Seorang pelajar kebanyakan masih belum punya pendapatan tetap dan masih bergantung pada orang tua. Ini bukanlah penghambat untuk pelajar menabung untuk berbagai keperluan. Bagaimana sih cara menabung dengan cepat untuk pelajar yang akan memberikan uang cukup banyak di akhir periode?

Pemasukan Pelajar

Pemasukan Pelajar

Pemasukan Pelajar

Jarang ada seorang pelajar yang bisa menghasilkan uang sendiri untuk memenuhi keperluannya. Hal ini bukan berarti pelajar tidak bisa menabung untuk mendapatkan uang cukup banyak di satu periode. Pendapatan pelajar berupa uang saku yang orang tua berikan, ini cukup untuk mulai belajar menabung.

Pelajar menggunakan uang jajan untuk berbagai keperluan, mulai dari transportasi, alat tulis, makan, dan keperluan sekunder. Ini seringkali membuat seorang pelajar merasa tidak bisa menabung karena uang jajan yang pas-pasan.

Pengeluaran pelajar sendiri sebenarnya tidak cukup banyak jika bisa mengelola uang  dengan baik. Kegiatan seperti beli makan di kantin bisa jadi adalah kegiatan yang sebenarnya menghabiskan uang Anda. Ada banyak cara menabung yang kreatif membuat pelajar bisa menyisihkan uang dari sekian banyaknya pengeluaran.

Tujuan Pelajar Menabung

Seorang pelajar biasanya menginginkan berbagai barang tertentu dengan harga yang cukup tinggi. Orang tua tidak akan memberikan barang ini secara cuma-cuma sehingga pelajar sering terpaksa menabung untuk mendapatkannya. Barang seperti handphone hingga motor sering menjadi tujuannya.

Cara Terbaik Menabung

Meski terdengar mustahil, ternyata ada cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar sekalipun. Cara menabung untuk beli iPhone bagi pelajar pun sebenarnya bisa dimulai dengan beberapa tips ini:

1. Meluruskan Niat

Niat

Niat

Langkah paling awal untuk mulai menabung adalah memikirkan dengan matang apa yang menjadi tujuan menabung. Di fase ini, pastikan terlebih dahulu hal apa yang benar-benar Anda inginkan, entah itu iPhone atau motor. Tempelkan gambar barang yang Anda inginkan di dinding kamar sebagai bukti ketetapan niat.

2. Mulai dengan Nominal Kecil

Mengatur uang dalam nominal besar akan terasa lebih mudah daripada uang dengan nominal kecil. Meski sering disepelekan, uang nominal kecil bisa menjadi kunci keberhasilan pelajar dalam menabung. 

Simpan baik-baik uang kembalian yang Anda terima dan masukkan ke dalam alat penyimpanan, misalnya celengan berbentuk ayam.

3. Makan dari Rumah

Sebagian pelajar masih merasa malu untuk membawa bekal sendiri, padahal ini merupakan cara terbaik untuk berhemat. Selalu sarapan di rumah sebelum berangkat supaya saat di sekolah, Anda tidak perlu langsung ke kantin. Bawalah juga bekal berupa kotak nasi dan air minum untuk Anda makan saat istirahat.

4. Atur Pengeluaran

Mengatur pengeluaran ini menjadi cara menabung yang  benar untuk pelajar karena pelajar tidak perlu memaksakan diri untuk menabung. Terkadang, pelajar rela untuk tidak makan hanya untuk mendapat uang dalam waktu cepat, ini salah. Mulai atur pengeluaran dan bagi uang untuk berbagai keperluan penting.

5. Catat Setiap Aktivitas Keuangan

Aktivitas Keuangan

Aktivitas Keuangan

Pencatatan ternyata cukup penting untuk menabung karena ini bisa menjadi bahan evaluasi di periode berikutnya. Mencatat aktivitas keuangan juga bisa membuat pelajar mengerti aktivitas mana yang menghabiskan banyak uang. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda pakai di HP, seperti Money Lovers dan sebagainya.

6. Konsisten Menabung dengan Nominal Tertentu

Dari pencatatan aktivitas keuangan dan pengaturan pengeluaran, pelajar bisa menentukan nominal tertentu untuk menabung. Jika Anda mendapat uang saku setiap hari, sisakan uang dengan nominal sama setiap harinya. 

7. Menyimpan Sisa Uang

Seringkali ada waktu di mana pengeluaran tidak sebesar yang direncanakan sehingga ada sisa uang. Nah, seorang pelajar harus bisa menyisihkan uang ini untuk tabungan jika ingin cepat mencapai tujuan. Jangan semata-mata karena ada uang lebih maka langsung memakainya untuk bersenang-senang.

8. Jadwalkan Cheating Day

Karena setiap hari sudah memangkas pengeluaran cukup banyak, Anda juga perlu memanjakan diri. Jadwalkan waktu tertentu untuk memakai uang saku hari itu sesuai keinginan Anda tanpa memikirkan menabung. Hal ini bisa menjadi kegiatan menyegarkan sehingga Anda kembali siap menabung dengan konsisten. 

9. Mengurangi Nongkrong

Pengeluaran paling besar seringkali pada pelajar bukanlah untuk keperluan sekolah, tetapi nongkrong dan gaya hidup lainnya. Anda mungkin juga merasakannya ketika uang jajan terasa cepat habis padahal Anda baru menerimanya dari orang tua. Jadi, jadwalkan nongkrong atau ngopi demi menabung dengan cepat. 

10. Mencari Penghasilan Sampingan

Penghasilan Sampingan

Penghasilan Sampingan

Seorang pelajar sudah bisa menghasilkan uang sendiri apalagi dengan keberadaan teknologi seperti sekarang. Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai pekerja lepas misalnya untuk mendapat uang tambahan. Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda coba mulai dari menulis hingga membuat ilustrasi.

Inti dari cara menabung dengan cepat untuk pelajar di atas adalah perencanaan, konsistensi, serta komitmen yang baik. Selalu ingat jika Anda ingin mendapat uang tabungan maka lakukan manajemen keuangan yang baik.

Baca Juga: