Cara menabung 1 bulan dapat 1 juta sebenarnya sangat mudah. Anda bisa melakukannya, bahkan pada percobaan pertama. Yang perlu dilakukan hanyalah konsisten dan tidak mudah tergoda.

Cara ini bisa dilakukan untuk Anda yang sulit sekali menyimpan uang. Padahal, ada beberapa kebutuhan mendadak atau ingin menyimpan uang untuk kebutuhan di masa depan.

Untuk mengetahui tabel menabung harian agar dapat 1 juta dalam satu bulan, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menyisihkan Sesuai Tabel Harian

Tabel nabung 1 juta sebulan biasanya digunakan untuk membantu Anda dalam menyisihkan uang. Anggap saja dalam satu bulan, ada 30 hari. Berarti dalam satu hari, Anda harus menabung Rp30-35 ribu. Simak tabel di bawah ini.

Jumlah Hari

Tabungan Harian

Total

30

Rp30.000

Rp900.000

30

Rp35.000

Rp1.050.000

31

Rp30.000

Rp930.000

31

Rp35.000

Rp1.085.000

Jika dalam satu bulan Anda ingin mendapatkan kurang lebih Rp1.000.000, sisihkan minimal Rp30.000. Jika  lebih besar dari ini akan lebih baik.

2. Menekan Konsumsi Harian

Konsumsi

Konsumsi

Salah satu penyebab terbesar mengapa Anda sulit sekali untuk menabung Rp1.000.000 dalam satu bulan adalah konsumsi harian. Apabila konsumsi hari yang terlalu banyak maka Anda akan sulit menyesuaikan Rp30.000 dalam 1 hari.

Untuk itu, coba cek apa saja jenis kebutuhan yang tidak diperlukan. Hilangkan sementara agar ada sisa uang lebih banyak. Jika Anda sulit melakukannya, ada baiknya untuk langsung mengalokasikan dana sebesar 1 juta dalam sebulan.

3. Menambah Sumber Penghasilan

Jika Anda merasa sulit untuk menabung, bahkan sekadar Rp5.000 per hari, ada baiknya untuk menambah sumber penghasilan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah Sumber penghasilan setiap bulannya.

Anda bisa mencoba bisnis kecil-kecilan atau melakukan pekerjaan lepas. Dengan menambah sumber penghasilan, waktu luang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan receh dan pundi uang baru.

Untuk mendapatkan sekitar Rp20.000 hingga Rp30.000 per hari seharusnya tidak sulit untuk dilakukan. Apalagi Anda merupakan seorang pekerja profesional.

4. Simpan di Tempat yang Sulit Diambil

Cara menabung 1 bulan dapat 1 juta selanjutnya adalah menyimpan uang di tempat yang sulit untuk diambil. Misal Anda melakukan transfer ke rekening yang tidak ada ATM dan mobile banking. Jadi, jika ingin mengambil uang itu harus menuju bank secara langsung.

Dengan melakukan ini, Anda bisa menjaga agar uang tersebut tidak digunakan. Saat satu bulan penuh, uang bisa genap satu juta atau bisa lebih dari itu.

5. Menerapkan Cara Menabung Unik

Menabung Unik

Menabung Unik

Anda bisa menerapkan cara menabung unik. Misal dengan menabung gaya kelipatan. Misal dalam satu hari naik menjadi dua kali lipat. Hari pertama Rp1.000 lalu esok hari menjadi Rp2.000.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menambah dengan kelipatan tertentu. Misal hari ini Rp2.000 lalu esoknya jadi Rp5.000, begitu seterusnya.

6. Memperbaiki Kesalahan

Dalam menabung, berbagai jenis kesalahan pasti akan dilakukan. Salah satunya adalah tidak menabung pada beberapa hari. Lalu Anda juga menggunakan uang tabungan itu. Jika hal ini pernah dilakukan, Anda harus memperbaikinya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hal itu. Pertama dengan mencegah agar tidak terjadi lagi, kedua dengan berusaha lebih keras agar bisa menambah uang tabungan yang sudah digunakan sebelumnya.

7. Menabung Sesuai Kemampuan

Menabung Sesuai Kemampuan

Menabung Sesuai Kemampuan

Cara terakhir yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan kurang lebih satu juta dalam satu bulan adalah menabung sesuai dengan kemampuan. Apabila saat ini kemampuan yang anda miliki hanya sekitar Rp20.000 per hari, lakukan itu.

Intinya Anda tidak perlu memaksakan diri harus menabung minimal Rp30.000 per hari. Jika tidak ada kemampuan untuk itu, Anda akhirnya malas untuk melakukannya. Padahal meski hanya menabung Rp20.000 atau Rp10.000 dalam satu bulan jumlahnya bisa banyak.

Anggap saja pada bulan ini anda hanya bisa menabung kurang lebih Rp20.000 per hari. Kemudian pada bulan-bulan selanjutnya naikkan sedikit demi sedikit menjadi Rp22.000 atau Rp25.000.

Lalu dari mana kenaikan itu didapatkan? Bisa dengan menekan kebutuhan yang terlalu berlebihan atau dengan meningkatkan sumber penghasilan. Semua sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Cara menabung 1 bulan dapat 1 juta yang sudah dibahas di atas ternyata mudah diterapkan. Yang paling penting, Anda melakukannya secara konsisten. Hindari melakukan aktivitas konsumsi terlalu banyak.

Jika dalam satu hari bisa menabung lebih banyak, tidak ada salahnya untuk menabung lebih banyak. Daripada dalam satu bulan kurang dari 1 juta, lebih baik bisa mendapatkan lebih besar dari itu. Selamat mencoba cara menabung 1 bulan dapat 1 juta!

Baca juga: