Cara mendongkrak birahi murai batu biar kawin memang butuh proses dan waktu. Jika Anda seorang peternak, membuat murai batu agar cepat kawin memang harus dilakukan. Tujuannya agar murai batu bisa produktif dan berkembang biak dengan baik.

Menaikkan tingkat birahi murai batu memang bukan hal mudah. Bahkan tak sedikit peternak yang kesulitan mengurus murai batu mereka agar cepat birahi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan birahi murai batu yang bisa Anda lakukan:

  • Pilih Pasangan Murai Batu yang Cocok

Anda harus memilihkan pasangan burung murai batu jantan dan betina yang cocok. Hal tersebut sangat penting karena murai batu jantan berperan dalam mendongkrak birahi burung betina.

Cara agar murai batu betina cepat birahi adalah memilihkan murai batu jantan yang paling sering berkicau. Menurut salah seorang peternak, biasanya pejantan yang rajin berbunyi pandai merayu murai batu betina.

Sebenarnya murai batu jantan yang jarang berbunyi tetap bisa untuk murai batu betina. Namun, pejantan yang sering berkicau akan lebih cepat menaikkan birahi murai batu betina.

  • Memberikan Pakan Tambahan

Selain pakan utama, Anda bisa memberikan pakan tambahan untuk murai batu misalnya kroto (telur semut). Selain itu, Anda juga dapat memberikan pakan dengan ulat seperti ulat hongkong atau ulat kandang.

Tidak harus banyak tapi usahakan untuk konsisten memberikan pakan tambahan. Setidaknya Anda perlu memberikan pakan itu setiap hari untuk mendongkrak birahi murai batu.

Perlu diperhatikan, sebaiknya jangan memberikan pakan pada murai batu terlalu banyak. Hal itu dapat menimbulkan panas pada burung dan dampaknya membuat burung mencabuti bulunya sendiri atau bulunya akan rontok.

Mengapa itu terjadi? Saat tubuhnya terasa panas, burung itu tidak bisa mengeluarkan keringat. Cara mengeluarkan panas lewat lubang-lubang pada bulunya, sehingga burung murai batu mencabuti bulunya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjodohkan Murai Batu Jantan dan Betina

  • Perhatikan Porsi Pakan

Selanjutnya, Anda harus memperhatikan porsi pakan yang tepat untuk murai batu. Selain itu, Anda harus mengetahui pakan apa yang disukai oleh murai batu. Hal ini karena ada sebagian murai batu yang tidak suka dengan pakan yang diberikan.

Jika murai batu Anda tidak suka kroto atau ulat, Anda bisa memberi nya makan jangkrik. Jangan memberikan pakan secara berlebihan karena itu bisa berdampak buruk pada murai batu.

Pemberian pakan berlebihan dapat menyebabkan murai batu betina kelebihan lemak. Hal tersebut membuat murai batu betina tidak mau kawin atau susah menaikkan birahinya. Pastikan Anda memberikan pakan tambahan secukupnya yakni tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

  • Menjemur Murai Batu

Masa penjemuran cukup penting bagi murai batu. Biasanya burung yang tidak terkena sinar matahari akan cenderung berlemak. Tidak perlu terlalu lama, Anda bisa menjemur murai batu selama 15-20 menit.

Waktu itu sudah cukup karena yang terpenting Anda menjemurnya secara rutin. Tidak harus setiap hari, Anda bisa menjemur murai batu seminggu 3 kali.

Bagi kandang murai batu yang sudah ada celah masuknya sinar matahari secara langsung, maka Anda tidak perlu menjemurnya di luar. Karena burung itu sudah berjemur secara mandiri di dalam kandang ternak.

Nah, itulah beberapa cara mendongkrak birahi murai batu biar kawin yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin mengetahui cara cepat menaikkan birahi murai batu.