Baju yang Anda cuci kelunturan? Tidak perlu khawatir, cukup ikuti cara menghilangkan baju kelunturan berikut.

Saat baju Anda terkena noda luntur dari baju yang lain, perasaan pun campur aduk. Kesal, panik, bingung, semuanya jadi satu. Terlebih, baju yang kena noda tersebut adalah baju kesayangan Anda.

Tapi, jangan khawatir. Apalagi, sampai berpikiran membuang baju tersebut. Karena, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda luntur dari pakaian.

Cara Menghilangkan Baju Kelunturan

1. Gunakan Pemutih untuk Baju Putih Polos

Pemutih bisa menjadi cara menghilangkan baju kelunturan pada baju putih. Tetapi, tidak semua baju bisa dibersihkan dengan pemutih. 

Anda hanya perlu merendam pakaian dalam seember air yang dicampur satu tutup botol pemutih. Rendam selama 1 jam, kemudian cuci seperti biasa.

Pastikan Anda sudah memeriksa label pakaian. Karena, tidak semua pakaian bisa dibersihkan dengan pemutih.

Cara ini tentu tidak bisa diterapkan untuk baju bermotif dan berwarna. Anda perlu cara lain agar noda luntur bisa hilang.

2. Gunakan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mempunyai sifat asam. Ini cukup efektif menghilangkan noda luntur. 

Cara membersihkan nodanya yaitu dengan membelah belimbing wuluh menjadi dua. Lalu, gosokkan pada noda yang ada di baju. Kemudian, biarkan selama 30 menit.

Setelah itu, cucilah baju sebagaimana biasanya. Jangan lupa pakai detergen. 

3. Gunakan Lemon

Lemon Untuk Menghilangkan Noda

Lemon Untuk Menghilangkan Noda

Suka minuman lemon yang asam dan segar? Ternyata, lemon juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda luntur. Ini karena lemon bersifat asam.

Langkah yang perlu dilakukan adalah memeras lemon. Kemudian, campurkan dengan air rendaman baju. Anda juga bisa menambahkan detergen dan garam.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan noda luntur pada baju yang berwarna maupun yang putih.

4. Manfaatkan Jeruk Nipis di Dapur

Jika lemon dan belimbing wuluh sulit dicari, Anda bisa menggunakan jeruk nipis. Bahan ini lebih mudah didapat. Biasanya, jeruk nipis ada di dapur untuk menghilangkan bau amis bahan makanan.

Namun, jeruk nipis juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda luntur di baju. 

Untuk menggunakannya, gosok potongan jeruk nipis pada bagian yang kelunturan. Lakukanlah selama 5 menit. 

Diamkan beberapa saat, kemudian cuci seperti biasa dengan detergen dan air. 

Selain untuk menghilangkan noda luntur, jeruk nipis juga mampu menyingkirkan noda kuning pada baju putih. 

5. Pakai Cuka

Cuka bersifat asam, sama seperti bahan yang disebut sebelumnya. Bahan ini biasanya dipakai sebagai campuran pada makanan.

Bahan yang satu ini pun juga bisa dipakai untuk menghilangkan noda luntur. 

Caranya, campurkan cuka, air hangat, garam, dan detergen. Kemudian rendam pakaian dalam campuran tadi. Tunggu 15 hingga 30 menit. 

Setelah itu, cucilah pakaian seperti biasanya. 

6. Manfaatkan Vetsin atau Micin

Selama ini, masyarakat kenal micin sebagai penyedap makanan. Tapi ternyata, bahan ini bisa dipakai untuk mengatasi baju kelunturan juga. 

Pertama, campurkan micin, detergen, dan air hangat. Perbandingan antara micin dan detergen adalah 3:2. 

Lalu, rendam pakaian ke dalam larutan tersebut. Barulah pakaian dicuci seperti biasa.

7. Gunakan Baking Soda

Baking Soda Untuk Menghilangkan Noda

Baking Soda Untuk Menghilangkan Noda

Baking soda umumnya dipakai oleh masyarakat untuk membuat kue. Jika Anda baru membuat kue kemarin dan punya sisa baking soda, manfaatkan saja. Karena, baking soda juga bisa mengatasi baju yang terkena noda luntur. 

Caranya dengan mencampurkan detergen dan baking soda. Kemudian, rendam baju yang terkena noda luntur selama 15 menit. Lalu, cuci baju tersebut seperti biasanya.

Namun sayangnya, baking soda tidak lebih efektif dibanding bahan-bahan asam.

8. Coba Pakai Aseton

Pernah memakai kuteks? Aseton adalah bahan yang dipakai untuk menghilangkan kuteks pada kuku. Namun ternyata, ini merupakan bahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan noda luntur.

Yang perlu dilakukan adalah tuangkan aseton pada bagian yang terkena noda. Tunggu selama 30 menit, kemudian cuci pakaian seperti biasa.

9. Rendam dengan Detergen dan Air Panas

Jika pakaian yang terkena luntur belum mencapai sehari, Anda bisa menggunakan detergen. Caranya, campurkan detergen dengan air panas. 

Kemudian, rendam pakaian selama 1 jam. Setelah itu, bilas baju dengan air dingin lalu jemur.

10. Coba Gunakan Alkohol

Alkohol memiliki banyak kegunaan. Bahan ini biasa dipakai untuk dunia medis. Juga dipakai sebagai campuran parfum.

Selain dua kegunaan di atas, alkohol juga bisa dipakai untuk noda luntur. Caranya, oleskan alkohol pada bagian yang terkena noda. Kemudian, kucek dengan detergen.

Ulangi langkah tersebut hingga 3 kali.

11. Pakai Produk Khusus Penghapus Noda

Ada banyak produk pembersih pakaian yang memiliki kandungan khusus untuk menghapus noda. Anda bisa menggunakan produk-produk ini.

Tetapi, bacalah label kemasan sebelum memakai. Pastikan bahwa baju yang akan Anda cuci tidak akan bermasalah saat memakai produk tersebut.

Setelah memastikan semua aman, Anda bisa menggunakan produk tersebut. Cara menggunakannya biasanya tertera pada kemasan.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baju yang kelunturan. Bahan-bahan asam ternyata cukup efektif untuk menghilangkan noda luntur. Kebanyakan bahan yang dipakai di atas mudah ditemukan di rumah, bukan?

Setelah membaca, saatnya Anda mencoba cara menghilangkan baju kelunturan. Bahannya mudah didapat sehingga Anda tidak perlu pusing.

Baca juga: