Cara mengatasi laptop lemot agar tidak menghambat pekerjaan atau tugas anda. Laptop tentunya menjadikan sarana atau alat penting dalam mendukung pembelajaran ataupun pekerjaan. Selain itu, bagi para pemain game dan desainer tentunya membutuhkan ukuran penyimpanan yang besar.

Namun apabila digunakan terus-menerus ataupun sudah beberapa tahun. Tentunya laptop tersebut bisa saja akan bermasalah. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah laptop menjadi lambat atau lemot. Apabila hal itu terjadi, dapat menghambat tugas-tugas yang seharusnya bisa selesai secara lebih cepat. Laptop yang sudah lemot dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Simak Cara Mengatasi Laptop Lemot

Membersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup Laptop

Hal yang menyebabkan laptop menjadi pelan, apabila menaruh beberapa aplikasi di desktop. Saat menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, tentu hal ini tidak akan menjadi masalah. Terkadang lupa menaruh terlalu banyak aplikasi pada desktop. Sehingga menyebabkan laptop lemot untuk respon perintah dari penggunanya.

Selain itu, perlu melihat aplikasi yang berjalan saat laptop sedang dalam aktivitas startup. Seperti halnya antivirus adalah aplikasi penting, meskipun aplikasi yang berjalan saat laptop startup. Cara agar laptop tidak lemot, sebaiknya tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan saat laptop startup. Aplikasi tersebut menjadi working in background yang diam-diam membutuhkan kapasitas RAM.

Menggunakan Antivirus

Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah dengan menggunakan antivirus. Seperti halnya dengan manusia, laptop juga bisa terkena penyakit. Sehingga dapat mengakibatkan pada penurunan performa laptopnya. Maka agar laptop tidak lemot sebab ada virus, anda dapat menggunakan antivirus terbaik untuk hilangkan segala macam virus.

Selain itu, juga perlu untuk selalu memeriksanya secara rutin. Cara membuat laptop tidak lemot juga dengan melakukan update antivirus. Hal juga penting agar berbagai macam virus dapat diketahui dengan antivirus yang sudah terinstall.

Baca Juga: Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Uninstall Aplikasi Penyebab Laptop Lemot

Terkadang ingin mencoba berbagai aplikasi apabila sudah memiliki laptop. Namun saat terlalu aplikasi yang diinstal, maka kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh. Sehingga membuat sistem di laptop terlalu lama membaca hardisk.

Hal itu akan merupakan salah satu penyebab laptop jadi lemot pada efek jangka panjangnya. Perlu cara untuk mengatasi laptop lemot sebab terlalu banyak aplikasi yang diinstall. Anda bisa melakukan dengan uninstal berbagai aplikasi yang tidak perlu atau jarang terpakai.

Perlu untuk menyeleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Selain itu, aplikasi yang tidak sengaja terdownload saat tengah melakukan browsing. Setelah itu, apabila melakukan download konten dari situs tertentu ataupun pada saat melakukan install.

Sebaiknya anda menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai memori di laptop anda penuh karena beberapa aplikasi yang tidak digunakan. Sehingga hanya akan menyebabkan kinerja laptop anda menurun.

Menyesuaikan Penggunaan Aplikasi

Apabila memaksakan kinerja RAM dengan menjalankan aplikasi yang berlebihan, hal itu tentunya menjadikan salah satu faktor laptop lemot. Seperti halnya saat bermain game, anda juga membuka aplikasi pemutar musik yang secara bersamaan.

Pada pemrosesan game saja sudah berat, namun masih menambah dengan pemutar musik. Perlu untuk menyesuaikan pemakaian aplikasi dengan spesifikasi pada laptop. Selain itu, juga bisa aktifkan task manager dalam mengendalikan penggunaan RAM. Tentunya  saat menjalankan beberapa aplikasi secara sekaligus.

Paksa Shutdown Laptop

Cara mengatasi laptop ngelag, anda bisa mencobanya dengan memaksa shutdown laptop. Cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Hanya perlu menekan tombol “Power” selama 5 detik, maka secara langsung laptop atau komputer akan mati. Setelah itu, anda bisa untuk mencoba menghidupkannya kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang dapat anda coba gunakan.