Anda memiliki gaji 3 juta setiap bulan? Beranggapan kalau gaji sebesar itu mustahil bisa menabung? Jika begitu, pelajari cara menabung gaji 3 juta.

Banyak sedikit adalah hal yang relatif. Contohnya, sebagian orang menganggap gaji 3 juta sudah banyak. Sebagiannya lagi menganggap gaji sebesar itu masih sedikit.

Orang yang tinggal di kota dengan biaya hidup tinggi sangat mungkin akan merasa gaji 3 juta masih kurang. 

Jika Anda mendapatkan 3 juta rupiah per bulannya dan ingin tetap menabung, ada caranya. Itu bukan hal yang mustahil.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar gaji 3 juta cukup untuk ditabung. Diantaranya adalah mengalokasikan dana, tidak menggunakan kartu kredit, dan sebagainya.

Anda penasaran? Temukan cara menabung dengan gaji 3 juta per bulan di artikel ini.

Miliki Target

Anda perlu menargetkan seberapa banyak uang yang Anda tabung. Dengan memiliki target, Anda akan fokus menyisihkan uang untuk ditabung.

Ada yang bisa Anda lakukan agar target menabung yang sudah dibuat bisa tercapai. Apa itu?

Buat Alokasi Dana

Alokasi Dana

Alokasi Dana

Alokasi dana adalah hal yang penting dalam mengatur uang. Terlebih lagi, uang 3 juta yang Anda dapatkan akan digunakan untuk keperluan Anda. Dengan alokasi dana, Anda akan terhindar dari menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu.

  • Alokasi yang Fleksibel

Alokasikan dana Anda dengan perbandingan 75:25. 75 persen dari pendapatan Anda digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Barulah 25 persen sisanya dipakai untuk menabung. 

Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan 750 ribu tiap bulannya. Untuk biaya kebutuhan, jumlahnya sebesar 2,25 juta. Jika ada sisa dari biaya kebutuhan, Anda bisa menambahkan ke tabungan.

  • Alokasi dengan Perbandingan 5:3:2

Alokasi dana dengan cara ini lebih detail. Sebanyak 50 persen dari pendapatan dipakai untuk kebutuhan, 30 persen untuk menabung, dan 20 persen sisanya untuk hiburan.

Melalui alokasi ini, Anda akan punya tabungan sebesar 900 ribu tiap bulan. Uang untuk kebutuhan sebesar 1,5 juta, dan 600 ribu bisa dipakai untuk hiburan.

Anda bisa menyimpan lebih banyak uang dengan menekan pengeluaran. Caranya dengan  biaya kebutuhan dan menekan keinginan.

  • Alokasi dengan Perbandingan 5:10:10:15:60

Cara yang satu ini tampak lebih detail dan rumit. Tapi sebenarnya, ini tidak serumit yang dibayangkan. 

Dana akan dialokasikan sebagai berikut:

  • 5 persen dari gaji digunakan untuk sosial, seperti sumbangan. Besarnya adalah 150 ribu.
  • 10 persen dari gaji digunakan untuk asuransi dan dana darurat. Besarnya adalah 300 ribu.
  • 10 persen lagi digunakan untuk bersenang-senang. Jumlahnya sebesar 300 ribu.
  • 15 persen dari gaji digunakan untuk tabungan. Jumlahnya sebesar 450 ribu.
  • 60 persen dari gaji digunakan untuk kebutuhan. Atau sebanyak 1,8 juta.

Anda bisa memakai uang tabungan untuk investasi. Misalnya,  dengan membeli reksadana atau saham. Pastikan pengetahuan Anda tentang investasi sudah memadai.

Untuk dana darurat, sebaiknya tidak diutak-atik.

Dengan menggunakan cara ini, berarti Anda akan memiliki 150 ribu untuk pengeluaran sosial. 300 ribu untuk asuransi, 300 ribu untuk hiburan, 450 ribu untuk tabungan, dan 1,8 juta untuk kebutuhan hidup.

Jika Anda berhasil menekan pengeluaran, Anda bisa mengalokasikan sisa pengeluaran tadi untuk tabungan.

Anda bisa memilih cara alokasi di atas sesuai dengan kebutuhan. Atau, Anda juga bisa mengalokasikan dana dengan cara Anda sendiri.

Untuk mendukung Alokasi dana dan menghemat lebih banyak uang, Anda bisa melakukan beberapa hal. 

Buat Lebih dari Satu Rekening

Buat Lebih dari Satu Rekening

Buat Lebih dari Satu Rekening

Buatlah lebih dari satu rekening. Salah satu rekening yang dibuat akan dipakai khusus untuk menyimpan uang tabungan. Sisanya, bisa Anda pakai untuk menyimpan uang untuk kebutuhan. 

Anda tidak perlu membuat kartu ATM untuk rekening khusus tabungan. Jangan lupa, pastikan Anda memilih rekening tanpa potongan. 

Dengan cara ini, Anda akan lebih sulit untuk mengambil uang tabungan. Dengan begitu, uang Anda akan tersimpan lebih lama.

Jangan Pakai Kartu Kredit

Apa tujuan kartu kredit? Membeli barang saat Anda tak punya uang kemudian membayarnya nanti? Dengan memakai kartu kredit, Anda akan mendapat kerugian.

Anda akan sulit mengontrol keuangan dengan memakai kartu ini. Apalagi jika Anda punya pikiran “Ah, nanti bisa dibayar.” Bagaimana jika Anda menunggak hingga bunga yang harus dibayarkan menumpuk?

Silahkan pertimbangkan sendiri.

Jika Ingin Hiburan, Cari Tempat Diskon

Jika Ingin Hiburan Cari Tempat Diskon

Jika Ingin Hiburan Cari Tempat Diskon

Ingin hangout atau sekedar refreshing? Carilah tempat yang menawarkan diskon. Ini adalah upaya yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan lebih banyak uang. Yaitu dengan menekan pengeluaran untuk hiburan. 

Dana yang sudah Anda alokasikan untuk hiburan bisa ditekan dengan mencari tempat yang menyediakan diskon. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar gaji 3 juta yang Anda terima bisa dipakai menabung. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat alokasi dana. Lalu, jika dana yang sudah dialokasikan untuk pengeluaran ternyata sisa, Anda bisa memindahkannya ke tabungan.

Dengan membuat alokasi dana, Anda akan melihat bagian mana yang bisa ditekan. Dengan begini, Anda akan lebih banyak menyimpan uang. 

Jangan lupa, catat pengeluaran Anda supaya Anda bisa melihat bagian mana yang paling banyak menghabiskan uang.

Bagaimana? Setelah membaca artikel tentang cara menabung gaji 3 juta, apakah Anda berpikir untuk menabung lebih banyak?

Baca juga: