Sejak dulu minyak alami memang sudah banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, seperti minyak zaitun, minyak jojoba dan termasuk salah satu di antaranya, Tamanu Oil. Tamanu Oil adalah minyak yang dikenal baik untuk wajah dan rambut. Lalu, apa saja manfaat dan bagaimana cara memakai Tamanu Oil? Berikut ulasannya.

Apa itu Tamanu Oil?

Tamanu oil atau minyak tanamu adalah minyak alami yang terbuat dari ekstrak tumbuhan calophyllum inophyllum yang memiliki kandungan anti inflamasi, antibakteri, dan antimikroba yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Karena kandungannya tersebut minyak ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat, baik untuk obat maupun skincare. Lalu, apa saja khasiat dari minyak ini?

Khasiat Minyak Tamanu Oil

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Minyak tamanu mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri p. Acne yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Minyak ini dapat digunakan untuk kulit berjerawat untuk membantu meringankan peradangan dan jerawat.

Anda tidak perlu khawatir, karena minyak tamanu tidak seperti kelapa, minyak ini tidak menyumbat pori-pori, sehingga aman untuk wajah Anda.

2. Melembabkan

Selain memiliki kandungan antibakteri, minyak ini juga mengandung banyak asam lemak yang baik untuk membantu mengunci hidrasi kulit, sehingga kulit selalu lembab. Jadi, untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering, Anda bisa memakai minyak ini secara rutin untuk membantu melembabkan kulit Anda.

3. Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Selain baik untuk wajah dan kulit tubuh, ternyata minyak ini juga berkhasiat mengatasi ketombe serta rambut rontok. Dengan mengaplikasikan minyak ini ke kulit kepala dan rambut secara rutin akan membuat rambut Anda lebih sehat dan bebas dari ketombe serta rambut rontok.

4. Meningkatkan Pergantian Sel

Manfaat Tamanu Oil selanjutnya, yaitu dapat meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi meningkatkan pergantian sel, regenerasi kulit, dan mempercepat penyembuhan luka. 

Tidak hanya mempercepat penyembuhan luka, minyak ini juga dapat digunakan untuk membantu memudarkan bekas luka dan bekas jerawat.

Dengan khasiat ini, Anda bisa menggunakan minyak ini juga untuk membantu mengatasi stretch mark. Caranya, yaitu oleskan minyak ini secukupnya di area stretch mark setiap sehari sekali secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Perlindungan Antioksidan

Minyak tamanu juga mengandung antioksidan yang penting untuk melindungi dan memperbaiki kulit dari penuaan dan radikal bebas yang disebabkan oleh pancaran sinar matahari dan polusi.

Cara Memakai Tamanu Oil di Wajah

Untuk cara pakai Tamanu Oil pagi atau malam bisa dilakukan dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian tuangkan sedikit minyak di tangan atau kapas lalu usapkan ke wajah secara merata. Anda bisa pijat wajah dengan pelan dan hati hati jangan sampai masuk ke mata dan mulut.

Jika Anda ingin menggunakan minyak ini untuk mengobati jerawat maka Anda bisa mengoleskan minyak ini ke bagian wajah yang berjerawat. Meski bisa digunakan sebagai obat luka, namun sebaiknya hindari menggunakan minyak ini untuk luka terbuka.

Anda bisa memakai minyak ini dua kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari.

Cara Mengaplikasikan Tamanu Oil di Rambut

Cara Mengaplikasikan Tamanu Oil di Rambut

Untuk Anda yang memiliki masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, atau rambut kering Anda bisa menggunakan minyak ini secara rutin. 

Cara pakai Tamanu Oil di rambut, yaitu tuang dan oleskan minyak ini di tangan Anda, kemudian Anda bisa mengoleskan minyak ini dari kulit kepala hingga ke ujung rambut.

Kemudian pijat dengan pelan pelan. Untuk rambut, Anda bisa menggunakan minyak ini setelah memakai shampo maupun untuk melembabkan rambut ketika kering.

Membuat Masker dan Scrub

Mengutip dari purebodynaturals.com, Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai masker dan scrub. Caranya sendiri, yaitu bersihkan wajah Anda, kemudian oleskan minyak ini di wajah secara merata, hindari bagian mata. Kemudian tunggulah hingga sekitar 8 sampai 10 menit.

Dengan memakai masker dari minyak tamanu ini dapat membantu melembabkan kulit dan membuat kulitmu lebih kencang. Untuk pembuatan scrub, Anda bisa campurkan minyak ini dengan sedikit gula lalu oleskan ke tubuh Anda dan lalu bilas sampai bersih.

Efek Samping

Meski memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit dan rambut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan minyak ini. Selain hanya digunakan untuk penggunaan luar saja, hentikan penggunaan minyak ini jika Anda merasa gatal-gatal, muncul iritasi, atau kemerahan.

Jika Anda masih ragu atau ingin menggunakan minyak ini sebagai obat jerawat, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter kecantikan terdekat untuk mengetahui cara penggunaan yang lebih tepat.

Itulah beberapa khasiat dan cara memakai Tamanu Oil yang bisa Anda coba. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa coba oleskan minyak di tangan terlebih dahulu untuk mengetahui apa ada reaksi alergi atau tidak. Untuk hasil yang lebih baik gunakan minyak secara rutin dan hentikan pemakaian jika timbul alergi.

Baca juga: