Apakah berat badan Anda saat ini kurang ideal? Jika berat badan Anda jauh di bawah berat badan ideal, maka sebaiknya Anda simak sedikit ulasan mengenai cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu berikut ini. 

Berat badan yang ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Bukan hanya akan membuat penampilan terlihat enak dipandang, tetapi terdapat manfaat besar di balik berat badan yang ideal. 

Dengan memiliki berat badan yang ideal, maka tubuh Anda juga lebih sehat. Ada banyak sekali ancaman kesehatan jika berat Anda tak ideal. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dan beberapa tips cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu secara alami berikut.

Bahaya Berat Badan Tak Ideal

Bahaya Berat Badan Tak Ideal

Bahaya Berat Badan Tak Ideal

Jangan mengira jika badan yang terlalu kurus itu baik. Memang bagi sebagian orang, tubuh yang sangat langsing dan cenderung kurus justru menarik untuk dilihat. Namun, sebenarnya berbagai bahaya bisa saja terjadi akibat tubuh yang terlalu kurus. Berikut beberapa bahaya jika badan terlalu kurus;

  1. Masalah kesehatan tulang
  2. Masalah kesehatan gigi, kulit dan rambut
  3. Anemia
  4. Badan lemas
  5. Pertumbuhan terganggu

Bahaya-bahaya itu mengintai siapa saja yang memiliki berat badan yang tak ideal, sehingga lebih baik umpamakan berat badanmu supaya menjadi lebih stabil.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setelah mengetahui bahaya yang bisa ditimbulkan dari badan yang terlalu kurus, sebaiknya segera Anda ukur berat badan Anda. Cara menghitungnya adalah menggunakan rumus Broca berikut ini;

Untuk pria, berat badan ideal adalah : [tinggi badan – 100] – [(tinggi badan – 100) x 10%], jadi misal tinggi Anda adalah 170 cm maka cara menghitungnya adalah : [170 – 100] – [(170 – 100) x 10%] = 70 – 7 = 63. Jadi berat badan ideal Anda adalah 63kg.

Sedangkan untuk wanita, rumusnya adalah [tinggi badan – 100] – [(tinggi badan – 100) x 15%], jadi misal tinggi Anda adalah 158 cm maka cara menghitungnya adalah : [170 – 100] – [(170 – 100) x 15%] = 58 – 8,7 = 49,3. Jadi berat badan ideal Anda adalah 49,3kg.

Tentu akan menjadi masalah jika ternyata setelah dihitung menggunakan rumus tersebut ternyata berat badan Anda jauh di bawah berat badan ideal. Dan sepertinya saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk membaca dan mempraktekkan cara menaikkan berat badan 5kg dalam seminggu berikut ini.

Cara Alami Menambah Berat Badan

Berat Badan

Berat Badan

Untuk menambah berat badan agar menjadi ideal bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara alami menambah berat badan 5kg dalam seminggu berikut;

1. Memperbanyak Konsumsi Susu

Sebagai salah satu upaya untuk menaikkan berat badan, Anda bisa memperbanyak konsumsi susu dan berbagai bentuk olahan susu lainnya seperti es krim, puding hingga yoghurt. Beberapa olahan susu tersebut sangat ampuh untuk membantu menaikkan berat badan Anda.

2. Sering Makan

Selain memperbanyak mengkonsumsi susu dan varian olahannya, makan dengan intensitas yang sering juga bisa membantu Anda menaikkan berat badan. Makanlah sesering mungkin semampu Anda. Karena biasanya tubuh yang kurus terjadi akibat nafsu makan yang sangat rendah.

Jadi untuk membantu menaikkan berat badan Anda maka sebisa mungkin ubah mood untuk makan. Bangkitkan gairah Anda untuk mengkonsumsi makanan. Jika itu sudah terjadi maka makanlah dengan sesering mungkin dengan jarak sekitar 5 jam sekali untuk makan besar.

3. Perbanyak Asupan Kalori

Kalori yang banyak akan membantu menaikkan berat badan. Jadi jika ingin berat badan Anda naik maka perbanyak asupan kalori. Dengan perhitungan perbanyak 20% lebih banyak asupan kalori dibanding hari-hari sebelumnya. 

Jika sebelumnya Anda mengkonsumsi 2000 kalori maka konsumsi 2400 kalori untuk menaikkan berat badan. Dengan begitu berat badan Anda akan semakin bertambah dari sebelumnya.

4. Porsi Makan Ditambah

Sebagai salah satu cara untuk menambah berat badan adalah dengan cara menambah porsi makan. Untuk membantu menaikkan berat badan maka tambahlah porsi makan Anda dari sebelumnya. Namun juga perlu diperhatikan mengenai makanan yang Anda makan.

Jangan mengkonsumsi sembarang makanan tetapi tetap konsumsi makanan yang sehat. Dengan porsi makanan yang ditambah maka dijamin berat badan Anda akan semakin bertambah.

5. Jangan Sepelekan Sarapan

Bagi sebagian orang sarapan adalah rutinitas yang sepele, namun tentu tidak bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan. Sarapan sebenarnya sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar selama menjalankan aktivitas. Sarapan juga memegang peranan penting dalam membantu menambah berat badan. 

Untuk menaikkan berat badan, sebaiknya Anda selalu sarapan. Dan lebih baik lagi Anda menambahkan sebutir telur dalam menu sarapan. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi jus buah ketika Anda sarapan.

Beberapa cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu yang disebutkan di atas akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki berat badan di bawah berat badan ideal. Segera praktekkan dan semoga berhasil.

Baca juga: