Tak bisa dipungkiri, kini TikTok sudah menjadi platform sosial media yang sama populernya seperti Instagram dan Facebook. Ini karena adanya konten menarik seputar video lucu, challenge, edukasi, dan lain sebagainya. Melihat hal ini, banyak pengguna TikTok yang mulai mencari cara menambah followers TikTok di internet. 

Selain itu, Anda sebagai pengguna TikTok pun harus kreatif dalam membuat konten-konten yang menarik audiens. Namun sayangnya, hal tersebut berpengaruh pula pada jumlah followers yang ada. 

Bila followers Tiktok masih sedikit, mungkin keinginan untuk membuat video menjadi musnah. Berangkat dari hal ini, kami akan berikan informasi seputar menambah followers TikTok dengan mudah dan gratis! Mau tanya caranya? Yuk langsung disimak!

Tips Pintar Menambah Followers Tiktok Secara Gratis 2021

1. Tentukan dan Cocokan Target Audiens

Prinsip utama platform TikTok adalah: semakin banyak orang yang menonton video mu, maka semakin besar pula peluangmu untuk masuk ke FYP atau For You Page. Dari sinilah banyak pengguna TikTok yang akhirnya mendapatkan followers secara cuma-cuma. 

Meskipun TikTok termasuk media sosial, namun Anda tetap harus menentukan target audiens dan berfokus pada jenis konten yang ingin dibuat. Bukan apa-apa, ini bertujuan agar konten bisa terarah dan lebih spesifik.

Misalnya Anda ingin membuat video TikTok sebagai hiburan, maka buatlah konten menarik yang mengundang gelak tawa. 

Atau Anda yang hobinya ber-makeup, tentu bisa menghadirkan tutorial makeup yang beragam. Inti dari semua itu adalah, cari target audiens yang sesuai dengan jenis kontenmu.

2. Optimasi Profile

Semua aspek di TikTok pastinya punya kontribusi penuh untuk menunjang tingkat popularitas. Meskipun itu hanya bagian kecil seperti foto, username, hingga deskripsi yang ada pada akun TikTok. Untuk itu, sebaiknya buat optimasi TikTok yang saya sarankan seperti dibawah ini:

  1. Pertama, gunakan foto profil yang profesional dengan memperhatikan kualitas gambar, angle dan mode yang tepat.
  2. Kedua, gunakan nama asli, atau bisa pula sisipkan niche konten yang Anda pilih.
  3. Ketiga, bikin deskripsi secukupnya yang mencangkup semua aspek penting pada akun TikTok mu.

3. Mengikuti Tren

Mengikuti Tren

Mengikuti Tren

Cara menambah followers TikTok 2021 gratis selanjutnya adalah dengan mengikuti trend terbaru. Ya, di dalam platform ini TikTok menyediakan tren umum untuk ditiru dan diikuti. 

Misalnya seputar dance, challenge dan masih banyak lagi. Para user pun akan menampilkan dance populer dengan lagu-lagu yang sedang hits di masyarakat. 

Nah, mengikuti trend seperti ini menjadi salah satu cara agar profilmu di kunjungi. Ini terjadi karena ketika challenge/trend tersebut sedang marak, maka banyak pengguna yang akan melihat topik atau tagar tersebut.

Inilah kesempatan Anda untuk unjuk gigi yang berdampak pada penambahan followers aktif. 

4. Ciptakan Trend dan Challenge Sendiri

Cara menambah follower TikTok tanpa aplikasi selanjutnya adalah dengan menciptakan trend atau challenge sendiri. Anda bisa mengajak para audiens bergabung hingga akhirnya menjadi viral dan diikuti. 

Meskipun cara seperti ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang memiliki followers cukup banyak, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Siapa tahu trend tersebut disukai para audiens dan akhirnya penambah followers mu.

5. Buatlah Konten yang Tidak Terlalu Mirip dengan Orang Lain

Jangan salah, konten video berperan penting untuk menaikkan jumlah followers

Terbukti dari beberapa pengguna TikTok yang sudah verified akun (bercentang) karena followers yang tinggi disertai video menarik di dalamnya. Itu artinya, janganlah sekedar membuat video lip sync ataupun challenge yang tidak jauh berbeda. 

Misalnya Any Song Challenge, yang mana sudah diikuti 10 juta orang dengan format yang sama. Kemudian Anda ikut membuat video tersebut, coba tebak apa yang terjadi? Mungkin saja followers mu akan merasa bosan saking banyaknya video tersebut bukan?

Sebenarnya membuat video yang sama tak ada salahnya. Hanya saja Anda bisa memodifikasi challenge atau trend tersebut dengan gaya dan ciri khasmu. Selain itu, bisa pula dengan mengikuti berita yang sedang viral untuk mendapatkan inspirasi.  

6. Lakukan Kolaborasi

Mungkin beberapa dari Anda masih kurang percaya diri untuk melakukan single player. Nah inilah waktunya untuk memaksimalkan video dengan fitur kolaborasi bersama muser lainnya. 

Namun untuk melakukan hal ini, pilih muser atau TikToker yang setara denganmu. Karena kebanyakan pengguna TikTok yang sudah populer tidaklah mudah untuk diajak collabs bersama.

7. Manfaatkan Hashtag

Manfaatkan Hashtag

Manfaatkan Hashtag

Anda pengguna sosial media pasti sudah tak asing dengan yang namanya hashtag. Hashtag ini akan ditambahkan pada video yang dibuat sesuai topiknya. 

Hal ini juga berlaku sebagai cara menambah follower TikTok dengan mudah, dimana Anda bisa menambahkan hashtag relevan untuk jangkauan audiens yang lebih luas. 

Misalnya menggunakan hashtag “makeup” atau “skincare”. Tentunya para audiens akan mencari postingan tersebut dan mengikuti akunmu. Mudah bukan?

Nah itulah beberapa cara menambah follower TikTok secara gratis. Jangan lupa diterapkan ya! Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga: