Cara menanam bawang merah di pot pastinya akan berhasil maksimal jika proses perawatannya sendiri dilakukan dengan benar dan teratur setiap hari. Lantas mari kita cermati dari dasar, bagaimana cara menanam bawang merah di pot yang tepat. Simak pada penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Cara menanam bawan merah di dalam pot

1. Siapkan Bahan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan nantinya. Pot untuk menanam, tanah, kotoran hewan sebagai pupuk, dan sekam. Setelah semuanya sudah siap, Anda bisa memulai langkah terpentingnya, yaitu proses memilih bawang yang akan ditanam.

2. Memilih Bawang

Setelah menyiapkan peralatan, langkah yang paling penting ialah memilih bawang merah yang akan ditanam. Pilih bawang merah yang sehat dan tua dengan kulit mengkilap. Hal itu dilakukan supaya hasil panennya maksimal dan terhindar dari kemungkinan busuk sebelum panen.

Sebenarnya ada lagi jenis bawang merah yang bisa lebih maksimal untuk ditanam di dalam pot. Bawang itu adalah bawang merah jumbo berusia 3 bulanan yang masih berakar dan dengan daun yang sudah mengering. Cara menanam bawang merah di pot untuk bawang jumbo ini pada dasarnya sama dengan cara yang dilakukan bawang biasa.

3. Potong Pucuk Bawang

Step menanam bawang merah selanjutnya adalah memotong sedikit bagian atas bawang merah. Potong sedikit pucuk bawang merah dengan tujuan mempercepat tumbuhnya tunas daun. Ujung yang dipotong ini sebagai tempat tumbuhnya tunas, sementara ujung lainnya ditanam dalam tanah.

4. Menanam Bawang merah

Menanam Bawang merah

Menanam Bawang merah

Kamu bisa menanam bawang merah di pot rumah dengan komposisi sekam+tanah+kotoran hewan masing-masing 1 : 1. Campur semuanya dan masukan ke dalam pot yang akan dijadikan tempat menancapkan bawang. 

Proses menancapkan ujung bawang di media tanah sebaiknya tidak terlalu dalam, yakni sekitar 5-7 cm saja. Bawang yang ditanam terlalu dalam akan membuat bawang merah mudah membusuk dan menjadikannya tidak dapat tumbuh.

Proses  menanam ini akan mudah dilakukan jika sebelumnya Anda membuat lubang terlebih dahulu, sehingga bawang tidak rusak karena tertekan terlalu kuat. 

5. Perawatan

Setelah mengetahui bagaimana cara menanam bawang merah di pot, langkah terkrusialnya adalah merawat bawang yang baru saja ditanam itu. Lakukan penyiraman sehari sekali dan bisa Anda lakukan pada sore hari setelah Anda selesai berkegiatan. Sebaiknya, cara ini rutin dilakukan demi hasil panen yang banyak nantinya.

6. Tunggu Siap Panen

Menanam bawang merah dalam pot memang sangat menyenangkan dan menguntungkan. Masa awal menanam hingga panen biasanya berkisar 80 hari hingga kita bisa menikmati hasilnya. Biasanya pada hari ke-10, bawang merah yang ditanam tersebut mulai tumbuh tunas.

Selanjutnya pada hari ke-30, biasanya daun tumbuh subur dan Anda bisa menambahkan pupuk NPK. Jangan terlalu banyak, cukup berikan 1 sendok dengan ukuran kecil untuk satu pot tanaman. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengikat bagian tengah daun bawang supaya sinar matahari bisa rata ke semua tanaman. Sinar matahari sangat penting untuk proses tumbuh kembang bawang merah, sebaiknya Anda jangan lewatkan tahap ini. 

7. Siap Panen

Setelah usianya mencapai 80 hari, biasanya bawang merah sudah siap panen. Kamu bisa memanen bawang dengan cara mencabut langsung hingga akar. Setelah itu,bersihkan bawang dari tanah yang menempel dan bawang pun bisa Anda gunakan.

Melihat kenyataan jika bawang merah sendiri pasti dibutuhkan setiap kali masak, dengan menanam bawang sendiri, Anda pastinya bisa berhemat banyak. Apalagi harga bawang merah cukup tinggi di pasaran. 

Bayangkan saja, dengan memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk bertanam dalam pot, Anda dapat menghasilkan bawang sendiri untuk keperluan rumah tanggamu. Jika memang kegiatan ini ditekuni, ada kemungkinan jika Anda juga bisa menjual bawang yang Anda produksi. Menarik kan?

Setelah mengetahui cara menanam bawang merah di pot di atas, apa Anda tertarik? Selain menerapkan step by step tersebut, konsisten dalam memeliharanya setiap hari juga penting. Tidak perlu repot, dengan menyempatkan waktu menyiram dan memberi bawang pupuk juga sudah cukup. Yuk, mulai dari sekarang.

Baca juga: