Menulis karya ilmiah tak hanya dilakukan oleh mahasiswa atau pelajar saja, tetapi beberapa karyawan pun terkadang harus membuat karya ilmiah untuk ragam kepentingan, khususnya di bagian penelitian. Inilah yang membuat banyak orang mencari cara membuat titik titik daftar isi terbaru 2021. 

Daftar isi sendiri merupakan urutan judul di setiap bab disertai halaman yang ada pada sebuah buku dan sejenisnya. Fungsi daftar isi tak lain adalah untuk memudahkan pembacanya mencari halaman yang dituju dengan cepat.

Itu artinya, daftar isi berfungsi sebagai peta para pembaca, sehingga memudahkan mereka untuk mencari halaman bab dengan judul dan nomor halaman. 

Berdasarkan inilah orang mulai mencari cara untuk membuat daftar isi dengan mudah. Membuatnya pun tidak mudah, tetapi juga tidak terlalu sulit. Artinya, dibutuhkan strategi khusus mengenai cara membuat daftar isi 2021. 

Nah, berikut cara membuat titik titik daftar isi yang ada pada MS Word. Yuk langsung saja simak ulasannya!

Cara Membuat Halaman Daftar Isi Secara Otomatis

  • Langkah pertama, tentukan judul atau text yang akan dijadikan heading atau level. Microsoft Word sendiri menyediakan heading 1, 2 dan 3. Di mana heading 1 ada pada urutan teratas, kemudian disusul urutan ke 2 dan 3.
  • Setelahnya, blok teks 1 dengan tulisan Pendahuluan lalu pilih heading 1. 
  • Selanjutnya, blok Latar Belakang dan pilih heading 2. Terus lakukan ini pada semua judul dan sub judul sesuai dokumen Anda. 
  • Nantinya text atau judul yang sudah dijadikan heading secara otomatis akan berubah warna menjadi biru. Jangan panik, Anda tetap bisa merubah warna dan ukuran sesuai yang diinginkan.
  • Langkah keempat, pindah ke halaman kosong yang mana akan dijadikan tempat daftar isinya. Lalu arahkan kursor ke tab References kemudian pilih Table Of Contents. 
  • Silakan kulik Automatic Table 1. 
  • Terakhir Anda cukup mengubah teks Contents menjadi Daftar Isi, pilih warna dan ukuran yang diinginkan. 
  • Selesai! Sekarang daftar isi Anda sudah rapi dan presisi. Begitu pun dengan halaman yang ditambahkan secara otomatis sehingga menghemat waktu Anda untuk mengedit Microsoft Word. Mudah bukan?

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

  • Cara membuat titik titik daftar isi secara manual yang pertama adalah membuat Microsoft Word di PC/laptop Anda. 
  • Setelahnya, Anda bisa membuat halaman pada daftar isi, kemudian blok semua tulisannya.
  • Selanjutnya, silahkan klik kanan pada bagian  tulisan, lalu klik “Paragraph”. 
  • Jika sudah, klik menu “Tabs”. 
  • Langkah selanjutnya, silahkan atur “Tab Stop Position” atau tempat pemberhentian titik yang Anda buat. Misalnya lebar yang saya buat mencapai 13 cm, pada bagian tabs stops tak perlu di ubah-ubah. 

Gantinya pada menu Alignment, silahkan klik “Right” agar titik titik tersebut berada di bagian sebelah kanan. Selanjutnya pada menu Leader silakan klik angka “2”, lalu tekan “Set”. Terakhir, pilih “OK”. 

  • Jika sudah, letakkan kursor tepat di sebelah kanan tulisan. Kemudian, klik tombol Tab pada keyboard Anda, lalu mulailah untuk menambahkan nomor halaman. 

Fungsi Daftar Isi pada Halaman

Setelah Anda mengetahui cara membuat titik titik daftar isi manual dan otomatis, pasti Anda ingin tahu juga tentang fungsi dari daftar isi itu sendiri. 

Khususnya jika Anda bekerja untuk membuat karya ilmiah, skripsi, laporan, novel, buku pelajaran yang mana sangat membutuhkan daftar isi di dalamnya.

Seperti yang sudah disinggung, daftar isi merupakan urutan BAP atau judul pada suatu buku sehingga dapat memandu pembaca untuk mengakses halaman tertentu.

Ini juga bisa dijadikan referensi apakah bagian dalam suatu novel enak dibaca karena kita sudah melihat judulnya. Apalagi judul menjadi daya tarik yang paling utama dalam sebuah buku, novel, karya ilmiah dan sejenisnya. 

Selain itu, fungsi daftar isi pada karya ilmiah yakni sebagai penilai kerangka tulisan atau strukturnya tanpa perlu repot-repot membuka setiap halamannya. Itulah alasan mengapa daftar isi memiliki peran yang sangat penting.

Contoh Daftar Isi

Seperti yang kita tahu, hampir setiap karya tulis memiliki format atau daftar isi dengan kerangka yang berbeda-beda. Artinya, format daftar isi yang ada pada karya ilmiah tentu berbeda dengan yang ada di novel, buku pelajaran dan sebagainya. 

Daftar isi bisa dikatakan sebagai gambaran dari sebuah buku, karya tulis atau makalah. Tak heran jika keberadaanya sangatlah penting. 

Contohnya pada sebuah makalah akan didahului dengan halaman yang memuat judul, kata pengantar, latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah dan sebagainya. Baru setelahnya ada urutan judul untuk BAB materi. 

Jika Anda membandingkan daftar isi pada sebuah novel pasti berbeda dengan karya tulis lainnya. Namun biasanya, semua daftar isi diawali dengan halaman judul dan sebagainya. 

Nah, itulah beberapa cara membuat titik titik daftar isi baik secara manual dan otomatis. Bagaimana, cukup mudah bukan? Apalagi jika dibuat secara otomatis, maka alokasi waktu dan tenaga Anda pun jauh lebih efisien. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga: