Idealnya, baterai laptop akan terisi penuh setelah 2-3 jam dicas. Namun, Anda tentu kesal jika baterai laptop Asus tidak bisa penuh meski sudah berjam-jam melakukan pengisian daya.

Sementara daya baterai sangat Anda perlukan untuk dapat membawa laptop keluar rumah.

Namun, sebenarnya, kini laptop Asus menyediakan beberapa mode pengisian daya baterai:

  • Kapasitas penuh (Mode untuk pengisian sampai 100%) – mode yang pas untuk pindah lokasi atau di luar rumah.
  • Seimbang (Mode untuk pengisian hanya sampai 80%) – mode yang cocok untuk pergi ke perpustakaan atau kampus.
  • Masa pakai maksimal (Mode untuk pengisian hanya sampai 60%) – cocok untuk di rumah.

Biasanya, jika daya baterai sudah selisih 2 di bawah angka maksimal, baterai akan otomatis terisi. Namun bagaimana jika baterai laptop stuck di 80% saat dicas sementara Anda menggunakan mode kapasitas penuh?

Temukan cara mengatasinya lalu dapatkan solusi.

Kenapa Baterai Laptop Asus Tidak Bisa Penuh?

Kenapa Baterai Laptop Asus Tidak Bisa Penuh

Kenapa Baterai Laptop Asus Tidak Bisa Penuh

Sudah menunggu untuk waktu yang sangat lama, tapi kenapa baterai laptop Asus tidak bisa penuh? Berikut alasan yang bisa menyebabkan baterai tidak dapat terisi sampai penuh:

  • Masalah Listrik

Masalah ketidakstabilan listrik ini cukup umum terjadi. Gangguan semacam ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan baterai. Di mana aliran daya yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung sehingga terjadilah malfungsi.

  • Laptop Kehabisan Baterai

Saat Anda membuat laptop benar-benar kehabisan baterai bahkan sampai mati, ini tidak baik. Tingkat pengosongan baterai ini bisa menjadi penyebab baterai laptop Asus tidak bisa terisi penuh, karena dapat merusak software.

  • Terjadinya Error

Error bisa terjadi pada adaptor daya, stopkontak dan bahkan baterai itu sendiri termasuk software. Karena jika software laptop rusak akibat kehilangan daya atau shutdown yang tidak benar, maka pengisian baterai akan berhenti.

  • Ikon Baterai Menunjukkan Critical Baterai Level 

Ini biasanya terjadi ketika baterai kehabisan daya dan berada pada posisi di bawah level yang ditentukan. Jika Anda menentukan baterai pada level 15%, maka baterai akan mati jika berada pada level 10%.

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang saatnya mencari solusi memperbaiki baterai laptop Asus cas berhenti di 80% dan tidak naik lagi?

7 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Asus yang Tidak Bisa Penuh

Berikut cara untuk mengatasi masalah baterai yang tidak terisi penuh atau berhenti melakukan pengisian daya:

1. Matikan Laptop Anda

Saat Anda menunggu pengisian baterai laptop Asus tapi tidak kunjung penuh sampai waktu lama, matikan laptop. Mematikan laptop saat proses pengisian daya merupakan cara mengecas laptop Asus dengan benar.

2. Lepas Baterai dan Adaptor

Setelah laptop benar-benar mata, buka kunci baterai lalu lepas baterai dari laptop dan biarkan baterai mendingin. Lepas juga adaptor AC yang masih terhubung.

3. Lakukan Pembersihan

Manfaatkan penghapus pensil untuk membersihkan noda hitam pada pin atau konektor baterai. Bersihkan juga kipas sampai bodi laptop dari debu. Ini akan menghindari adanya pencegah masuknya arus listrik ke unit baterai.

4. Cek Kabel Adaptor

Coba hidupkan laptop tanpa baterai untuk mengetahui adanya kerusakan pada adaptor atau tidak. Jika laptop menyala, artinya adaptor baik-baik saja. Namun jika tidak, periksa fisik adaptor dan pastikan kabel tidak bermasalah.

Lalu pastikan juga tegangan kerja adaptor dalam keadaan normal.

5. Cek Baterai

Periksa dengan alat multimeter, apakah tegangan baterai masih sesuai dengan yang tertulis di badan baterai atau tidak. Jangan lupa juga untuk membersihkan debu atau kotoran pada baterai dan perhatikan kelayakan baterai.

6. Install Ulang Driver

Install Ulang Driver Baterrai

Install Ulang Driver Baterrai

Jika baterai baik-baik saja, pasang dan install ulang driver. Ini dilakukan supaya hardware bekerja dengan optimal. Cara me-install ulang driver karena baterai laptop Asus tidak mengisi penuh:

  • Klik kanan pada Start.
  • Pilih ‘Device Manager’
  • Temukan opsi ‘Batteries’ dan beberapa entri di bawahnya lalu pilih ‘Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery’.
  • Klik kanan dan pilih Uninstall.
  • Lalu restart laptop dan coba cas kembali.
  • Kembali ke halaman ‘Device Manager’.
  • Klik kanan lalu pilih opsi ‘Scan for Hardware changes’.

Tunggu sampai proses install selesai.

Kemudian cek apakah baterai berjalan normal? Jika sudah berarti selesai, jika tidak, kembali ke halaman ‘Device Manager’ lagi.

Klik kanan pada opsi ‘Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery’ dan pilih ‘Update Driver Software…’.

7. Hidupkan Laptop

Jika sudah memastikan semua kembali normal, tidak ada salahnya membiarkan laptop Anda istirahat sebentar. Biarkan dulu baterai dan laptop sampai benar-benar dingin sebelum Anda kembali menghidupkannya.

Sekarang coba hidupkan kembali laptop Asus Anda dengan menekan tombol power selama kurang lebih 30 detik.

Masalah pada baterai laptop Asus tidak bisa penuh tentu berbeda di setiap kasus. Namun cobalah untuk menemukan akar permasalahannya dan perbaiki dengan segera.

Baca juga: