Cara menabung gaji 1 juta kedengarannya sedikit sulit, apalagi untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, jika Anda bisa menemukan cara yang tepat, bukan tak mungkin Anda bisa menabung gaji 1 juta setiap bulannya. 

Gaji sebesar 1 juta boleh saja dianggap kecil bagi sebagian orang. Namun, gaji tersebut tak melulu hadir di setiap bulan, bisa pula dibayarkan setiap minggu. Terlepas dari hal itu, Anda harus tetap mencari cara untuk mengelolanya dengan baik.

Cara Mengelola Gaji 1 Juta Secara Cermat

Di bawah ini akan kami jelaskan tips & trik menabung gaji 1 juta dengan cermat. Inti dari semua ini adalah konsisten dan pintar mengaplikasikannya. Dengan begitu Anda akan menyadari kalau gaji 1 juta pun terasa cukup.

1. Hidup Sesuai Dompet

Hidup Sesuai Dompet

Hidup Sesuai Dompet

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta yang pertama adalah dengan hidup sesuai isi dompet. Cara ini terbukti ampuh jika Anda memang berniat untuk menabung. 

Bagi Anda yang gemar berbelanja dan hobi nongkrong, pastinya ini akan terasa sulit, bahkan sulit untuk menahannya. 

Buruknya hal ini akan membuat hidupmu makin sulit jika Anda benar-benar terbuai keinginan hati. Dampaknya, pengeluaran cenderung lebih banyak dibandingkan pendapatan yang masuk. 

Karenanya, belajarlah untuk hidup menyesuaikan isi dompet Anda. Sesekali berbelanja boleh, tetapi tetap harus terkontrol dan tetap hemat meskipun gaji yang dimiliki pas-pasan. 

Jangan sampai Anda membeli barang yang tidak perlu, apalagi sampai harus dicicil atau bersistem kredit.

2. Tidak Memiliki Kartu Kredit

Pertimbangkan dengan matang jika Anda ditawari kartu kredit atau sekedar untuk memilikinya. Sebaiknya jangan gunakan kartu kredit apabila gaji Anda pas-pasan. Ini karena ada bunga yang harus dibayarkan hingga potensi impulsif yang bisa datang kapan saja.

3. Tabungkan Uang Dengan Nominal Tertentu

Tabungkan Uang Dengan Nominal Tertentu

Tabungkan Uang Dengan Nominal Tertentu

Cobalah untuk berkomitmen menyisihkan uang dengan nominal tertentu. Nah, agar tidak merasa terbebani, sisihkan uang dengan nominal kecil terlebih dahulu. Baru jika sudah terbiasa, Anda bisa mulai meningkatkan jumlahnya secara bertahap.

Dengan menabung gaji bulanan, tentu sisa gaji sudah berkurang. Itu artinya, Anda akan menghemat secara otomatis dan membeli apa yang dibutuhkan saja.

4. Susun Target Pribadi

Cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta selanjutnya adalah menyusun target pribadi. Tetapkan jumlah uang yang ditabung dengan tujuan pribadi Anda. Misalnya untuk menikah di tahun depan, maka Anda harus menabung lebih keras untuk mencapainya. 

Meski begitu, tetap sesuaikan jumlahnya dengan kemampuan Anda. Tabunglah 10 persen uang dari gaji yang Anda dapatkan. Tidak perlu langsung banyak-banyak, tabung dengan jumlah yang kecil hingga secara perlahan naikan jumlahnya.

5. Belajar Berinvestasi Kecil

Cara menabung gaji dengan tepat selanjutnya adalah mulai belajar berinvestasi. Jumlah penghasilan Anda sebulan jika ditabungkan pada tabungan biasa tentu tak akan menghasilkan apa-apa. 

Justru nilainya akan berkurang karena inflasi setiap bulannya. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara berinvestasi kecil-kecilan dulu. Di sini coba sisihkan uang yang Anda miliki lalu investasikan dari berbagai instrumen investasi. 

Sayangnya, banyak orang yang salah paham bahwa berinvestasi membutuhkan jumlah dana yang besar. Padahal sebenarnya ada pula yang hanya membutuhkan modal kecil. Salah satunya adalah berinvestasi tabungan emas, yang bisa dimulai dengan dana Rp 10.000 saja. 

Namun sebelum berinvestasi, pahami dulu prosedur, syarat dan ketentuan di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mengambil langkah yang tepat sehingga membuahkan hasil.

6. Melakukan Pekerjaan Sampingan

Melakukan Pekerjaan Sampingan

Melakukan Pekerjaan Sampingan

Bagi sebagian orang, gaji 1 juta mungkin dianggap kecil. Jika Anda termasuk mereka yang tidak merasa cukup, Anda pun bisa mencari pekerjaan tambahan atau sampingan. 

Dengan pekerjaan sampingan ini, artinya Anda akan memiliki sumber penghasilan lainnya. Kalau sudah begini, cara menabung dengan gaji 500 ribu pasti bisa dilakukan. 

Nah untuk menghargai kerja keras Anda, Anda bisa memberikan reward untuk diri sendiri karena berhasil mengelola tabungan dengan baik.

7. Hemat Dengan Belanja yang Dibutuhkan

Kebutuhan sehari-hari menjadi penyumbang besar untuk pengeluaran, apalagi dengan bahan pokok yang bisa naik sewaktu-waktu. Melihat hal ini, penting untuk membuat daftar prioritas yang dibutuhkan sebelum berbelanja. 

Setelahnya, bawa uang yang pas untuk kegiatan belanja tersebut. Nah, agar Anda tidak terlena dengan barang-barang yang tidak dibutuhkan, sebaiknya jangan gunakan kartu kredit atau debit. 

Lalu jika sudah selesai berbelanja, sebaiknya langsung pulang tanpa perlu berkeliling ataupun melihat diskon pada toko tersebut. 

8. Menabung Setiap Hari

Jika Anda ingin uang tabungan cepat terkumpul, Anda bisa mulai menabung setiap hari. Tidak perlu jumlah besar, cukup Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu saja. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tabungan sebesar Rp 300 ribu sampai Rp 450 ribu di setiap bulannya. 

Cara memulainya, Anda bisa menyisihkan uang Rp 10.000 dengan menghemat pengeluaran setiap harinya. Jika Anda bisa membeli makan siang di sekitar kantor, mulailah untuk membawa bekal dari rumah. Sama halnya mengganti ojek online dengan menggunakan transportasi umum. 

Dengan kesadaran menghemat uang seperti itu, pastinya jumlah tabungan sedikit demi sedikit akan terkumpul bukan?

Nah, itulah beberapa cara menabung gaji 1 juta secara efektif dan efisien. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga: