Ketika ingin mengikutkan kenari ke suatu perlombaan, tentu anda berharap kenari agar tampil semaksimal mungkin, fit, memiliki kicauan yang panjang dan indah.

Pelajari cara mengatur settingan kenari lomba di bawah ini untuk memaksimalkan performa saat lomba.

Perawatan Harian Kenari

Kemenangan kenari tidak hanya datang dari perawatan H-7 lomba saja, tapi juga dari perawatan harian kenari. Karena mental dan kesehatan fisik kenari tentu harus dipupuk jauh hari sebelum hari perlombaan, bukan hanya seminggu sebelumnya.

Untuk merawat kenari dengan baik, pastikan anda benar-benar mengenali mereka. Kenali karakter dan kesukaan mereka. Makanan apa yang menjadi favorit mereka, dan makanan yang mana yang membuat birahinya meningkat.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu memberikan kenari berbagai jenis makanan dan melihat apa efek yang ditimbulkan. Misal, anda bisa memberikan  telur hari ini, kemudian kroto lalu apel di hari yang lain.

Melatih Mental Kenari Lomba

Ini adalah poin penting untuk kenari lomba. Karena kenari yang tidak kuat mentalnya cenderung minder ketika dilombakan. Jadi, anda perlu memastikan dan melatih mental kenari.

Setiap anda keluar, anda bisa membawa kenari agar terbiasa dengan lingkungan yang ramai. Kemudian pindahkan sangkar kenari secara berkala, supaya ia bisa terlatih beradaptasi dengan lingkungan baru.

Sesekali bawa ia ke arena lomba agar ia terbiasa mendengar suara kicauan burung lain. Bisa juga anda sandingkan sangkarnya dengan burung yang sudah lebih mapan dalam segi mental. Ia akan mudah belajar dan meniru.

Kenari ngedur panjang berawal dari kenari yang bagus dan mapan dalam segi mental. Jadi, perhatikan baik-baik dan pelajari cara mengatasi apabila mentalnya terganggu.

Melatih Kenari Lomba agar Bersuara Panjang

Tidak hanya mental yang perlu dilatih sebelum kenari mengikuti ajang perlombaan. Ia perlu dilatih pernapasannya agar bisa bersuara panjang dan bervariasi.

Inilah salah satu rahasia kenari ngedur panjang. Keluarkan kenari anda di kandang umbaran sewaktu menjemurnya. Strategi ini terbukti bisa membuat burung lebih aktif. Cukup satu jam menjemur, kemudian masukkan kembali burung ke dalam sangkar harian.

Jangan lupa beri kerodong di malam hari agar kenari tidak berkicau sepanjang hari hingga kelelahan. Ini juga melindungi dari cuaca dingin serta gigitan nyamuk.

Perawatan Kenari Mendekati Hari Perlombaan

Mendekati hari perlombaan, kenari anda perlu perawatan yang lebih intensif. Sekitar tujuh hari sebelum lomba, sebaiknya burung kenari diisolasi atau diberikan ruang terpisah. Tujuannya, agar ia tidak mendengar kicauan burung lain.

Setiap pagi, mandikan burung kenari sampai basah kemudian jemur. Namun, perhatikan karakter kenari anda terlebih dahulu. Dua atau satu hari sebelum lomba, jangan menjemur kenari terlalu lama, cukup tiga puluh menit saja.

Berikan makanan tambahan (extra  fooding/EF) selain makanan pokok. Ini bisa berbeda dari kenari satu dan lainnya. Anda bisa bandingkan mana yang kenari suka, apakah sawi hijau, apel, telur, kroto atau mungkin buah pir. Selain itu, anda bisa memberikan vitamin tambahan.

Dalam rangka meningkatkan birahi sebelum lomba, anda bisa memberikan extra fooding lagi. Bisa berupa telur puyuh, kroto, pir atau bahkan mentimun. Tergantung kenari anda lebih cocok yang mana.

Terakhir, ketika di arena lomba sebaiknya anda menyemprot kenari. Ini juga merupakan upaya meningkatkan birahi kenari. Jika dibutuhkan, semprot lebih banyak. Jika tidak, semprot secukupnya saja.

Itulah perawatan kenari juara lengkap. Anda bisa melaksanakannya satu demi satu agar setingan kenari lomba anda bisa maksimal.