Seperti yang kita tahu, kerusakan colokan headset memang kerap terjadi. Apalagi jika penggunanya sembarangan menaruh handphone di tempat yang salah hingga colokan headset rusak terkena air/debu. Tak heran jika kini banyak orang yang mencari cara memperbaiki colokan headset pada Hp

Berangkat dari hal ini, kami akan memaparkan cara memperbaiki colokan headset atau jack headphone dengan mudah. Yuk, langsung simak ulasannya!

Tips Memperbaiki Colokan Headset yang Tidak Berfungsi

1. Pastikan Headphone Tidak Rusak

Cara memperbaiki jack headset yang pertama adalah dengan memastikan headphone Anda tidak rusak. Mengapa? Karena faktor penentu kerusakan bisa saja dari headset itu sendiri, bukan malah jack ponsel.

Cara mendeteksinya, coba pasangkan headset Anda pada perangkat, seperti laptop/tablet/ponsel lainnya. Jika ternyata headset Anda masih berfungsi dengan baik, itu artinya memang jack headphone atau colokan headset yang pasti rusak.

2. Bersihkan Jack Headphone Anda

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, cara selanjutnya adalah membersihkan jack headphone tersebut. 

Seperti yang kita tahu, colokan headset pada hp memang cenderung mudah kotor karena debu yang menumpuk. Ini terjadi karena di beberapa ponsel, lubang headset memang tidak tertutupi dengan baik. 

Untuk membersihkannya, gunakan cotton bud berukuran kecil. Selanjutnya masukkan cotton bud tersebut pada jack headphone lalu putar secara perlahan. Namun bila tumpukan debu tersebut tidak terlalu banyak, Anda bisa meniup lubang agar debu cepat keluar.

3. Periksa Koneksi Bluetooth

Jangan salah, bisa saja headset tidak berfungsi karena ternyata ponsel Anda sedang terhubung dengan speaker bluetooth. 

Meskipun seharusnya koneksi bluetooth speaker dapat terputus bila Anda memasang headset pada ponsel. Namun tak ada salahnya bukan memastikan hal ini agar Anda dapat bertindak dengan cepat?

4. Periksa Pengaturan Audio

Langkah selanjutnya yakni mengecek pengaturan audio pada ponsel. Seperti yang kita tahu, audio ponsel dapat menentukan masing-masing aspek, seperti media, alarm hingga notifikasi. Itu artinya jika Anda memperbesar volume, maka aspek-aspek tersebut akan naik secara otomatis. 

Namun yang jadi masalah adalah ketika Anda menyetel lever media ke volume paling kecil. Sehingga headset yang terpasang pun jadi tidak bersuara.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memulainya dengan mengubah pengaturan. Caranya masuk ke menu setting, lalu volume. Kemudian ubah volume pada media. Meskipun di setiap tipe ponsel memiliki pengaturan yang berbeda, namun pengaturan volume tidaklah sulit untuk ditemukan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Tanpa Bongkar

5. Bawa ke Ahlinya

Jika cara cara diatas tidak membuah hasil pada colokan headset Anda, sebaiknya segera bawa ponsel tersebut pada ahlinya. Setelahnya, sampaikan kerusakan jack headphone Anda dengan jelas dan rinci. Sehingga semua bisa diperbaiki secara maksimal.

6. Mengganti Konektor dengan yang Baru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bila langkah di atas tak membuahkan hasil, maka solusi yang paling tepat adalah menggantinya dengan konektor baru. 

Untuk mengganti konektor baru, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas konektor yang rusak. Anda harus menggunakan blower dan memanaskannya. 

Atur posisi blower pada angkah 350. Setelahnya, pastikan komponen lain seperti kamera, IC dan sejenisnya tidak terkena panas dari blower. Jika terkena, sudah pasti akan mempengaruhi kinerja ponselmu. 

Setelah konektor yang rusak berhasil dilepaskan, segera bersihkan bekas pemanasnya. Baru kemudian pasang konektor lain dengan yang baru. 

Jika proses diatas sudah dilakukan, pasang kembali semua komponen dan nyalakan ponselmu. Kemudian pasang kembali headset dan dengarkan apakah proses penggantian tersebut berhasil atau sebaliknya?

Nah itulah beberapa cara memperbaiki colokan headset pada hp dengan langkah yang tepat. Sekian, semoga bermanfaat!