Cara Memilih Kandang Burung Kenari

Sebagian besar orang memelihara burung karena ingin mendengarkan kicauan merdu suara peliharaannya. Salah satu burung favorit adalah burung kenari karena kicauannya yang sangat indah dan memiliki irama yang bervariatif. Daya tarik lainnya adalah bulunya yang berwarna eksotis, ukurannya yang mungil, dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Jika anda berminat untuk memelihara burung eksotis ini, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menyediakan kandang atau sangkar. Sangkar ini juga perlu disesuaikan dengan tujuan dan fungsi pemeliharaannya. Oleh karena itu, artikel ini semoga dapat membantu anda untuk mengetahui bagaimana memilih kandang burung kenari dengan tepat.

Jenis dan Fungsi Sangkar Burung Kenari

Secara umum, ada tiga jenis sangkar burung kenari yang kesemuanya memiliki fungsi yang berbeda. Anda perlu memutuskannya sebelum membelikan sangkar bagi burung peliharaan anda.

  1. SangkarHarian

Sangkar harian yaitu sangkar tempat burung kenari yang digantung di rumah sehari-hari. Ukuran dari sangkar harian ini tidak boleh terlalu sempit karena  akan membuat kenari malas bergerak dan menjadi gemuk, tidak bisa terlalu luas juga mengurangi daya tarik sangkar. Biasanya sangkar ini digantung di depan rumah agar burung dapat mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  1. SangkarLomba

Sangkar burung kenari ukir biasanya digunakan untuk lomba. Sangkar dengan ornamen unik ini biasanya terbuat dari kayu jati. Sangkar untuk lomba haruslah memberikan kenyamanan bagi si burung agar saat bertanding mampu mengeluarkan kicauan yang merdu. Ukuran dari sangkar lomba ini biasanya sedikit lebih tinggi dibandingkan sangkar harian.

  1. SangkarTernak

Sangkar untuk mengawinkan burung kenari memiliki bentuk yang agak berbeda dibandingkan sangkar harian maupun sangkar lomba. Ukurannya lebih besar dan terkadang memiliki sekat di dalamnya. Selain sangkar yang terbuat dari kayu, sangkar burung kenari besi juga dapat dijadikan sebagai sangkar ternak. Sangkar jenis ini tidak digantung melainkan ditempelkan ke dinding.

Ukuran Sangkar Burung Kenari

Setelah menemukan jenis sangkar yang tepat, anda perlu memperhatikan ukuran sangkar tersebut. Ukuran kandang di luar negeri dan di dalam negeri memiliki perbedaan disebabkan karena kurangnya lahan di luar negeri sehingga ukuran sangkar luar negeri dapa dikatakan kecil dan membuat burung kenari tidak bebas bergerak. Sedangkan untuk ukuran umum di Indonesia, sangkar kenari memiliki lebar kurang lebih 40 cm. Sehingga burung kenari bisa bebas bergerak tanpa memberikan kesan sangkar yang terlalu besar. Ukuran sangkar burung kenari kotak yang ideal berukuran 35x35x60 cm atau 38x38x65 cm. Sehingga anda bisa membeli sangkar dengan ukuran tersebut atau memesannya jika anda ingin sangkar custom special untuk peliharaan kesayangan anda.

Tips Memilih Sangkar Burung Kenari

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika akan membeli sangkar bagi burung kenari anda.

  1. Pilih sangkar sesuai tujuan (ternak, lomba, atauharian).
  2. Pilih bahan kayu berkualitas seperti
  3. Jika memilih sangkar untuk lomba bisa pilih sangkar berukir, namun jika untuk harian maka anda bisa memilih sangkar yang
  4. Pilih sangkar yang memiliki nampan untuk membuang kotoran, sehingga mudah membersihkan tempat makan dan
  5. Rajin membersihkan sangkar supaya burung kenari merasa nyaman dan terhindar dari

Bagaimana? Apakah anda sudah memiliki gambaran untuk membelikan sangkar bagi burung kenari peliharaan anda? Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan sangkar yang tepat bagi burung kenari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *