Sepeda motor merupakan kendaraan yang saat ini banyak dibutuhkan oleh berbagai kalangan termasuk pelajar. Seorang pelajar sudah harus punya mobilitas tinggi, pergi ke sekolah setiap pagi dan pulang saat sore. Dengan uang jajan saja ternyata ada cara menabung untuk beli motor bagi pelajar, loh!

Pentingnya Sepeda Motor

Sepeda Motor

Sepeda Motor

Alat transportasi ini terbilang efektif daripada kendaraan yang lain serta lebih mudah menggunakannya. Saat mengendarai motor, pengguna bisa dengan mudah melewati kemacetan karena dimensi kendaraan yang lebih kecil.

Menggunakan motor juga tidak perlu jadwal pasti untuk menunggu kendaraan datang, tidak seperti bus atau kereta. Pelajar yang menggunakan motor bisa dengan mudah bepergian selain kewajiban untuk pergi sekolah.

Sebagai pelajar, ada batas seorang pelajar bisa masuk ke dalam sekolah dan mengikuti pelajaran. Saat terlambat hukuman dari guru BP sudah pasti menunggu, bahkan sering tidak boleh masuk ke sekolah. Masalahnya pelajar seringkali terlambat bangun sehingga harus ketinggalan kendaraan umum.

Tips Menabung bagi Pelajar

Alih-alih bangun lebih pagi, pelajar pasti ingin beli motor tapi gak punya uang, hidup pun masih bergantung sama orang tua. Tapi kalau Anda cerdik, ada cara menabung khusus bagi pelajar supaya bisa membeli motor sendiri. Ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Mulai Berencana

Cara menabung untuk pelajar yang pertama yaitu tentu saja mengatur perencanaan terkait pembagian keuangan. Seorang pelajar punya uang saku berbeda bergantung pada jauh tidaknya ke sekolah, keberadaan kendaraan, serta kondisi keuangan orang tua.

Setiap pelajar punya motor impiannya masing-masing, ada yang gemar memakai matic, bebek, atau Vespa. Untuk pelajar, sepeda motor matic bisa menjadi kendaraan paling efisien karena penggunaannya yang mudah. Selain itu, sepeda motor matic juga membuat pengguna lebih nyaman dan tidak lelah mengatur gigi.

Tekankan prinsip kalau Anda perlu mendapat motor paling nyaman sebagai pelajar karena belum berpenghasilan tetap. Targetkan motor di kisaran 15-20 juta saja agar dalam waktu setahun, Anda sudah bisa memilikinya.

2. Pisahkan Uang sesuai Kebutuhan

Uang

Uang

Umumnya, pelajar lebih sering memakai kendaraan umum apalagi ketika belum punya motor pribadi. Jadi, jika Anda salah satu di antaranya, maka pisahkan terlebih dahulu uang untuk keperluan transportasi. Tanamkan dulu pemikiran berhemat, ini merupakan cara menabung dalam waktu singkat terbaik.

Setelah kebutuhan sekunder seperti transportasi terpenuhi, Anda harus pandai memikirkan pembagian uang untuk keperluan alat tulis. Misalnya, dalam satu minggu, berapa uang yang harus Anda pakai untuk print atau membeli bolpoin. 

Jika Anda seseorang yang tinggal di asrama dengan uang jajan bulanan, maka pisahkan uang untuk sewa serta makan. Jangan lupa juga untuk menyisihkan uang untuk keperluan lain-lain sebagai simpanan ketika sakit misalnya.

3. Membawa Bekal ke Sekolah atau Universitas

Mayoritas pelajar masih tinggal bersama orang tua dan ini bisa sangat memudahkan Anda menabung. Uang pelajar kebanyakan habis untuk membeli minum atau makan ketika istirahat berlangsung.

Anda harus pandai menahan diri untuk tidak membeli sesuatu di luar kebutuhan primer. Membawa bekal ke sekolah juga bisa mengurangi pengeluaran, tidak perlu lagi jajan di sekolah.

Jangan merasa malu ketika membawa bekal dari rumah, selain dari segi kebersihan lebih terjaga, nutrisi bekal juga lebih terjamin. Berhemat dengan membawa bekal bisa jadi cara menabung yang benar untuk pelajar. Tidak perlu mengorbankan kesehatan untuk berhemat, gunakan saja cara cerdas seperti bekal ini.

4. Mendapat Penghasilan Sampingan

Saat ini, seorang pelajar sudah bisa mendapat penghasilan sendiri apalagi jika sudah masuk pelajar tingkat lanjut (mahasiswa). Ada banyak pekerjaan yang tidak menyita banyak waktu, seperti menjadi freelancer atau content creator

Pertama, lihat dulu potensi yang Anda punya dan hobi yang gemar Anda kerjakan. Jika suka menulis misalnya, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan seperti penulis artikel.

Jika masih belum menemukan peluang kerja yang potensial, bisa juga mencoba membuka usaha sendiri. Berbagai model usaha seperti jastip (jasa titip), jualan dengan sistem pre-order atau menjadi dropshipper pun bisa.

5. Konsisten dengan Rencana

Konsisten dengan Rencana

Konsisten dengan Rencana

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah konsisten terhadap perencanaan dan kegiatan untuk menabung. Jangan terlena menghabiskan uang untuk barang atau aktivitas yang tidak terlalu penting. Pelajar biasanya merasa lelah ketika menabung lebih dari dua minggu karena merasa semuanya tidak akan berhasil.

Ingat bahwa setiap rencana selalu membutuhkan waktu untuk bisa menjadi kenyataan. Anda harus selalu melawan ego untuk berhenti, apalagi ketika membandingkan diri dengan teman lain yang lebih boros.

Meski terlihat sepele, konsisten menjadi kunci di atas semua cara yang lainnya. Selalu ingat tujuan yang ingin kamu dapat yaitu sebuah motor dengan uang hasil tabungan sendiri.

Itulah cara menabung untuk beli motor bagi pelajar yang paling mudah dan bisa Anda usahakan. Jangan lupa juga untuk menulis kata-kata motivasi atau poster motor impian di kamar!

Baca juga: