Cara membuat Murai Batu cepat emosi tidak bisa dilakukan dengan cara instan dan secara singkat. Perlu Anda ketahui kalau birahi dan emosi burung Murai Batu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Hal ini dikarenakan pada saat burung Murai Batu sedang keadaan birahi maka emosinya tinggi dan lebih galak. Maka jika Anda ingin membuat Murai Batu emosi juga bisa menggunakan cara untuk meningkatkan birahinya.

Memiliki burung Murai Batu yang tidak cepat emosi tentu akan sulit jika dibawa pada perlombaan. Begitupun jika emosi pada burung ini terlalu berlebihan atau tinggi juga tidak baik. Padukan stamina dengan emosi agar bisa menghasilkan suara yang maksimal dari burung Murai Batu.

Untuk itu agar lebih mudah mengetahui apakah Murai Batu sudah emosi atau belum bisa mengetahui bagaimana ciri-cirinya. Serta cara-cara yang bisa membantu membuat Murai Batu lebih cepat emosi, akan dijelaskan di bawah ini.

Ciri – ciri Murai Batu sedang emosi

Banyak yang mencari informasi tentang cara memancing emosi Murai Batu namun tidak tahu ciri-ciri emosi burung tersebut. Sehingga kesulitan mengetahui cara yang digunakan berhasil atau tidak untuk itu ketahui apa saja ciri-cirinya.

  • Burung Murai Batu yang sedang emosi maka akan sering turun ke bawah sangkar atau
  • Ekornya akan terlihat seperti sedangdicambuk-cambukkan.
  • Murai Batu akan mengeluarkan suara kretekannya dengan keras dan sangat
  • Tidak terlihat membuka sayap sama
  • Mematuk-matuk sesuatu seperti jeruji atau besi.

Cara agar Murai Batu lebih cepat emosi

1. Paculah dengan embun pagi

Membuat burung Murai Batu cepat emosi perlu dilakukan dengan kesabaran dan cara perawatan yang tepat. Paculah emosi burung Murai Batu dengan embun pagi setiap harinya seperti hidupnya di alam. Embun pagi membantu burung Murai Batu seperti berada di alam liarnya dan hal ini akan sangat membantu.

2. Jangan dimandikan

Cara menaikkan emosi murai batu muda dengan jangan memandikan dulu ketika akan berlomba. Karena tidak dimandikan maka burung Murai Batu akan merasa tidak nyaman dan hal ini memicu emosinya. Atur waktu mandinya secara tepat agar emosi burung Murai Batu dapat dipicu dan juga dapat dikontrol.

3. Maksimalkan penjemuran

Selain harus melakukan pengembunan di pagi buta, Anda juga harus memaksimalkan penjemuran di pagi atau siang hari.  Selain  untuk  membantu agar Murai Batu cepat emosi ternyata juga memiliki berbagai manfaat. Seperti agar suara yang keluar menjadi lebih kencang serta lebih rajin mengeluarkan bunyi.

4. Ekstra fooding ulat hongkong dan kroto

Tahukah Anda ekstra fooding menggunakan ulat hongkong dan kroto bisa menjadi cara bikin Murai Batu cepat emosi. Cara ini memang terbukti ampuh membuat burung Murai Batu menjadi lebih cepat naik emosinya. Jika emosi berlebihan Anda bisa mengatur lagi pemberian ekstra fooding baik ulat hongkong maupun kroto.

5. Charge dengan Murai Batu betina

Untuk menarik emosi Murai Batu menjadi lebih cepat maka bisa charge dengan Murai Batu betina. Cara ini membuat burung Murai Batu akan birahi dan secara otomatis emosinya juga akan ikut naik. Lakukan cara ini berkali-kali untuk memancing emosi burung Murai Batu yang Anda miliki.

Membuat burung Murai Batu menjadi lebih cepat emosi sebenarnya tidak sulit dilakukan jika Anda tahu caranya. Dengan cara membuat murai batu cepat emosi diatas pastinya akan membantu dan bisa dicoba untuk dipraktekkan.