Kondisi mabung atau moulting biasa terjadi pada burung terutama Kacer. Tapi, tidak semua Kacer dapat melewati proses ini dengan lancar. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara cepat merontokkan bulu kacer.

Proses ini sangat penting bagi Kacer, karena jika berlangsung dengan lancar, maka kualitas suara burung tersebut akan semakin baik. Begitu juga sebaliknya, kualitas suara bisa menjadi buruk seusai masa mabung.

Karena itu, semakin cepat proses mabung akan semakin baik. Anda bisa memakai beberapa cara dibawah ini agar Kacer yang ada dapat melewati proses ini dengan lancar, yaitu:

  1. Sauna

Cara cepat agar Kacer rontok bulu sayap yang pertama adalah dengan sauna. Upaya ini merupakan cara paling aman karena Anda tidak memakai bahan bantuan apa pun.

Untuk melakukan hal ini, Anda tinggal memberi kerodong pada Kacer yang sedang mabung. Gunakanlah kerodong berwarna hitam yang cukup tebal, tetapi semprot dahulu kerodong tersebut dengan air agar kacer dapat beradaptasi dengan panas dalam sangkar.

Nantinya suhu dalam sangkar akan panas dan membuat pori-pori pada kacer membesar. Hal ini akan membuat bulu rontok lebih cepat. Tetapi, pastikan Anda memeriksanya dengan rutin. 

Karena, jika proses ini terlalu lama Anda lakukan, maka Kacer akan merasa tidak nyaman. Terutama jika proses mabung telah selesai.

  1. Mengasingkan

Selain cara di atas, Anda bisa mengasingkan Kacer yang sedang mabung ke tempat yang sedikit lembab atau panas. Pastikan burung tersebut jauh dari hewan lainnya.

Mengapa? Tujuannya untuk menghindari pertengkaran antar burung, karena hal ini akan membuat Kacer menjadi stres karena harus menghemat banyak energi sampai proses pergantian bulu selesai.

Anda tidak perlu memberikan kerodong, tetapi pastikan untuk selalu mengawasinya dari kejauhan. Cara ini akan membuat Kacer merasa nyaman dan bisa fokus pada proses mabung tersebut.

  1. Jangan Mandikan

Cara agar Kacer Trotol cepat mabung lainnya adalah dengan tidak memandikan burung tersebut. Karena, ketika terkena air dingin maka kacer akan kedinginan dan membuat pori-porinya menciut sehingga bulu menjadi sulit rontok.

Anda bisa saja memakai air hangat, tetapi kulit Kacer belum tentu siap menerima air tersebut, sehingga bisa membuatnya terkejut dan akhirnya menjadi mudah stres. Karena itu, lebih baik jangan mandikan Kacer Anda sampai mabung selesai.

  1. Beri Pakan Kroto Plus Susu Bubuk

Anda juga bisa memakai susu bubuk pada pakannya. Jika ingin proses mabung lancar sekaligus meningkatkan suara Kacer, maka pakai kroto dan susu bubuk vanila berbagai merek.

Pemberian pakan bisa Anda lakukan selama seminggu. Biasanya, bulu akan berguguran pada hari ke-2 dan proses mabung akan selesai dalam waktu 7-10 hari. Setelah itu, hentikan pemberian susu bubuk dan beri jenis pakan yang biasa Anda berikan.

  1. Jemur

Setelah memakai cara cepat merontokkan bulu Kacer mabung. Maka, proses mabung selesai. Kemudian, Anda harus menjemurnya agar performa Kacer dapat segera pulih.

Penjemuran lebih baik Anda lakukan sekitar 1-2 jam setiap harinya paling lama jam 10 pagi. Karena, sinar matahari tidak begitu terik.

Selain memakai cara di atas, Anda juga harus menghindari beberapa hal di bawah ini selama proses mabung Kacer, yaitu:

  • Biarkan Kacer istirahat dengan tidak banyak berkicau, karena ini akan membuang energi yang seharusnya dipakai selama mabung.
  • Jangan mandikan 
  • Jangan jemur selama proses pergantian kulit
  • Perkirakan waktu kerodong dengan baik dan kurangi pemberian pakan dengan kandungan protein yang tinggi.

Memakai cara cepat merontokkan bulu Kacer di atas sangat bermanfaat. Karena, jika Anda melakukannya dengan benar. Maka, pergantian bulu akan lancar dan kualitas kacer menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: