Cara menabung gaji 5 juta ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Apalagi jika orang dengan gaji tersebut sudah menikah, memiliki anak, dan masih memiliki tanggungan utang. Untuk bisa menabung kemungkinan akan sangat sulit.

Namun, cara menabung sebenarnya ada banyak. Anda hanya perlu mengetahui salah satunya. Menabung juga tidak perlu terlalu banyak yang penting bisa konsisten sedikit demi sedikit hingga beberapa kebutuhan atau tanggungan menurun. Simak tips di bawah ini.

1. Menentukan Tujuan Menabung

Tujuan Menabung

Tujuan Menabung

Hal pertama yang harus dipikirkan dengan baik jika ingin menabung adalah menentukan tujuannya. Anda harus tahu apa tujuan dari menabung itu terlebih dahulu. Apakah digunakan untuk kebutuhan konsumtif di masa depan atau lainnya.

Dengan mengetahui tujuannya, Anda bisa menentukan berapa besar tabungan yang harus disisihkan setiap bulannya. Misal dengan menyisihkan beberapa persen dari gaji bulanan atau menyisihkan nominal tertentu.

Tanpa tujuan yang jelas, Anda akan kebingungan sendiri. Untuk itu selalu tentukan tujuannya meski tidak terlalu besar. Misal ingin mentraktir makan teman saat ulang tahun. Tujuan ini harus ada agar ada semangat untuk menabung.

2. Menetapkan Target yang Akan Diinginkan

Menentukan target yang diinginkan adalah hal yang harus dimiliki oleh semua orang. Tidak terkecuali saat mereka ingin menabung. Harus ada target yang harus dimiliki supaya Anda semangat untuk melakukannya.

Tanpa ada target, proses menabung tidak akan bisa dilakukan dengan semangat. Misal, anda ingin menabung sekitar 10-15 persen dari gaji setiap bulannya. Selanjutnya Anda juga bisa menabung sekitar Rp400.000 per bulan.

Coba ikuti tabel menabung 5 juta di bawah ini.

Jumlah Bulan

Tabungan per Bulan

Total

6 Rp400-750 ribu Rp2,4-4,5 juta
12 Rp400-750 ribu Rp4,8-9 juta
18 Rp400-750 ribu Rp7,2-13,5 juta
24 Rp400-750 ribu Rp9,6-18 juta

Dengan memperhatikan tabel di atas, jika menabung secara konsisten setiap bulannya, hasil akhir yang didapatkan akan besar.

Apalagi Anda bisa menabung lebih besar dari 15 persen dari total gaji setiap bulannya. Bahkan, dengan menabung di Rp400.000 per bulan, Anda bisa mendapatkan Rp5.000.000 dengan mudah.

3. Mengurangi Beberapa Aktivitas Konsumtif

Tips menabung 5 juta setahun selanjutnya bisa dilakukan dengan mengurangi aktivitas konsumtif. Disadari atau tidak, kita sering sekali melakukan aktivitas konsumtif yang kadang tidak terlalu dibutuhkan.

Misalnya membeli beberapa produk yang akhirnya mangkrak di rumah. Daripada melakukan itu, lebih baik uang tersebut disisihkan. Selanjutnya, uang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya salah satunya adalah menabung.

4. Memilih Cara Menyisihkan Uang

Cara Menyisihkan Uang

Cara Menyisihkan Uang

Pilih cara menyisihkan uang yang sesuai dengan gaya hidup. Jika kamu adalah tipe orang yang tidak bisa mengerem pengeluaran, ada baiknya untuk menyisihkan uang di awal bulan secara langsung.

Sebaliknya jika kamu adalah orang yang suka menetapkan bujet harian, lakukan setiap hari secara rutin. Intinya lakukan sesuai dengan preferensi saja. Asal bisa dilakukan secara rutin, tidak ada hal lain yang perlu dikhawatirkan.

5. Memilih Media Penyimpanan yang Tepat

Pilih media penyimpanan yang tepat untuk menyimpan uang. Jika kamu bisa menyimpan uang pada piggy bank, lakukan itu. Jika terbiasa menyimpannya pada rekening bank standar, Anda juga bisa melakukannya.

Beberapa orang ada yang suka melakukan penyimpanan uang pada rekening yang sulit diambil. Misal menyimpannya pada deposito atau rekening yang tidak memiliki ATM dan juga internet banking.

6. Menambah Sumber Penghasilan

Menambah Sumber Penghasilan

Menambah Sumber Penghasilan

Anda bisa menambah Sumber penghasilan jika ingin menabung dengan gaji Rp5.000.000 per bulan dan masih menanggung banyak utang. Gaji tambahan ini bisa didapatkan dari pekerjaan lepas atau freelance.

Seluruh atau sebagian gaji freelance bisa dimasukkan ke dalam tabungan. Jadi, Anda tidak khawatir meski tanggungan bulanan cukup banyak.

7. Mencoba Realistis

Hal terakhir dan tidak boleh dilupakan adalah mencoba untuk realistis. Misal kamu memiliki gaji 5 juta dan masih memiliki tanggungan hutang yang banyak. Jika ingin membeli rumah dalam waktu 12 tahun tentu tidak bisa dilakukan.

Bahkan setelah mengetahui cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 5 juta sekalipun, hal itu sulit direalisasikan. Itulah kenapa, Anda harus mencoba untuk realistis. Jika memang mampunya hanya sedikit, lakukan dengan konsisten.

Cara menabung gaji 5 juta yang sudah dibahas di atas ada yang sulit dan ada yang mudah untuk dilakukan. Pilih mana saja yang sekiranya bisa dilakukan secara rutin dan konsisten. Selanjutnya, praktikkan secara langsung.

Dengan melakukannya secara langsung, Anda bisa lebih tahu apakah cara di atas berhasil atau tidak. Jika berhasil, Anda harus terus melakukannya hingga mendapatkan target yang diinginkan. Bisa memiliki kendaraan atau memiliki rumah.

Baca juga: