Melalui investasi, seseorang akan menaruh dananya untuk diputar sehingga menghasilkan keuntungan yang sesuai harapan. Begitu pun dengan investasi emas, yang membuat para investor mencari cara menabung emas di pegadaian

Adapun jenis investasi beragam macamnya, mulai dari saham, emas murni, properti hingga yang berwujud tabungan seperti deposito.

Jenis-jenis investasi tersebut pun memiliki kelebihannya masing-masing. Namun pada ulasan kali ini, kami akan membahas seputar menabung emas melalui pegadaian. 

Sekedar informasi, investasi emas di pegadaian berbentuk fisik dengan banyak keuntungan. Tak perlu khawatir karena semua sudah dijamin oleh pihak terkait yang bertanggung jawab. Jadi Anda tak perlu khawatir emas akan dicuri/dirampok.

Apalagi emas batangan memang rawan hilang, sehingga membuat banyak pihak mempercayakan hal ini pada ahlinya. Nah berbicara lebih jauh, apa saja sih syarat, cara dan kelebihan investasi emas di pegadaian? Yuk langsung simak saja ulasannya!

Cara Daftar Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

Cara menabung emas di pegadaian untuk pemula sangatlah mudah. Anda bisa mendaftar secara offline maupun online

Melalui Cara Offline

  • Pertama, kunjungi kantor atau agen pegadaian yang ada di kota Anda. Bawa surat-surat yang dibutuhkan, seperti fotokopi identitas diri yakni KTP atau Paspor yang berlaku.
  • Kedua, isi formulir untuk membuka tabungan emas. 
  • Setelahnya, bayar biaya pendaftaran rekening sebesar Rp 10.000 dilanjutkan membayar biaya titipan selama 12 bulan dengan nominal Rp 30.000. 

Nah, dalam prosesnya Anda bisa membeli emas dengan kelipatan 0.01 gram disesuaikan dengan harga emas saat ini. Adapun tata caranya sebagai berikut:

  • Jika Anda ingin mencairkan emas tersebut, Anda dapat menjual kembali (buyback) ke pegadaian dengan syarat emas memiliki berat 1 gr.
  • Jika ingin membeli emas batangan, Anda bisa memesan terlebih dahulu untuk kepingan emas dengan ukuran 5 g, 10 g, 25 g, 50 gr dan 100 g. Pencetakan emas tersebut membutuhkan biaya administrasi sesuai ukuran yang dibeli. 
  • Untuk kepentingan top up dan menabung, Anda bisa mengaksesnya melalui pegadaian terdekat atau ATM.
  • Minimal saldo rekening di pegadaian adalah 0,1 gram, dengan transaction minimum sebesar 0,01 gram dan maximum 100 gram per harinya. 
  • Dan terakhir, memperjual belikan emas bisa dilakukan melalui kantor cabang pembukaan rekening Anda dengan menunjukan buku tabungan dan identitas diri. 

Melalui Cara Online

  • Unduh aplikasi pegadaian melalui Play Store atau App Store. 
  • Isi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas.
  • Lampirkan kartu identitas diri Anda (KTP/Paspor)
  • Untuk mencetak tabungan emas, Anda harus mengunjungi pegadaian pembuka tabungan emas dengan maksimal waktu 6 bulan sejak pembukaan rekening melalui aplikasi pegadaian.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Keuntungan Menabung Emas

Keuntungan Menabung Emas

Zaman now semua serba mudah, termasuk mengikuti program menabung emas di pegadaian. 

Pegadaian selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menawarkan produk dan jasa bagi mereka yang ingin berinvestasi, tak lain adalah tabungan emas. 

Tabungan emas sendiri adalah layanan untuk transaksi jual beli emas dengan fasilitas titipan dan biaya administrasi di pegadaian. 

Layanan didalamnya tentu sangat mudah pun dengan keuntungan yang menggiurkan. Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Pembelian Emas Dengan Harga Terjangkau

Meskipun Anda hanya memiliki uang pas-pasan, Anda tetap bisa menabung emas di pegadaian. Mulai dari Rp 5000 per harinya, maka uang tersebut akan terkonversi dalam bentuk gram pada rekening emas Anda.

Nanti jika sudah mencapai minimal 1 gram emas, itu artinya emas tersebut sudah bisa dicairkan. Sangat mudah bukan?

2. Lebih Aman

Menginvestasikan dana dalam bentuk emas batangan, tentu Anda memerlukan tempat yang aman seperti safety deposit box di bank. 

Untuk yang satu ini Anda tak perlu pusing. Karena di pegadaian semua sudah tersedia dengan jaminan keamanan yang luar biasa.

3. Pilih Emas Bersertifikat

Bagi orang awam, mungkin sedikit kesulitan untuk membedakan mana emas yang asli atau palsu. Belum lagi memastikan berapa berat gram emas tersebut.

Maka untuk menjawab kegelisahan masyarakat tersebut, investasi di pegadaian akan memberikan emas bersertifikat, sehingga aman dan terjamin.

4. Kemudahan Transaksi

Keuntungan menabung emas di pegadaian selanjutnya adalah kemudahan dalam bertransaksi. 

Di sini Anda bisa mentransfer melalui ATM maupun dengan sistem digital seperti internet banking, m-banking dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda bisa mengalokasikan waktu dan tenaga agar lebih efektif dan efisien.

5. Mudah dan Cepat Dicairkan

Seperti yang kita tahu, tabungan emas bersifat likuid sehingga mudah dicairkan. Apalagi emas memiliki nilai investasi yang lebih besar daripada tanah atau properti.

Ketika Anda sudah memperoleh emas secara fisik karena tabungan sudah tercukupi, maka Anda bisa kembali menjual emas tersebut di pegadaian terkait. Nantinya Anda akan mendapatkan harga yang sesuai dengan kebijakan pegadaian. 

Nah, itulah beberapa cara menabung emas di pegadaian beserta keuntungan di dalamnya. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga: