Alasan lidah buaya sering dipakai sebagai bahan baku produk perawatan kulit dan rambut tidak lepas dari kandungannya yang diyakini baik. Hal ini kemudian membuat banyak orang pada akhirnya mencari tahu  cara membuat masker Lidah Buaya DIY itu guna membuktikannya sendiri.

Dalam lidah buaya terdapat delapan enzim yang berperan mengurangi peradangan kulit, yaitu katalase, selulase, bradykinase, alkaline phosphatase, aliase, amylase, peroksidase, carboxy peptidase, dan lipase. 

Selain itu, terkandung juga beberapa vitamin dalam lidah buaya, yaitu vitamin A, C, B12, E, hingga asam folat dan kolin.  Kali ini, langsung saja kita intip cara membuat masker lidah buaya alami ini, jangan lupa untuk rutin memakainya agar hasil maksimal.

1. Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran

Banyaknya nutrisi baik dalam aloe vera membuat kita tidak perlu bahan lain untuk dijadikan masker. Coba saja langsung menggunakan daging lidah buaya yang transparan sebagai masker wajah dan rambut. Caranya cukup sederhana, Anda bisa simak dan lakukan cara ini yang pastinya mudah:

Membuat masker aloe vera untuk wajah, yaitu tentunya dengan menyiapkan aloe vera-nya dulu. Setelah aloe vera atau lidah buayanya dicuci bersih, Anda bisa mengupas pinggiran lidah buaya yang tajam dan meniriskan getah kuning yang keluar.

Setelah itu, ambil bagian dagingnya yang transparan dan Anda dapat langsung mengoleskan pada bagian wajah secara merata. Tunggu beberapa saat supaya gel dari aloe vera meresap ke dalam kulit. 

Langkah terakhir ialah membasuh wajah Anda sampai bersih dan rasakan manfaatnya. Cara ini bisa dilakukan saat santai di rumah atau sebelum tidur dengan pemakaian minimal satu minggu dua kali secara rutin dan teratur.

2. Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Wajah dengan Campuran Telur

Ingin tahu cara membuat masker lidah buaya tidak gagal agar kulit anda lebih kencang? Kali ini kita akan menggunakan telur sebagai tambahan masker campuran aloe vera. Mari langsung saja kita simak penjelasan berikut ini:

  • Ambil daging aloe vera yang seperti gel, kemudian campurkan dengan telur
  • Aduk kedua bahan hingga tercampur rata dan kenyal
  • Basahi wajah terlebih dahulu sebelum memakai masker dan keringkan
  • Pakai masker tersebut dan diamkan 15 menit sebelum kemudian bilas.

3. Cara Membuat Masker Lidah Buaya dengan Lemon

Cara Membuat Masker Lidah Buaya dengan Lemon

Bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak, berkomedo, dan berjerawat bisa menggunakan masker ini. Campuran dari kedua bahan tersebut mampu mengembalikan kesehatan kulit. Caranya cukup mudah dan Anda hanya perlu dua bahan alami, yaitu aloe vera dan lemon ini saja.

  • Ambil satu sendok daging aloe vera 
  • Peras Lemon dan ambil airnya kurang lebih seruas jari
  • Campur dengan cara diaduk sampai kedua bahan tersebut rata
  • Aplikasikan pada wajah dan diamkan 25 menit agar meresap
  • Bilas setelahnya dengan air bersih

4. Cara Membuat Masker Lidah Buaya dan Madu

Madu juga bisa dipakai buat campuran masker aloe vera karena terdapat  nutrisi yang baik bagi kulit. Masker ini sendiri cocok bagi Anda yang punya masalah kulit kering dan bersisik. Caranya hampir sama dengan membuat masker aloe vera dengan campuran bahan lainnya, yaitu:

  • Siapkan irisan daging aloe vera sebesar satu ruas jari
  • Tuangkan madu dengan takaran yang sama
  • Campur dengan cara mengaduk keduanya hingga rata
  • Olesi pada sekitar wajah dan 20 menit
  • Bilas kemudian dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih

5. Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Rambut

Setelah membahas cara membuat masker buat wajah, Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat masker lidah buaya buat rambut. Cara pertama tidak perlu menggunakan bahan campuran lain, Anda hanya perlu mengaplikasikan gel aloe vera langsung pada rambut. Tunggu sekitar satu jam, setelahnya Anda dapat membilas rambut hingga bersih supaya gel dari aloe vera hilang.

Selain dengan cara di atas, ada pula cara lain untuk mengaplikasikan aloe vera pada rambut, yaitu dengan mengkombinasikan beberapa bahan, seperti baby oil, air mawar, dan minyak zaitun. Masing-masing punya kelebihan karena terdapat nutrisi di dalamnya yang baik rambut Anda.

Semua cara membuat masker lidah buaya tersebut sangat mudah dilakukan sendiri di rumah. Manfaatkan waktu santai atau bahkan sebelum tidur buat menggunakan masker tersebut. Apa Anda tertarik buat mencobanya?.

Baca juga: