Kebutuhan akan kuota internet dewasa ini semakin pelik, karena mau tak mau kita harus terhubung ke sambungan internet untuk mengakses berbagai keperluan, mulai dari bisnis hingga infotainment. Lantas bagaimana cara menghemat kuota ini?

Jika pemakaian internet Anda mengonsumsi kuota dalam jumlah besar, maka akan semakin besar pula jatah pengeluaran yang harus Anda gelontorkan. Hal ini mengingat harga pulsa atau kuota internet di Indonesia cenderung cukup mahal. 

Untuk itu, agar dompet Anda tak babak belur hanya karena terlalu banyak duit yang harus dikorbankan demi membeli kuota, maka cobalah beberapa cara untuk menghemat kuota all operator berikut ini.

1. Pakai Chrome Data Saver

Salah satu cara menghemat kuota Telkomsel maupun provider lainnya yang menggunakan Chrome browser adalah dengan mengaktifkan fitur yang bernama Data Saver. Jika Anda biasa browsing menggunakan Chrome, maka Anda bisa menghemat pemakaian kuota dengan cara mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan mengaktifkan fitur Chrome Data Saver pada Android tersebut maka Anda bisa menghemat kuota hingga 50%. Karena fitur tersebut mampu mengkompresi data hingga separuh yang biasa Anda gunakan. Untuk mengaktifkannya juga sangat mudah.

Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan pada ponsel, kemudian pilih Data Saver kemudian pilih opsi On. Setelah fitur ini Anda aktifkan maka secara otomatis Chrome akan mengompres atau memperkecil pemakaian data internet ketika Anda browsing.

2. Nonaktifkan Sinkronisasi

Nonaktifkan Sinkronisasi

Cara menghemat kuota Three maupun operator lainnya adalah dengan cara menonaktifkan sinkronisasi yang tak diperlukan. Anda bisa menonaktifkan sinkronisasi pada akun dengan mudah. Caranya masuk ke menu pengaturan kemudian pilih Akun, selanjutnya pilih akun yang tak ingin disinkronkan.

Dengan menonaktifkan sinkronisasi tersebut akan membantu Anda untuk menghemat kuota. Karena akun yang dinonaktifkan sinkronisasinya tidak akan terhubung secara otomatis, sehingga tidak akan menyedot penggunaan data internet Anda. Jadi kuota bisa lebih hemat tentunya.

3. Batasi Penggunaan Data Internet

Pada ponsel Android ada fitur yang bernama Data Usage Warning serta Limit System. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membantu menghemat pemakaian data internet. Cara ini sangat efektif untuk menghemat kuota semua operator maupun ampuh sebagai cara menghemat kuota Indosat.

Dengan membatasi penggunaan data internet maka Anda bisa mengerem penggunaan internet sehingga pemakaian data internet bisa lebih terkontrol agar tidak kebablasan. Karena bukan tak mungkin penggunaan kuota menjadi boros lantaran penggunaan data internet yang tak ada kontrol.

Untuk mengaktifkan fitur ini juga sangat gampang dilakukan. Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan pada ponsel, kemudian pilih Data Usage. Selanjutnya pilih Cellular Data lalu klik Set Cellular Limit. 

Setelah fitur ini diaktifkan maka Anda akan mendapat notifikasi jika penggunaan data internet telah mencapai batas yang Anda terapkan. Meski terkesan sangat sepele namun percayalah, Anda tak akan menyesal setelah mempraktekkannya.

Bagi Anda yang selalu terkoneksi dengan internet, maka tips yang satu ini sangat perlu untuk dilakukan agar penggunaan kuota internet yang Anda miliki tak selalu membengkak. Ini adalah salah satu cara menghemat kuota Telkomsel 4G maupun operator lain yang sangat efektif.

4. Hentikan Aplikasi Penyedot Kuota

Hentikan Aplikasi Penyedot Kuota

Salah satu cara menghemat kuota Axis maupun operator lain yang juga bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memindai aplikasi penyedot kuota internet. Ini juga terkesan sepele, namun tanpa disadari sebenarnya cara ini juga sangat efektif untuk membantu menghemat penggunaan kuota.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan, selanjutnya pilih Data Usage. Kemudian gulir ke bawah dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang mengkonsumsi data internet Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan pemakan kuota internet tanpa Anda sadari.

Untuk menghemat kuota, Anda bisa menghapus pemasangan aplikasi yang paling banyak memakan kuota tersebut. Namun sebelumnya pastikan aplikasi tersebut jarang Anda gunakan. Atau Anda bisa menggantikan aplikasi yang Anda uninstal tersebut dengan versi yang lebih hemat kuota.

Dijaman yang serba modern seperti sekarang ini, penggunaan ponsel pintar memang tak bisa dipisahkan dalam setiap kegiatan. Dan akses ke internet juga jamak dilakukan oleh pengguna ponsel jaman sekarang.

Namun penggunaan kuota yang terlalu boros tentu juga menjadi problem tersendiri. Beberapa cara menghemat kuota internet all operator di atas tentu sangat layak untuk dicoba agar penggunaan kuota tak terlalu boros.

Baca juga: