Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta?

Menikah merupakan ceremonial penting yang paling ditunggu-tunggu oleh dua sejoli yang tengah dimabuk cinta. Momen ini adalah puncak tahapan dalam memperkuat ikatan cinta antar kedua pasangan.

Akan tetapi, indahnya momen pernikahan sering menimbulkan persoalan lain yang erat kaitannya dengan finansial. Lalu, adakah tips yang bisa dilakukan untuk terlepas dari persoalan ini?

Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Gaji 2 Juta 

Jika Anda memiliki kemampuan dalam segi penghasilan yakni berupa gaji Rp 2 juta saja setiap bulannya, bukan menjadi halangan untuk merealisasikan rencana pernikahan yang diimpikan. 

Bahkan dengan gaji tersebut Anda juga bisa menerapkan cara menabung untuk menikah dalam setahun

Penasaran dengan cara maupun tipsnya? Tanpa berlama-lama berikut ini cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta:

1. Tentukan Rincian Biaya Pernikahan

Rincian Biaya Pernikahan

Rincian Biaya Pernikahan

Cara menabung yang benar adalah, Anda harus menentukan terlebih dahulu target nominal uang yang harus dikumpulkan. Sehingga tugas yang harus Anda lakukan adalah tetapkan dulu rincian biaya pernikahannya.

Pada aspek ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Biaya Venue, sebagai lokasi terselenggaranya pernikahan. Usahakan untuk menetapkan tempat pernikahan yang sesuai dengan kemampuan.
  • Jumlah tamu undangan, jumlah orang yang akan datang pada pernikahanmu juga sangat menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Karena aspek yang satu ini akan berkaitan dengan kapasitas venue, sajian makanan, hingga souvenir yang dibutuhkan.
  • Rias pengantin, dimulai dari segi rias untuk mempelai wanita juga keluarga, pakaian yang akan dikenakan, dan lain-lain.
  • Catering, tentunya aspek ini cukup opsional. Pertimbangkan catering dengan harga yang terjangkau dan sesuaikan dengan tamu undangan yang hadir.
  • Hiburan
  • Biaya lainnya.

Sebagai referensi, biaya pernikahan yang sederhana biasanya akan menghabiskan total Rp 50 juta. Tentu biaya tersebut bisa lebih dan bisa kurang, tergantung dengan pilihan yang telah Anda tentukan.

2. Lakukan Evaluasi Kondisi Keuangan

Dalam menabung untuk merealisasikan target, evaluasi kondisi keuangan yang Anda miliki juga penting. Setidaknya dengan gaji Rp 2 juta setiap bulan, Anda harus mengetahui secara terperinci arus kas keuangan.

Seperti, berapakah pengeluaran untuk membayar kewajiban cicilan/utang, biaya kebutuhan, beramal, dan jumlah uang yang bisa ditabung?

Untuk itu pencatatan keuangan dan alokasi anggaran sangatlah penting. Sehingga evaluasi keuangan dapat dilakukan dengan tepat dan efektif sesuai dengan pos-pos kebutuhannya.

Jika ada pengeluaran yang bisa diminimalisir atau ditekan maka lakukan hal itu. Sehingga kelebihan uangnya pun bisa Anda tabung untuk pernikahan.

3. Tentukan target menabung

Jika Anda telah mengetahui berapa besarnya biaya pernikahan yang ditetapkan serta kondisi secara real dari segi keuangan yang dimiliki, maka Anda bisa menetapkan target menabung.

Intensitas menabung pun dapat Anda lakukan baik secara bulanan atau bahkan mingguan. Sebagai langkah awal, Anda juga bisa menyisihkan uang receh terlebih dahulu setiap harinya.

4. Berinvestasi

Berinvestasi

Berinvestasi

Sebagai salah satu alternatif cara menabung dengan cepat maka lakukanlah investasi. Pada dasarnya dengan gaji 2 juta setiap bulan sedikit sulit untuk menabung untuk pernikahan dalam waktu yang singkat apalagi satu tahun.

Sehingga cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta dalam waktu setahun yang efektif adalah berinvestasi. 

Berinvestasi sendiri adalah kegiatan untuk menanamkan modal. Dari modal tersebut nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu serta nominal tertentu.

Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi sesuaikanlah dengan profil risiko serta kebutuhannya. Contohnya adalah Reksadana pasar uang, saham, obligasi, logam mulia, dan masih banyak lagi.

5. Carilah Penghasilan Tambahan

Jika dengan gaji Rp 2 juta setiap bulan dirasa cukup berat, Anda bisa mencari pemasukan tambahan. 

Penghasilan tambahan sendiri bisa berupa bisnis sampingan, menerima pekerjaan freelance, dan cara-cara lainnya. Akan tetapi yang perlu Anda ingat adalah, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama.

Untuk bisnis sampingan, Anda bisa memanfaatkan situs online untuk menjual suatu barang. Atau Anda bisa menawarkannya ke teman-teman kantor. Kemudian ambillah pekerjaan sampingan di luar jam kerja atau hari libur.

6. Menabung Bersama Pasangan

Opsi selanjutnya adalah, Anda juga bisa berkomitmen menabung bersama untuk menikah dengan pasangan. Sehingga uang yang telah Anda kumpulkan secara bersama dapat digabung dan dikalkulasikan.

Bukalah rekening khusus tabungan bersama pasangan. Sehingga hasil yang diperoleh pun bisa lebih maksimal dan pengelolaannya pun menjadi efektif.

7. Lakukan Pencatatan dan Perencanaan Keuangan

Pencatatan dan Perencanaan Keuangan

Pencatatan dan Perencanaan Keuangan

Dan yang pasti, Anda harus terus melakukan langkah preventif untuk menjaga kondisi keuangan tetap baik. 

Lakukan pencatatan keuangan secara teratur serta pastikan Anda melakukan pengalokasian anggaran dengan tepat sesuai skala prioritasnya.

Menikah merupakan suatu kegiatan yang memerlukan perencanaan keuangan dengan baik. Jangan sampai sakralnya pernikahan menjadi sebuah beban keuangan yang justru menimbulkan masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Setiap pasangan tentu memiliki pernikahan impiannya masing-masing. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui, pernikahan terbaik bukan ditentukan oleh mewahnya sebuah pesta.

Melainkan pernikahan terbaik ditentukan oleh besarnya rasa cinta yang tercurah, baik di dalam acara maupun kehidupan setelahnya. Janganlah Anda terjebak dengan persepsi yang justru merugikan Anda sendiri, pasangan, bahkan keluarga.

Cara menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta tentu bisa Anda lakukan dengan menerapkan tujuh tips di atas. Selamat menabung!

Baca juga: