Sebagai orang yang mengatur keuangan rumah, ibu harus tahu cara menabung ibu rumah tangga. Dengan mengetahuinya, keuangan rumah akan menjadi lebih baik. Cadangan dana bisa didapatkan untuk digunakan saat penting.

Sayangnya, tidak semua ibu rumah tangga mampu melakukan hal itu. Padahal cara menabung harian di rumah cukup mudah untuk dilakukan. Jika Anda termasuk ibu rumah tangga yang sulit menabung, simak tips di bawah ini.

1. Sudah Menetapkan Bujet Harian

Jika ingin menabung, Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa budget harian. Misal dalam satu hari harus menabung sekitar Rp10.000. Lakukan ini secara rutin setiap harinya. Apabila ada dana lebih besar, bisa ditambah.

Penentuan ini sangat penting agar ada kewajiban untuk menyisihkan uang setiap hari. Bahkan meski sisa belanjanya receh sekalipun tetap harus ditabung. Pada hari selanjutnya, bisa ditambah kekurangannya.

2. Tidak Mengabaikan Uang Receh

Uang Receh

Uang Receh

Aturan pertama yang harus dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga adalah tidak mengabaikan uang receh. Meski hanya Rp500 atau beberapa koin Rp100 sekalipun, tetap harus tersimpan dengan baik di dalam dompet.

Wah! Ini bisa digunakan untuk berbelanja. Jadi, tidak boleh menggunakan uang yang besar atau memecahkannya. Karena uang yang sudah terlanjur pecah menjadi lebih kecil, umumnya lebih mudah untuk dibelanjakan.

3. Selalu Mencari Potongan Harga atau Diskon

Salah satu inspirasi menabung ibu rumah tangga yang paling sering dilakukan tapi anda tidak sadar adalah diskon. Sudah menjadi hal umum jika banyak sekali ibu rumah tangga yang suka sekali mendapatkan potongan harga atau diskon.

Saat belanja di mana pun mereka akan mencari produk dengan banderol diskon. Dengan potongan harga, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk bulanan maupun harian. Jadi, bisa menabung dalam jumlah yang lebih banyak.

Jika mendapatkan potongan harga yang cukup banyak. Ada baiknya untuk tidak menggunakan sisa uang untuk keperluan lain. Lebih baik digunakan untuk menabung secara langsung.

4. Mengerem Kebutuhan Tertentu

Mengerem Kebutuhan Tertentu

Mengerem Kebutuhan Tertentu

Mengharap kebutuhan tertentu juga bisa dilakukan untuk menyisihkan dana harian. Apabila ada kebutuhan yang tidak terlalu dibutuhkan pada hari itu, ada baiknya untuk dihindari terlebih dahulu.

Cara ini dilakukan untuk menghemat dana lebih banyak. Karena selama ini uang sering habis karena ada kebutuhan yang mendadak atau kebutuhan yang seharusnya bisa dicegah. 

Dengan melakukannya Anda bisa menabung lebih mudah. Misal dalam satu hari tidak bisa menabung, bisa melakukannya setiap minggu dengan jumlah yang lebih besar. Intinya jangan terlalu konsumtif jika ingin menabung.

5. Mengikuti Arisan Bulanan

Arisan juga sering dilakukan untuk menabung secara tidak langsung. Hanya saja, Anda harus meminta pada pemilih arisan untuk mengeluarkan nomor paling akhir. Dengan begitu, dana tidak akan habis di tengah jalan.

Bukan rahasia umum jika memiliki dana besar, wanita akan sibuk untuk berbelanja. Lebih baik ditabung dan sulit untuk dikeluarkan seperti dalam arisan.

Meski bisa melakukan arisan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda bisa mengikuti arisan yang sesuai dengan kemampuan. Bisa dalam satu bulan mengikuti arisan dengan besar Rp100.000. Jangan mengikuti lebih dari itu jika tidak mampu.

6. Mencatat Belanjaan dan Pengeluaran

Mencatat belanjaan

Mencatat belanjaan

Melakukan pencatatan harus dilakukan secara rutin setiap harinya. Apa saja yang sudah dibeli pada hari itu dan pengeluaran harus jelas. Jadi, Anda tahu pengeluaran bulanan yang sudah dilakukan.

Jika pengeluaran memang besar dan tidak bisa dihindarkan, Anda masih bisa menabung 2000 per hari. Dengan melakukan ini, bukan hasil akhir yang dituju, tapi kebiasaan untuk rutin menabung yang harus dipupuk. Jadi, saat ada dana lebih, Anda bisa lebih mudah menabung.

7. Langsung Menyisihkan di Awal Bulan

Hal terakhir yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin menabung adalah menyisihkan di awal bulan. Dengan mengetahui kebutuhan apa saja yang akan dibutuhkan dalam 1 bulan ke depan, Anda akan tahu kira-kira berapa besar uang yang bisa ditabung.

Misal karena ada banyak kebutuhan, Anda menabung sekitar Rp 200.000, saat akhir bulan di mana sisa uang masih ada banyak, Anda bisa menabung lagi. Intinya di awal bulan harus sudah disisihkan agar tidak habis semuanya.

Cara menabung ibu rumah tangga bisa dilakukan dengan mudah asal konsisten. Hal terpenting lainnya adalah tidak membeli sesuatu yang bukan kebutuhan pokok. Jika tidak dibutuhkan pada bulan itu, lebih baik ditunda terlebih dahulu.

Selebihnya, sisa uang bulanan bisa langsung ditabung atau dibagi per hari. Jadi, tabungan harian bisa berbeda-beda tapi memiliki target bulanan. Misal dalam satu bulan harus bisa Rp 1 juta atau lebih dari itu.

Dari cara menabung ibu rumah tangga yang sudah dibahas di atas, kira-kira mana yang paling sulit untuk dilakukan?

Baca juga: