Sekarang melamar pekerjaan mudah karena dilakukan dalam sekali klik melalui Jobstreet. Artikel ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara melamar di Jobstreet agar dipanggil

Kehadiran situs pencarian kerja seperti Jobstreet yang membantu menyediakan informasi lowongan kerja ini memang ditunggu banyak orang.

Hal ini karena dulu banyak pencari kerja yang kesulitan memperoleh informasi terkait lowongan suatu perusahaan, jika tidak datang secara langsung. Kini dengan adanya situs seperti Jobstreet, Kemudahan bak angin segar ini pun membuat orang ingin mengetahui cara atau tips melamar di Jobstreet agar nyantol di hati HRD. 

Oleh karena itu, langsung saja kita cek dan simak penjelasan berikut ini agar semakin paham.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Aplikasi Jobstreet

1. Isi Profil dan Upload CV Terbaik

Mengisi profil dan me-upload CV merupakan salah satu cara melamar kerja di Jobstreet supaya cepat dipanggil. Profil yang lengkap dan jelas bisa menjadi bahan pertimbangan HRD ke depannya. 

Tentunya akan beda cerita, jika informasi tentang profil saja tidak jelas. Bagaimana pihak HRD mengetahui apakah Anda sesuai dengan kriteria atau tidak?

Untuk masalah CV, Anda patut mengunggah CV terbaik yang Anda punya supaya HRD tertarik. Masukan informasi pengalaman kerja atau magang, keterampilan yang dikuasai, atau bahkan prestasi yang mendukung. Biasanya pengalaman kerja dan keterampilan jadi hal yang dilihat pertama oleh HRD.

2. Gunakan Foto Terbaik

Jangan sepelekan penampilan dalam foto saat membuat profil di Jobstreet untuk melamar pekerjaan. Gunakan foto yang terlihat profesional karena itu merupakan salah satu cara melamar di Jobstreet agar diterima

Biasanya perusahaan akan melihat foto yang dipasang pencari kerja saat mencari kandidat.  Pakailah pakaian formal yang akan memperlihatkan sisi profesional dalam foto profil Anda. 

Ukuran serta resolusi foto juga sebaiknya diperhatikan juga sebagai tanda keseriusan melamar. Foto yang blur akibat ukuran yang tidak sesuai bisa jadi mengecewakan pihak HRD sehingga mematahkan alasan untuk memanggil.

3. Kualifikasi Lamaran Pekerjaan yang Sesuai

Salah satu cara melamar kerja lewat Jobstreet agar diterima ialah memperhatikan juga kualifikasi lamaran pekerjaan yang sesuai. Misalnya lulusan Akuntansi, sebaiknya melamar pekerjaan yang berkaitan dengan Akuntansi. 

Jangan memaksakan diri melamar ke bidang yang tidak relevan, karena pihak perusahaan tidak akan berpikir dua kali untuk melewati CV-mu.

Biasanya ada beberapa kualifikasi khusus dari mulai tingkat pendidikan, usia, atau bahkan status pernikahan. Pelajari dulu kualifikasi yang diminta  lowongan pekerjaan dengan detail sebelum melamar. Percuma saja jika pada akhirnya Anda dibuat kecewa karena lamaran online tersebut pada akhirnya hanya ditolak.

4. Perhatikan Batas Waktu Lowongan Kerja

Perhatikan Batas Waktu Lowongan Kerja

Cara melamar di Jobstreet yang benar salah satunya ialah memperhatikan juga batas waktu lowongan tersebut. Jangan sampai melamar pekerjaan pada lowongan yang sudah expired atau sudah ditutup. Selain percuma saja karena akan ditolak, Anda juga membuang-buang tenaga dan waktu.

Ada beberapa perusahaan yang biasanya memberi batas penerimaan pencari kerja hanya dalam waktu satu bulan. Namun, ada pula yang memberi batas beberapa hari saja dan harus menutupnya setelah terisi. 

Lowongan kerja dalam Jobstreet pasti ada keterangan apakah masih dibuka atau tidak melalui status tanggal lowongan.

5. Manfaatkan Menu Promosi Diri Sebelum Kirim Lamaran

Kali ini kita akan membahas salah satu tips melamar lewat Jobstreet yang pastinya jangan Anda lewatkan. Berkaitan dengan salah satu fitur yang terdapat di Jobstreet yang memudahkan penggunanya, fitur Promosi Diri ini tentu bisa Anda gunakan sebelum menentukan pilihan untuk mengirim lamaran Anda.

Maksimal 300 kata, Anda harus bisa memanfaatkan fitur ini untuk memaparkan dirimu. Misalnya saja Anda menjelaskan tentang tingkat pendidikan Anda, jurusan, pengalaman, dan lainnya. 

HRD biasanya akan melirik pada keterangan promosi tersebut sebelum melihat lebih dalam CV online Anda.

Mengetahui cara dan tips seperti di atas sebelum melamar kerja secara online akan memperbesar peluang dipanggil wawancara. Kita sebaiknya memang sadar jika bukan hanya kita saja yang berlomba mendapatkan pekerjaan. Paling tidak ada kesempatan dilirik oleh HRD terlebih dahulu sebelum proses tahap berikutnya.

Setelah melamar pekerjaan secara online lewat Jobstreet, sebaiknya Anda selalu mengaktifkan HP yang nomornya tertera dalam CV online Jobstreet. 

Biasanya dari pihak perusahaan melakukan panggilan melalui nomor tersebut. Jangan sampai justru nomor Anda tidak aktif saat HRD perusahaan yang dilamar memanggil wawancara ya.

Itulah beberapa cara melamar di Jobstreet agar dipanggil kerja oleh HRD perusahaan yang dilamar. Semoga artikel tersebut bisa membantu dan memberikan sedikit gambaran saat Anda melamar di Jobstreet. Untuk yang saat ini sedang berjuang mendapatkan pekerjaan yang cocok, tetap semangat dan semoga sukses.

Baca juga: 

Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP Bagi Pekerja Lepas (Cukup Bawa KTP)