Selain membeli sebuah rumah, adakah tips dan cara menabung untuk membangun rumah impian?

Membangun serta merancang sebuah rumah dari nol tentu memiliki kesan dan sensasi tersendiri yang terasa sangat positif. Anda bisa secara bebas mengimplementasikan kreativitas serta selera yang dimiliki.

Akan tetapi tentu saja membangun sebuah rumah juga dibutuhkan perencanaan anggaran yang harus diperhatikan dengan seksama. 

Aspek-aspek yang Harus Diperhatikan Untuk Membangun Rumah

Membangun Rumah

Membangun Rumah

Sebelum itu, Anda harus memperhatikan beberapa aspek setelah memutuskan untuk membangun rumah

Berikut ini adalah beberapa aspek tersebut:

  • Tentukan Anggaran : Anggaran menjadi aspek utama yang perlu Anda perhatikan. Sehingga Anda perlu memproyeksikan sekaligus menetapkan terlebih dahulu biaya yang diperlukan. 
  • Lokasi : Anda juga harus mempertimbangkan lokasi rumah yang akan dibangun. Pastikan tanah kavling terbebas dari sengketa serta memiliki akses yang memudahkan mobilitas Anda.
  • Perizinan : Perizinan dari pihak yang berwenang berupa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sangatlah penting. Untuk itu Anda perlu melengkapi persyaratan administratif dalam pengurusannya.
  • Rancangan desain : Tentu saja Anda juga harus mempersiapkan rancangan desain rumah sesuai dengan keinginan. Anda bisa berkonsultasi dengan seorang arsitek agar penerapan desain bisa menjadi lebih baik.
  • Pekerja yang Tepat : Carilah pekerja yang tepat, jujur, memiliki kredibilitas, atau orang yang benar-benar Anda percaya.

Pada dasarnya membangun sebuah rumah tentu memiliki perencanaan sekaligus tantangan yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan membeli sebuah rumah yang sudah jadi.

Sehingga dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang baik dalam persiapan, proses pembangunan, juga biaya. 

Akan tetapi dengan membangun rumah, Anda dapat menentukan desain rumah sesuai selera pribadi, dapat mengetahui prosesnya dari nol, serta material yang digunakan adalah baru dan diketahui kualitasnya.

Cara Menabung Untuk Membangun Rumah Impian

Jika perkiraan anggaran telah ditentukan dalam membangun sebuah rumah, pertanyaannya adalah bagaimana cara menabung untuk membangun rumah impian?

Dalam artikel ini, akan dijabarkan mengenai tips-tips sederhana mengenai cara menabung untuk membangun rumah yang Anda impikan. 

1. Ketahui Kondisi Keuangan

Kondisi Keuangan

Kondisi Keuangan

Tips yang pertama, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu kondisi keuangan yang dimiliki. Dimulai dari jumlah pendapatan maupun jumlah pengeluarannya. 

Hal ini sangatlah penting, sebab Anda harus bisa mengalokasikan anggaran kebutuhan maupun jumlah nominal yang akan ditabung.

Sehingga untuk lepas dari permasalahan tersebut, pencatatan keuangan dan pengalokasian anggaran yang baik menjadi solusi paling realistis.

Jika pos-pos anggaran dari pendapatan telah dilakukan dengan baik, seperti membayar utang/cicilan, memenuhi kebutuhan sehari-hari, berdonasi, dan lain-lain, maka Anda bisa menentukan jumlah uang yang bisa ditabung.

2. Tentukan Target Menabung

Tentunya jika Anda memiliki rencana untuk membangun sebuah rumah, minimal Anda telah mengetahui proyeksi anggaran yang telah dibutuhkan. Dimulai dari pembelian kavling, persiapan material, upah pekerja, dan lain-lain.

Nah, dari proyeksi anggaran itulah Anda bisa menentukan target menabung setiap bulannya. Dimulai dari jumlah nominal yang disisihkan hingga target waktu untuk mencapai realisasi.

3. Jangan Boros

Jangan Boros

Jangan Boros

Pada dasarnya komitmen untuk menabung adalah Anda harus siap untuk menghilangkan kebiasaan boros. Janganlah membelanjakan uang yang Anda miliki untuk keperluan-keperluan yang tidak penting.

Sebab kebiasaan boros adalah salah satu faktor yang dapat menggagalkan realisasi target menabung yang telah Anda canangkan.

4. Penghasilan Tambahan

Salah satu cara menabung untuk membangun rumah impian dengan gaji kecil yakni Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan terlebih dahulu. 

Manfaatkan keahlian yang Anda miliki untuk bisa memperoleh pekerjaan sampingan di luar jam kerja utama. Atau Anda bisa melakukan bisnis sampingan yang simple dan dapat terakomodasi dengan baik.

Hasil dari upaya tersebut bisa Anda alokasikan ke tabungan untuk membangun rumah impian yang telah ditargetkan sebelumnya.

5. Berinvestasi

Perlu Anda ketahui, resiko dalam menabung yang harus diantisipasi adalah inflasi. Artinya jika terjadi kenaikan harga namun jumlah nominal uang yang ditabung tetap, maka waktu menabung menjadi lebih lama.

Maka dari itu, investasi menjadi solusi yang perlu Anda pertimbangkan. Sebab, kelebihan dari investasi adalah dapat mengantisipasi terjadinya lonjakan inflasi. Asalkan Anda memilih produk atau instrumen yang tepat.

Ada banyak sekali produk investasi yang bisa Anda pilih seperti Reksa dana, Saham, Obligasi, Deposito, Surat Berharga Negara, hingga logam mulia.

6. Menabung Material Untuk Membangun Rumah

Material

Material

Selain cara menabung uang untuk membangun rumah, Anda juga bisa menabung material terlebih dahulu. Manfaatkan kelebihan uang yang Anda miliki untuk mencicil pembelian material yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, supaya tabungan material lebih aman, Anda bisa menitipkan uang tersebut kepada toko bahan bangunan. 

Dengan catatan, pastikan bahwa toko tersebut dapat dipercaya atau Anda sendiri telah mengenalnya.

7. Disiplin Dalam Menabung

Dan yang pasti Anda harus bisa disiplin serta konsisten dalam menabung. Sebab disiplin adalah  kunci keberhasilan untuk  merealisasikan sebuah target.

Salah satu cara untuk memudahkan Anda disiplin dalam menabung yakni tetapkan jadwal untuk menyetor uang tabungan di rekening khusus. 

Sehingga Anda bisa menerapkan disiplin dalam diri juga pengelolaan keuangan yang jauh lebih baik.

Kesimpulan

Pada dasarnya cara menabung untuk membangun rumah impian dapat Anda lakukan dengan baik dan mudah. Hanya saja seberapa besar komitmen, konsistensi, serta disiplin juga mempengaruhi keberhasilan tersebut. Jadi, siapkah Anda untuk mulai menabung untuk membangun sebuah rumah impian?

Baca juga: