Apakah air sumur di rumah Anda keruh dan berbau? Atau airnya jernih, tetapi berbau tidak sedap? Tenang, Anda bisa membersihkannya dengan garam. Simak cara menghilangkan bau air sumur dengan garam berikut.

Ciri-Ciri Air Sumur Aman untuk Konsumsi

Air sumur bor dan air PAM merupakan sumber air utama masyarakat. Sebagian besar masyarakat Indonesia bergantung kepada sumur bor untuk persediaan air bersih. Namun, Anda harus tahu bahwa tidak semua air sumur layak untuk dikonsumsi.

Jika ingin menggunakan air sumur untuk konsumsi, Anda harus terlebih dahulu memastikan kualitas air tersebut. Pastikan air layak konsumsi karena air yang kurang bagus bisa menyebabkan diare dan berbagai penyakit lainnya.

Ada beberapa ciri yang dapat Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut:

  1. Air jernih dan tidak berwarna
  2. Tidak berbau
  3. Tawar dan tidak berasa
  4. Air memiliki pH netral, dan
  5. Tidak mengandung zat-zat berbahaya

Untuk ketiga ciri pertama, Anda dapat mengamatinya sendiri secara langsung, sedangkan untuk memastikan pH air bisa memakai kertas lakmus yang dapat Anda dapatkan di toko kimia. Hal yang paling utama adalah memastikan ketiga ciri krusial, yaitu warna, bau, dan rasa.

Penyebab Air Sumur Berbau

Tidak jarang air yang keluar dari sumur bor berwarna keruh dan berbau. Apa penyebabnya?

Ternyata ada beberapa penyebab air sumur Anda menjadi bau. Air sumur bor adalah air tanah yang tersimpan di batuan bawah permukaan. Seringkali, air tersebut tercampur dengan rembesan dari lingkungan sekitar, sehingga menyebabkan air berbau. Bisa juga karena terdapat bakteri dalam air.

Beberapa campuran zat yang menyebabkan air tanah menjadi bau misalnya gas H2S dan unsur-unsur logam seperti mangan serta zat besi. Jika sumur bor terlalu berdekatan dengan septic tank, parit, atau tempat sampah, maka akan terdapat rembesan air yang mengandung H2S. Unsur-unsur logam bisa muncul dari batuan sekitar dan bisa juga sebagai efek samping dari pengeboran.

Air yang mengandung H2S akan berbau seperti telur busuk, sedangkan air yang tercampur mangan selain berbau juga akan berwarna kekuningan.

Kriteria Membuat Sumur Bor

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan sumur bor, terutama  agar air sumur tidak berbau. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Idealnya sumur bor memiliki kedalaman 4 hingga 10 meter.
  2. Jika Anda membangun sumur di tanah yang berpasir, minimal berjarak 7,5 meter dari toilet. Jika tanah tidak berpasir minimal 5 meter.
  3. Bagian atas sumur sebaiknya ditembok beberapa meter agar tidak terjadi rembesan dari air permukaan.
  4. Jangan membuat sumur di lahan bekas pembuangan sampah, karena meskipun sudah tidak lagi terpakai, bakterinya masih tersisa.
  5. Pasang penutup pada sumur agar tidak ada benda yang dapat mengotori sumur.

Bagaimana jika sudah terlanjur mendirikan sumur bor yang tidak sesuai kriteria dan airnya berbau? Anda bisa mengatasinya dengan garam atau tawas. Bisa juga dengan memakai kaporit. 

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Garam

Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Garam

Jika ingin menghilangkan bau air sumur dengan bahan alami, ada beberapa cara. Salah satunya bisa dengan memanfaatkan garam. Ini menjadi opsi yang paling mudah karena garam mudah Anda dapatkan.

Garam bermanfaat karena bisa menyerap dan berikatan dengan zat-zat yang membuat air menjadi bau seperti misalnya H2S. Garam juga mengikat lempung, sehingga air akan lebih jernih.

Langkah menjernihkan air sumur dengan garam adalah sebagai berikut. Pertama-tama, siapkan ember berisi air dan sebungkus garam dapur. Campurkan setengah bungkus garam ke dalam ember dan aduk hingga larutan menjadi rata. Lalu, tuang larutan garam ke dalam sumur dan tunggu selama 6 jam.

Setelah 6 jam, barulah air sumur dapat Anda pakai kembali. Seharusnya bau pada air sumur sudah berkurang.

Perlu Anda perhatikan bahwa cara ini tidak menghilangkan bau secara permanen. Anda harus mengulangi lagi cara ini di lain hari. Lakukan cara yang sama dan tunggu selama 6 jam. 

Cara Mengurangi Bau Air Sumur Lainnya

 Jika ingin menggunakan bahan alami, cara lainnya adalah memakai tawas atau arang tempurung kelapa, sedangkan jika ingin dengan bahan kimiawi Anda dapat memakai kaporit. Tawas bisa Anda peroleh di toko bangunan.

Cara menggunakan tawas untuk air sumur adalah sebagai berikut. Pertama Anda harus menyediakan satu ember air dan tawas. Untuk 1 meter kubik air, tawas yang Anda butuhkan sebanyak 150 gram. Campurkan ke dalam ember sampai menjadi larut lalu tuang ke dalam sumur.

Anda perlu mendiamkannya selama dua puluh hingga tiga puluh menit. Air sumur baru bisa Anda pakai setelahnya.

Selain itu Anda juga bisa memakai kaporit untuk menjernihkan air sumur. Akan tetapi, penggunaannya tidak boleh terlalu banyak karena berbahaya untuk konsumsi.

Cara terakhir adalah menggunakan filter air. Namun, filter air cukup mahal harganya dibandingkan cara-cara menjernihkan air lainnya.

Itulah cara menghilangkan bau air sumur dengan garam. Semoga bermanfaat dan membantu menghilangkan bau pada sumur di rumah Anda.

Baca juga: