Aplikasi edit video yang digunakan tidak harus menggunakan laptop ataupun PC. Dengan menggunakan ponsel berbasis Android, dapat melakukannya dengan yang baik. Tentunya  video yang dihasilkan tidak kalah keren dan kekinian.

Dulu untuk mengedit sebuah video harus memiliki computer. Selain itu, juga menguasai program editing video ataupun menggunakan jasa editor video. Adanya kemajuan teknologi sekarang terutama pada ponsel pintar, aktivitas edit video dapat dilakukan lebih mudah.

Seperti halnya pada program edit video di komputer. Beberapa aplikasi edit video pada ponsel memiliki fitur editing yang cukup lengkap tentunya.

Deretan Aplikasi Edit Video

Aplikasi Edit Video PC

Cocok untuk anda yang menginginkan software video editor yang praktis dan simple. Selain itu, dilengkapi berbagai fitur canggih dari segi efek visual maupun audio. Anda dapat menggunakan EaseUS Video Editor sebagai pilihan terbaik.

EaseUS Video Editor adalah software all in one yang tentunya mudah digunakan dalam berbagai keperluan editing. Mulai dari memotong ataupun membagikan bagian video, menggabungkan, memutar video, dan memotong ukuran gambar. Lalu mengkompilasi klip video, grading warna, dan menambahkan efek termasuk transisi.

EaseUS Video Editor dapat digunakan pada semua OS Windows. Selain itu, anda juga dapat mengedit dan mengekspor video tersebut secara gratis.

Aplikasi Edit Video di HP Tanpa Watermark

Video Collage merupakan aplikasi edit video sederhana yang keren. Tentunya dapat membantu anda mencampur dan mencocokkan lagu dan latar belakang. Selain itu, gambar untuk membuat kolase video foto yang indah dan menakjubkan.

Anda dapat memilih lagu yang diinginkan pada latar belakang. Disamping itu, terdapat 45 kolase dan tata letak untuk dipilih.

Baca Juga : Game Offline Android Tanpa Harus Gunakan Koneksi Internet

Cara Mengedit Video di Handphone

Silahkan menginstall aplikasi InShoot melalui Google Play Store. Apabila sudah terinstall, anda bisa mencobanya. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan untuk mengedit video. Terdapat  fitur tambahan seperti edit foto dan Collage. Untuk memulai editing video, perlu pilih menu bagian Video.

Setelah menekan menu Video, anda membuat project barunya dengan menekan New. Pilih lokasi penyimpanan video yang anda simpan. Setelah itu, anda memilih video yang akan diedit atau  digabungkan .

Apabila  telah memilih video di penyimpanan, maka secara otomatis masuk dalam aplikasi untuk tahap editing. Cara mengedit video di HP sedikit lebih rumit, karena layar yang terlihat lebih terbatas.

Setelah memilih video untuk dipotong, anda bisa mengatur atau memotong durasi video yang diinginkan. Apabila selesai memotong video, lanjut  dengan menambahkan soundtrack atau musik. Pilih menu Tracks, anda bisa memilih audio yang telah disediakan.

Cara Edit Video YouTube Lewat HP

Perlu menginstall app KineMaster, apabila sudah terinstall dapat mulai membukanya. Saat membuka app KineMaster muncul tampilan depan KineMaster  klik tanda (+). Setelah itu, muncul tampilan untuk pilih rasio video yang nantinya dibuat. Misalnya ingin buat video YouTube bisa pilih rasio 16:9

Selanjutnya akan muncul tampilan bisa klik “media” untuk menambahkan foto atau video yang akan diedit. Apabila ingin menambahkan tulisan tangan, efek, hamparan, media, ataupun text, bisa mempause bagian yang ingin tambahkan. Lalu klik “Lapisan”, maka bisa memilih yang ingin ditambahkan.

Saat ingin menambahkan text juga bisa memilih style font dan mengatur letaknya. Selanjutnya memasukkan beberapa gambar atau video. Maka antara satu gambar dengan lainnya dan video akan terdapat tanda jeda. Untuk memilih efek yang diterapkan di menu “Efek Transisi”.

Apabila menambahkan music bisa klik “Audio”, lalu bisa memilih musik sesuai keinginan. Kemudian klik “(+)” untuk menambahkan musik. Lalu klik tanda “centang” pada pojok kanan atas. Selain itu, bisa menambahkan sound efek di “Assets SFX”.

Untuk merekam suara mengklik simbol mikrofon “Suara”. Apabila selesai membuat videonya, maka klik “berbagi” lalu hanya perlu klik “Ekspor”. Itulah beberapa aplikasi edit video serta cara mengedit video yang dapat Anda coba gunakan.