Memiliki banyak grup WA memang menyenangkan, tetapi jika terlalu banyak tentunya malah akan membuat Anda kerepotan. Ketika Anda ingin keluar grup tetapi Anda merasa sungkan dengan anggota grup lain, Anda bisa keluar tanpa diketahui anggota. Seperti apa caranya? Berikut cara keluar dari grup WA tanpa diketahui.

1. Mengganti Nomor dengan Nomor WA Baru

Cara keluar dari grup WA pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengganti nomor WA Anda. Dengan mengganti nomor WA, Anda bisa keluar tanpa diketahui anggota grup termasuk orang yang sudah menyimpan nomor Anda. Untuk langkah-langkah mengganti nomor, yaitu:

  • Untuk berjaga-jaga Anda bisa backup data WA Anda terlebih dahulu di menu setelan
  • Lalu, siapkan nomor WhatsApp baru
  • Buka aplikasi WA Anda dan tap menu Setelan
  • Silahkan pilih menu Akun dan tap menu Ganti Nomor
  • Kemudian, masukkan nomor lama dan nomor baru Anda. Pastikan kedua nomor tersebut aktif dan dapat menerima pesan.
  • Terakhir, Anda bisa klik Selesai.

Sesudah itu Anda bisa menghapus data aplikasi WA di ponsel Anda melalui pengaturan atau setting. Jika Anda menghapus data aplikasi, maka Anda sudah keluar dari semua grup WA Anda secara otomatis dan Anda tidak akan menerima pesan dari grup yang telah Anda tinggalkan.

Setelah itu, tunggu kurang lebih 30 menit sebelum Anda bisa login lagi dengan nomor WA Anda yang lama.

2. Hapus Data Aplikasi

Cara ini mungkin hampir sama dengan cara yang pertama, tetapi di sini Anda hanya perlu menghapus data aplikasi WA dan tidak perlu ganti nomor WA baru. Untuk caranya, yaitu masuk ke menu pengaturan ponsel Anda, lalu cari menu aplikasi dan klik aplikasi WhatsApp.

Kemudian, Anda tinggal tap Hapus Data Aplikasi dan klik Oke. Dengan ini semua data WA Anda, termasuk pesan-pesan dari grup akan terhapus. Namun. jika Anda kembali login dengan nomor lama, maka grup-grup akan kembali dan Anda tetap berada di grup.

Agar Anda bisa keluar diam-diam dan permanen, maka Anda perlu mengganti nomor seperti cara yang pertama.

3. Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya ada cara keluar dari grup WA tanpa diketahui admin dan anggota tanpa ganti nomor, yaitu dengan memakai aplikasi GroupXit. GroupXit merupakan aplikasi chat di mana Anda bisa keluar dari grup tanpa menimbulkan notifikasi.

Namun aplikasi ini baru dapat di-instal di ponsel Android, jadi tips ini tidak bisa digunakan oleh pengguna Iphone. Caranya sendiri kalian cukup unduh aplikasi GroupXit ini kemudian masukkan akun kalian.

Setelah itu, kalian bisa keluar dari grup WA tanpa menimbulkan notifikasi untuk anggota grup.

4. Blok Nomor Wa

Cara selanjutnya, yaitu ketika Anda akan keluar dari grup, Anda bisa blok nomor anggota grup terlebih dahulu. Dengan melakukan blokir maka orang orang tidak akan menerima pesan maupun melihat profil Anda lagi.

5. Bisukan Notifikasi

Bisukan Notifikasi

Jika Anda masih ragu atau merasa repot karena harus ganti nomor dan backup data, maka Anda bisa pakai cara menonaktifkan grup WA tanpa harus keluar.

Cara ini memang tidak akan langsung membuat Anda keluar dari grup, tetapi dengan fitur mute atau ‘bisukan notifikasi’, Anda tidak akan menerima notifikasi pesan dari grup yang dibisukan.

Kamu bisa pakai cara ini agar Anda tidak terganggu oleh notifikasi pesan dari grup. Caranya, yaitu tekan lama grup yang ingin dibisukan, kemudian tap ikon Mute. Kamu bisa pilih waktu yang paling lama atau ‘selalu’, kemudian klik oke.

Biasanya ada grup yang memiliki ketentuan untuk rutin berinteraksi dan anggota yang jarang berinteraksi biasanya akan dikeluarkan dari grup. Setelah itu, Anda bisa tunggu hingga nomor Anda dikeluarkan oleh admin karena jarang berinteraksi.

Cara Keluar Grup yang Sopan

Jika cara diatas membuat Anda repot dan susah untuk Anda lakukan, maka sebaiknya Anda keluar dari grup dengan cara keluar dari grup WA yang sopan. Sebelum keluar, Anda bisa mengirim pesan di grup yang berisi alasan mengapa Anda ingin meninggalkan grup. 

Baru setelah itu Anda bisa klik titik tiga di pojok grup dan keluar dari grup. Selain itu, Anda juga bisa meminta langsung kepada admin grup untuk mengeluarkan nomor Anda dari grup dengan disertai alasan yang jelas dan bahasa yang sopan.

Itulah beberapa cara keluar dari grup WA tanpa diketahui yang bisa Anda coba agar bisa keluar dari grup secara rahasia. Kamu bisa arsipkan grup kalau Anda merasa terganggu dan kerepotan jika harus ganti nomor. Meski cara ini bisa digunakan, tapi lebih baik jika Anda keluar dari grup dengan pamit secara benar.

Baca juga: