Bagi para pelajar, mahasiswa, dosen, atau tenaga pendidik, tentu tidak asing lagi dengan Mendeley. Software ini sangat penting karena memudahkan Anda membuat sitasi yang baik. Namun, masih banyak orang yang belum tahu cara memakainya, sehingga panduan cara menggunakan Mendeley menjadi sangat penting.

Kebanyakan pelajar seperti mahasiswa dan dosen sering kesulitan menuliskan sitasi atau daftar pustaka dengan baik. Penyebabnya karena banyak sumber yang harus di-input. Alhasil, beberapa sumber terlewatkan atau penulisannya salah.

Inilah mengapa Mendeley sangat penting, karena Anda bisa menghindari masalah tersebut. Terlebih berbagai kampus atau pun editor jurnal dunia menyarankan penggunaan Mendeley agar kualitas karya ilmiah yang ada semakin baik.

Cara Menggunakan Mendeley

Cara menggunakan Mendeley secara manual sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi, Anda harus mengikuti beberapa tahapan di bawah ini sebelum bisa memakainya dengan baik.

Instalasi Software Mendeley

Langkah awal yang harus Anda lakukan pastinya adalah install software Mendeley itu sendiri. 

Software ini support untuk OS Windows atau iOS. Pastikan sistem operasi komputer selalu update agar penggunaan software menjadi lancar. Oleh karena itu, untuk pengguna Windows sebaiknya memakai versi 8.1 atau windows 10. 

  • Lanjutkan dengan klik software yang telah Anda download dan tunggu sampai selesai
  • Kemudian, buka software Mendeley dan lakukan proses registrasi 
  • Nantinya akan muncul tampilan baru dan Anda harus input info pribadi seperti email, nama, dan lainnya
  • Seusai menyelesaikan hal ini, Anda buka kembali software Mendeley tersebut dan log in dengan memakai email serta password yang telah Anda setting sebelumnya

Sinkronisasi dengan MS Word

Seusai melakukan instalasi, sekarang Anda harus sinkronkan software Mendeley dengan Ms. Word yang tersedia di PC masing-masing. Jika hal ini tidak Anda lakukan, maka sitasi yang ada di Mendeley tidak akan memberikan perubahan pada dokumen masing-masing.

Oleh karena itu, sinkronisasi Mendeley desktop juga wajib Anda ketahui. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi Mendeley kemudian buka menu tools
  • Selanjutnya, klik opsi install Ms, Word plugin
  • Pastikan Anda tidak sedang menjalankan software word tersebut. Jika tidak, nanti Mendeley akan memberi peringatan untuk menyimpan pekerjaan Anda
  • Setelah itu tunggu sampai proses instalasi selesai seluruhnya
  • Bukalah Ms. Word kemudian menu reference. Nantinya akan muncul fungsi Mendeley pada halaman word masing-masing

Cara Membuat Sitasi

Cara Membuat Sitasi

Cara Membuat Sitasi

Sekarang Anda tinggal mengetahui cara menggunakan Mendeley untuk skripsi dan tulisan ilmiah lainnya. Fungsi pertama dari perangkat lunak ini adalah membuat sitasi yang bisa berupa kutipan kata, kalimat, catatan kaki, dan lainnya. Adapun langkah pengerjaannya antara lain:

  • Input terlebih dahulu jurnal yang ingin Anda jadikan sebagai sumber tulisan ke software Mendeley di PC masing-masing
  • Anda bisa melakukan hal ini dengan klik menu file kemudian add file pada aplikasi Mendeley
  • Langkah selanjutnya adalah dokumen Anda dalam Ms. Word
  • Setelah dokumennya terbuka, Anda klik menu reference
  • Selanjutnya Anda tinggal mengatur style sitasi. Pada Mendeley terdapat dua style yang umumnya dipakai di seluruh dunia. Style tersebut APA style ataupun Harvard. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Kemudian, Anda tinggal menekan tombol insert citation
  • Nanti akan muncul kolom kecil yang harus Anda isi dengan nama pengarang berikut judul jurnal atau bukunya.
  • Terakhir, tekan tombol OK

Nantinya, sitasi tersebut akan muncul dengan sendirinya pada halaman yang Anda inginkan. Anda bisa mengatur letak sitasi dengan mudah. Namun, pastikan arah kursor berada di tempat yang Anda inginkan agar tidak perlu mengaturnya kembali.

Membuat Daftar Pustaka

Selain sitasi, Anda juga harus tahu cara menggunakan Mendeley untuk jurnal terutama pada bagian daftar pustaka. Dahulu, Anda harus mengetik daftar pustakanya satu per satu. 

Namun, dengan Mendeley hal ini dapat Anda lakukan secara instan tanpa khawatir adanya salah penulisan. Cara melakukannya juga sangat mudah, yaitu:

  • Buka halaman daftar pustaka pada dokumen masing-masing
  • Kemudian klik menu reference, lanjut dengan insert bibliography
  • Daftar pustaka Anda telah terisi dengan sendirinya

Namun, Anda harus memeriksa aturan penulisan tugas akhir di buku panduan masing-masing. Karena setiap kampus bisa saja memiliki aturan yang berbeda. Anda tetap bisa memakai Mendeley kemudian tinggal edit sedikit agar sesuai dengan buku panduang yang dimiliki.

Sekarang terdapat aplikasi Mendeley yang bisa Anda download baik dari Google Play Store ataupun App store. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengatur referensi karya tulis ilmiah dengan mudah pada smartphone masing-masing.

Cara menggunakan Mendeley di atas bisa Anda praktekkan dengan mudah. Manfaat software ini juga sangat banyak dan bisa Anda pakai baik untuk penulisan artikel ataupun karya ilmiah dengan kualitas yang lebih baik.

Baca juga: