Beberapa Jenis Kenari Yorkshire Paling Terkenal di Indonesia

Beberapa Jenis Kenari Yorkshire Paling Terkenal di Indonesia

Burung Kenari Yorkshire sudah sangat terkenal di Indonesia. Postur tubuh yang besar dengan warna bulu yang cantik membuat burung ini sering kali diincar untuk dikembangbiakkan atau sekadar dipelihara dan diikutkan kontes semata.

Bila Anda masih bingung dengan ragam jenis burung kenari yang satu ini, silakan simak penjelasan berikut tentang jenis Kenari Yorkshire yang paling terkenal di Indonesia.

Kenari Yorkshire Import

Burung Kenari Yorkshire aslinya berasal dari Inggris, tepatnya di daerah Yorkshire. Seiring berjalannya waktu, burung kenari yang merupakan hasil dari persilangan Kenari Lancashire dan Kenari Belgia ini mulai dikembangkan di negara lainnya di Eropa.

Di Indonesia sendiri, Kenari Yorkshire Import yang paling terkenal adalah burung kenari yang berasal dari Inggris dan Jerman.

1. Kenari Yorkshire Inggris

Dikenal sebagai rajanya burung kenari, Kenari Yorkshire yang berasal dari Inggris ini merupakan jenis Kenari Yorkshire terbaik. Bentuk tubuhnya yang istimewa sangatlah sempurna dengan warna dari bulu-bulu tipisnya yang cantik.

Ciri khas yang paling terkenal adalah bentuk dadanya yang bidang dan padat. Hal ini membuat burung kenari jenis ini sering disebut memiliki bentuk yang mirip wortel terbalik.

Selain terkenal dengan kebugaran fisiknya, Kenari Yorkshire Inggris juga dikenal memiliki suara yang merdu. Sifatnya yang aktif dan lincah membuat jenis burung ini semakin banyak disukai, meskipun harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk memilikinya.

Satu Kenari Yorkshire jantan bisa mencapai harga 7 hingga 10 juta rupiah. Namun, bila Anda tidak masalah dengan kualitas burung yang biasa-biasa saja, masih ada yang menjual anakan Kenari Yorkshire impor ini dengan harga Rp 1.500.000 dan Rp 3.950.000 untuk yang dewasa.

2. Kenari Yorkshire Jerman

Jenis Kenari Yorkshire import ini adalah yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Kualitas yang bagus membuat burung Yorkshire asal Jerman banyak diminati oleh para peternak untuk dikembangbiakkan.

Proporsi badannya besar dan suaranya pun lantang. Ciri tersebut  tentu diharapkan dapat menghasilkan banyak keturunan yang sama bagusnya.

Tidak hanya diincar oleh para peternak, bentuknya yang indah dan warna bulunya yang cantik membuat burung ini juga banyak diminati oleh para pelomba kontes burung. Jenis burung ini pun sering kali menyabet juara dalam berbagai lomba maupun festival.

Harga satu ekor jenis kenari jantan dewasa berkisar antara 4 – 7 juta Rupiah. Harga yang masih bisa dijangkau oleh para peternak dan pelomba burung pemula.

Kenari Yorkshire Lokal

Kenari Yorkshire Lokal merupakan jenis anak burung kenari sebagai hasil dari perkawinan Kenari Yorkshire jantan dan Kenari Yorkshire betina yang sama-sama berjenis import. Hanya saja, jenis burung kenari ini menetas dan dikembangbiakkan di Indonesia.

Jenis burung ini menurunkan 100% gen burung kenari import, termasuk sifat dominan dari kenari jantan yang memiliki postur tubuh besar. Meski begitu, terkadang ada juga peternak yang mengawinkan kenari import dengan kenari lokal lainnya sehingga hasil dari persilangan tersebut tidak 100% murni berasal dari kenari import.

Hal yang paling membedakan jenis burung kenari lokal dan kenari import adalah cara adaptasi dari burung tersebut. Burung import dari Eropa terbiasa hidup di negara dengan 4 musim, sehingga membuatnya lebih rentan karena daya  adaptasi yang sulit.

Berbeda dengan jenis burung kenari lokal yang menetas dan tumbuh besar di wilayah tropis Indonesia. Jenis burung ini lebih mudah beradaptasi dengan cuaca yang hanya berganti 2 musim saja, sehingga dikenal lebih kuat untuk hidup di Indonesia.

Harga yang ditaksir pun jauh lebih murah. Anakan jenis burung ini berharga sekitar Rp 2.000.000 dan untuk yang sudah dewasa bisa didapatkan dengan harga Rp 4.500.000 saja. Kenari Yorkshire Lokal memang dikenal sebagai jenis Kenari Yorkshire murah, tetapi kualitasnya tentu tidak murahan.

Itu dia penjelasan tentang jenis Kenari Yorkshire paling terkenal di Indonesia. Anda tidak perlu lagi bingung memilih jenis burung berkualitas bagus yang sesuai dengan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *