudah mengenal jenis burung yang satu ini bukan? Burung murai batu biasa menjadi juara dan primadona dalam berbagai perlombaan. Burung murai batu yang terkenal juga dengan sebutan kucica hutan ini bukan hanya tersebar di Indonesia tapi juga negara – negara Asia lainnya.

Burung murai batu yang sering menjadi juara dalam kontes burung ini ternyata memiliki banyak macam jenisnya. Apa saja jenis – jenisnya? Inilah 7 jenis murai batu yang terkenal bagus :

1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan merupakan salah satu jenis Murai batu terbaik yang ada di Indonesia. Jenis burung ini telah menyebar di wilayah Pulau Sumatera Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa khususnya. Jenis Murai batu ini dicari dan banyak diminati orang di berbagai desa dan daerah pegunungan.

Murai batu medan memiliki jenis ekor yang cukup panjang mencapai 30 cm. Karena itulah burung murai batu medan dianggap sebagian orang sebagai murai batu yang paling unik dan berkualitas.

2. Murai Batu Nias

Burung murai batu Nias terkenal karena kicauan suaranya yang terbaik dengan suara yang nyaring dan sangat jelas. Sedangkan untuk kelebihan lainnya sama seperti murai batu Medan. Jenis burung ini biasanya berlomba dengan jenis Murai Batu Medan sebagai pesaingnya dalam ajang lomba.

3. Murai Batu Lampung

Jenis murai batu ini terkenal karena  kekuatannya,  disamping  keunggulannya  yang kreatif dengan suaranya juga yang cukup luar biasa. Dengan kelebihan

lainya yang dimiliki burung ini yaitu mentalnya yang bagus, suaranya yang indah dan kuat.

Karena burung ini mempunyai kekuatan yang luar biasa  yang  menjadikannya tidak mudah lelah saat berkicau. Burung Murai batu lampung juga mampu dan  lihai dalam menirukan suara burung lainnya.

Murai Batu lampung merupakan jenis murai dengan ekor pendek, kelincahannya saat terbang adalah salah satu kehebatan nya di samping suaranya yang sangat kuat.

4. Murai Batu Jambi

Jenis murai batu Jambi mempunyai postur tubuh yang kecil dengan ekor pendek untuk murai batu jambi dengan asal dataran tinggi, sedangkan murai batu jambi yang asalnya dari dataran rendah dengan postur tubuh yang sedikit besar dan juga mempunyai ekor yang panjang.

Kelebihan dari jenis murai batu Jambi ini adalah mempunyai mental yang kuat sebagai petarung yang rajin dan tanpa lelah untuk berkicau.

5. Murai Batu Irian

Jenis burung murai batu yang satu ini memiliki warna yang berbeda dari jenis murai batu lainnya. Dengan warna hitam di sekujur tubuhnya sedangkan pada bagian ekornya dengan warna hijau yang tampak berkilau, Murai batu Irian memiliki ekor sepanjang 35 cm.

6. Murai batu Jawa

Biasanya burung – burung murai batu lainnya akan mengembangkan semua bulunya saat berkicau, tapi tidak dengan murai batu yang satu ini bulu kepalanya saja yang ia kembangkan bila berkicau, hingga tampak seperti jambul.

Murai batu Jawa termasuk salah satu jenis burung murai batu yang bagus namun langka karena itulah murai batu jenis ini susah didapatkan.

7. Murai Batu Malaysia.

Jenis murai batu yang satu ini mempunyai kicauan dan mental yang cukup unik. Murai batu ini mempunyai penggemar tersendiri bagi mereka yang ingin mengikutsertakannya dalam kontes kicau burung. Murai batu yang satu ini juga dikenal dengan gaya bertarungnya dan penampilannya yang indah.

Itulah 7 jenis murai batu yang bagus diantara banyaknya jenis – jenis murai batu lainnya, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda para kicau mania.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *