Cara menabung untuk membeli rumah adalah salah satu hal yang mungkin perlu Anda ketahui sejak dini.

Memiliki sebuah hunian, adalah salah satu impian bahkan target bagi banyak orang. Sebab, hunian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yakni ‘Papan’.

Ditambah lagi, hampir seluruh kegiatan akan Anda lakukan bersama keluarga di hunian tersebut. Sehingga memiliki sebuah rumah menjadi hal penting yang sudah sepatutnya Anda pikirkan dari sekarang.

Bagaimana Cara Menabung Untuk Membeli Rumah?

Akan tetapi dengan gaji setiap bulan yang hanya setara UMR, dapatkah kita menabung untuk membeli rumah? Jawabannya tentu saja bisa, caranya pun cukup mudah.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa saja tips menabung untuk membeli rumah dengan gaji setara UMR setiap bulannya.

Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Tentukan Rumah Yang Anda Inginkan

Rumah

Rumah

Dalam proses menabung, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah berapa target nominal yang harus Anda capai.

Sehingga Anda harus menentukan terlebih dahulu rumah yang diinginkan. Setidaknya ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sebuah hunian.

Berikut ini adalah beberapa tips membeli rumah:

  • Perhatikan lokasi: Lokasi hunian menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena pertimbangan lokasi juga akan mempengaruhi mobilitas Anda sehari-hari. Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis.
  • Lingkungan: Pilihlah lingkungan perumahan senyaman mungkin untuk ditinggali.
  • Akses yang mudah dijangkau: Perhatikan apakah hunian yang Anda pilih memiliki akses yang mudah untuk dijangkau. Seperti fasilitas jalan yang baik serta moda transportasi yang bisa digunakan.
  • Prospek kawasan: Prospek dari hunian tersebut juga bisa Anda pertimbangkan, terutama dalam segi pengembangan kawasan. Misalnya kawasan di sekitar lokasi perumahan akan dibangun jalan tol, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, akses angkutan umum, dan sebagainya.
  • Kualitas bangunan: Perhatikan kualitas bangunan tersebut, apakah baik atau sebaliknya.
  • Harga: Dan apabila semua aspek di atas telah dipertimbangkan, maka keputusan final adalah pada segi harga. Sesuaikan kemampuan finansial dan rencana menabung Anda dengan harga rumah yang ditawarkan. Selain itu Anda juga perlu jeli jika ada penawaran diskon.

Menentukan rumah yang akan Anda pilih adalah langkah awal untuk mengetahui serta mempertimbangkan sisi kemampuan finansial atau pendapatan yang Anda miliki dengan target menabung yang akan dijalankan.

2. Evaluasi Kondisi Keuangan

Kemudian jika Anda telah menetapkan rumah yang akan diinginkan serta mengetahui harganya, maka evaluasi terlebih dahulu kondisi keuangan yang Anda miliki. 

Dengan gaji sebesar Rp 3 juta, ketahui apakah Anda memiliki kewajiban atau utang yang harus dibayar, biaya untuk memenuhi kebutuhan, beramal, serta berapa uang yang bisa ditabung.

Anda juga perlu membuat pencatatan keuangan serta alokasi anggaran yang baik supaya uang yang dimiliki telah digunakan sesuai dengan pos-posnya. 

3. Tentukan Target Dalam Menabung

Target

Target

Untuk menabung, maka Anda juga harus menentukan targetnya. Setelah mengetahui kondisi keuangan, maka secara otomatis Anda telah mengetahui seberapa besar kemampuan untuk menabung.

Sehingga dari sinilah Anda bisa menentukan target untuk menabung dengan mempertimbangkan jumlah nominal yang akan ditabung, serta durasi waktunya.

4. Berinvestasi

Cara menabung untuk membeli rumah idaman bisa juga dilakukan dengan cara berinvestasi. Perlu Anda ketahui bahwasannya menabung dan investasi itu adalah dua hal yang berbeda.

Berinvestasi merupakan satu langkah untuk menanamkan modal. Dari hasil menanam modal itulah Anda akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari dengan jumlah maupun jangka waktu tertentu.

Setidaknya, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi, antara lain :

  • Adanya pertumbuhan aset yang relatif cepat.
  • Inflasi dapat diantisipasi dengan baik.
  • Berada di bawah pengawasan otoritas terkait (OJK).
  • Dapat menyokong kehidupan di masa mendatang.
  • Dikelola oleh pihak atau lembaga yang profesional.

Selain itu ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda gunakan. Seperti Reksa dana, saham, obligasi, deposito, hingga logam mulia.

Yang pasti instrumen investasi tersebut harus disesuaikan dengan profil risiko dan juga kebutuhannya.

5. Pisahkan Tabungan di Rekening Khusus

Supaya kegiatan menabung dapat berjalan dengan baik dan efektif, Anda bisa membuka rekening khusus untuk menabung. 

Hal tersebut dilakukan supaya sisi keuangan dapat terkontrol dengan baik. Jika tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari, maka dikhawatirkan pengelolaan  menjadi lebih sulit dan berantakan.

Tidak hanya itu, resiko uang tabungan akan terpakai pun menjadi lebih tinggi. Entah itu karena tidak disiplin atau bahkan lupa. 

Sehingga akan jauh lebih aman untuk memisahkannya di rekening khusus yang lain.

6. Disiplin Dalam Menabung

Disiplin

Disiplin

Salah satu tantangan dalam menabung adalah disiplin. Seringkali kebanyakan orang kesulitan untuk mendisiplinkan diri untuk menyisihkan uang yang mereka miliki untuk kemudian ditabung.

Setelah melakukan evaluasi keuangan dan telah menetapkan jumlah uang yang akan ditabung, maka sebaiknya Anda sisihkan terlebih dahulu nominal uang yang ditabung. Baru kemudian Anda bisa menggunakan sisanya untuk berbelanja.

Tidak disarankan untuk menabung berdasarkan uang sisa.

Jika Anda tidak konsekuen terhadap target yang telah dicanangkan, jangan harap impian untuk membeli rumah idaman akan terealisasi…

7. Menabung Untuk DP KPR

Selain cara menabung untuk membeli rumah cash seperti yang telah dibahas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan pembelian secara KPR. 

Tipsnya adalah, Anda bisa menyisihkan 30 persen dari penghasilan untuk mengumpulkan uang DP.

Kesimpulan 

Itulah cara menabung untuk membeli rumah yang bisa Anda terapkan. Walaupun gaji Anda setara UMR, bukan berarti memiliki sebuah hunian impian menjadi hal yang tidak mungkin. Dengan disiplin menabung dan konsisten melakukannya, maka rumah impian akan terealisasi dengan baik.

Baca juga: