Prinsip utama dalam menabung adalah menyimpan uang dalam jumlah tertentu secara konsisten. Uang receh bisa berubah menjadi jutaan rupiah jika Anda menyimpannya secara teratur dalam waktu tertentu. Berikut ini beberapa dasar dan cara menabung 50 juta dalam setahun.

Pikiran Negatif Sebelum Menabung

Pikiran Negatif

Sebelum mulai menabung, biasanya seseorang terlebih dahulu memikirkan jumlah target akhirnya. Banyak orang akan mengatur target yang berada di luar kemampuan kemudian menjadikannya alasan untuk tidak menabung.

Kebiasaan seseorang untuk menabung menjadi sangat penting saat ini, terutama jika keuangan pribadi masih belum stabil. Tabungan akan berguna untuk berbagai hal, misalnya untuk kebutuhan mendesak atau mendapatkan barang tertentu.

Misalnya saja target menabung 50 juta dalam setahun ini, banyak orang sudah pesimis terlebih dahulu. Target 50 juta memang bukan jumlah yang sedikit, tetapi uang sejumlah itu benar-benar bisa Anda dapatkan. Tetapkan terlebih dahulu kemauan yang kuat dalam diri Anda.

Simpan dulu pikiran cara mendapatkan uang 50 juta dalam sehari dan fokuskan saja pada menabung. Jangankan hanya 50 juta, ada juga cara menabung 100 juta dalam setahun selama ada kemauan. Pastinya, Anda harus menerapkan beberapa cara menabung duit seefisien mungkin untuk mencapai target tersebut

Cara Menabung 50 Juta Setahun

Setiap orang punya tujuan berbeda-beda, seperti misalnya renovasi rumah, membeli mobil, atau pergi umroh. Kegiatan tersebut tentunya memerlukan biaya besar yang tidak bisa dipenuhi hanya dari satu kali penghasilan saja. Untuk penghasilan rendah, tips ini juga bisa jadi cara menabung 2 juta dalam sebulan

1. Gunakan Teori 50/20/30

Gunakan Teori 50 20 30

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah membagi penghasilan Anda ke dalam beberapa kelompok. Pembagian umum yang paling bisa Anda terapkan adalah 50/20/30. 

50% ini Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan atau cicilan. Jangan lupakan juga untuk membagi 30% uang yang nantinya Anda gunakan untuk memenuhi lifestyle Anda. 

Untuk investasi dan tabungan, sebaiknya Anda cukup menyisakan sebesar 20% saja dari total penghasilan. Sebenarnya untuk investasi dan tabungan sendiri bisa Anda sesuaikan dengan keperluan dan pemasukan pribadi. 

Cobalah hitung kembali kebutuhan setiap bulannya dan meminimalkan pengeluaran yang tidak terlalu penting. Anda juga bisa melihat catatan keuangan pribadi, lakukan evaluasi dan temukan cara berhemat supaya bagian untuk tabungan bisa lebih banyak. 

2. Menyusun Strategi Menabung

Menyusun Strategi Menabung

Pembuatan strategi menabung merupakan hal dasar di antara semua cara menabung yang benar. Membuat strategi ini bisa menjadikan semua kegiatan lebih terencana dan mudah untuk menjalankannya.

Pertama, buatlah perencanaan terkait uang untuk pengeluaran, pemasukan, dana darurat, serta tabungan. Setelah membuatnya, cek lagi untuk menekan pengeluaran yang bisa Anda kategorikan sebagai kurang penting. Nongkrong misalnya.

Setelah rencana selesai Anda buat, maka pastikan Anda tidak melanggar semua yang ada. Gunakan rencana tersebut sebagai patokan Anda untuk hidup, jangan gunakan gaya hidup sebagai patokannya. Pastikan yang Anda tekan adalah pengeluaran kurang penting, bukan pengeluaran primer, seperti uang makan.

Beberapa orang mungkin bisa menabung uang sekitar 50% dari pendapatan yang ada. Anda juga harus pandai dalam mencari alternatif bagi pengeluaran yang menghabiskan uang cukup besar. Ambil contoh untuk uang makan, jika kebiasaan makan di luar, cobalah untuk masak sendiri yang memang lebih terjangkau.

3. Investasikan Uang ke Saham

Investasikan Uang ke Saham

Uang tabungan merupakan uang yang keberadaannya di luar dari keperluan setiap bulan.  Jika semua perencanaan tabungan masih belum mencapai 50 juta, investasi bisa menjadi penolong cara menabung 50 juta setahun

Cara menabung saham paling mudah yaitu dengan berinvestasi di reksadana dengan uang tabungan. Pastikan uang yang Anda gunakan adalah “uang dingin” supaya tidak mengganggu kebutuhan lainnya.

Reksadana sendiri merupakan platform di mana Anda menaruh sebagian uang  sebagai pemodal dan ada pihak yang akan mengelolanya. Nantinya, akan ada timbal hasil yang pengelola berikan sehingga Anda bisa mendapatkan uang tambahan. 

Reksadana bisa dianggap sebagai passive income yang memang tidak perlu keahlian memperhatikan pasar terus-menerus. Jika Anda khawatir dengan ini, maka cukup pelajari saja cara menabung emas yang keamanannya lebih tinggi.

Alternatif Tambahan Menabung 50 Juta Setahun

Alternatif Tambahan Menabung 50 Juta Setahun

Keberadaan dunia maya semakin membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan pekerjaan tambahan. Ada banyak platform digital yang bisa membuat Anda mendapat penghasilan lebih ke depannya.

Gunakan situs-situs seperti freelancer.com atau seribulancer.com untuk mendapat penghasilan tambahan. Kegiatan yang dilakukan bisa beragam mulai dari menjadi seorang penulis, fotografer lepas, hingga desainer grafis. 

Jika Anda menyukai fotografi, Anda juga bisa menjual karya Anda di internet dengan penghasilan dalam dolar. Cukup luangkan waktu Anda setelah bekerja untuk mendapat penghasilan tambahan ini.

Mencapai target tabungan 50 juta dalam satu tahun bukanlah perkara mudah meski pendapatan sudah cukup tinggi. 

Semakin tinggi pendapatan biasanya orang akan memiliki pengeluaran semakin besar, jadi harus menemukan cara menabung 50 juta dalam setahun paling pas. Anda sendiri pun bisa mendapat mencapai target tersebut selama konsisten dan berusaha. Selamat menabung!

Baca juga: