Memelihara kucing memang menyenangkan. Ada-ada saja tingkah anak bulu yang membuat kita gemas. Namun, sering juga kucing-kucing membuat kita pusing kepalang. Apalagi ketika mereka buang air sembarangan. Ayo bahas cara menghilangkan bau kencing kucing di sini.

Alasan Kucing Buang Air Sembarangan

Biasanya ketika sudah kita melatih kucing membuang air di kotak pasir, anabul atau anak bulu akan konsisten buang air di situ. Namun, terkadang kita mendapati hewan peliharaan kita pipis sembarangan. Ada alasan khusus yang menyebabkan kucing bisa buang air tidak pada tempatnya.

Alasan pertama adalah saat kucing masih bayi dan belum paham menggunakan pasir. Jika Anda mengadopsi yang terlalu kecil dan belum saatnya pisah dengan induknya, anak kucing belum kenal menggunakan pasir. Anak kucing yang terlalu kecil akan pipis di mana saja, terutama jika mereka merasa kaget atau takut.

Alasan berikutnya, yaitu kucing jantan yang sedang dalam masa birahi. Jika kucing Anda jantan dan tidak sterilisasi, ketika tiba masanya birahi kucing akan menandai daerahnya dengan buang air di mana-mana. Ini mereka lakukan agar tidak tersaingi. Apalagi jika di sekitar rumah terdapat kucing jantan yang lain.

Bisa juga kucing pipis sembarangan karena kotak pasirnya penuh atau sudah kotor. Kucing dengan sifat tertentu ada yang tidak mau lagi buang air di kotak pasir kotor dan malah pipis di tempat lain. Jika kucing Anda seperti ini, Anda hanya perlu rajin membersihkan kotak pasir agar ia tak buang air sembarangan.

Alasan yang terakhir, bisa jadi kucing Anda memiliki gangguan saluran kemih. Kucing yang sedang sakit dan memiliki gangguan kemih tidak bisa mengontrol di mana mereka ingin buang air. 

Biasanya penyakit saluran kemih pada kucing juga cirinya berupa lemas dan kurang nafsu makan. Jika kucing Anda memiliki ciri ini, segera bawa ke dokter. Penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera Anda obati.

Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing

Kucing Lucu

Ada berbagai cara menghilangkan bau urin kucing. Beberapa menggunakan bahan yang mudah Anda cari.

Meskipun menggunakan bahan yang mana saja, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah segera mengeringkan bekas kencing kucing. Jika tidak segera Anda keringkan, bisa-bisa malah meresap dan menjadi semakin bau. Keringkan dengan lap atau handuk.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan macam-macam cara menghilangkan bau.

1. Menghilangkan Bau Kencing Kucing dengan Cuka Apel

Salah satu cara menghilangkan bau kencing kucing di lantai atau pada benda lain adalah dengan cuka apel. Takarannya adalah dua banding satu, yang mana dua bagian berupa air dan satu bagian cuka. Jika perlu Anda bisa juga menambah sedikit deterjen pada campuran tersebut.

Gunakan larutan cuka untuk mengepel dan membersihkan bagian yang terkena kencing kucing. Setelah itu diamkan dahulu selama 15 – 30 menit. Agar bau cuka tidak menyengat, setelah itu bisa Anda gunakan produk pengharum.

2. Menghilangkan Bau Kencing Kucing dengan Baking Soda

Jika tidak memiliki cuka, Anda bisa menggunakan soda kue. Anda bisa menggunakan baking soda bubuk. Baking soda tidak berbau menyengat seperti cuka namun waktu yang Anda butuhkan lebih lama.

Caranya, taburkan baking soda ke bagian yang berbau dan diamkan beberapa jam. Jika punya, Anda bisa menambahkan perasan lemon. Agar lebih optimal Anda bisa membiarkannya setengah hingga satu hari. Kemudian bersihkan bekas baking soda tersebut.

3. Menghilangkan Bau Kencing Kucing dengan Kopi

Cara selanjutnya bisa dengan bahan yang lebih mudah Anda dapatkan yaitu kopi bubuk. Langkahnya tidak rumit, cukup taburkan bubuk kopi di bekas kencing kucing dan diamkan agar kopi menyerap baunya. Anda bisa membiarkannya selama semalam.

Cara ini cocok untuk Anda yang penyuka kopi, karena selain menghilangkan pesing juga membuat rumah beraroma sedap kopi. Tetapi jika Anda tidak menyukai kopi ini tidak disarankan.

4. Menghilangkan Bau Kencing Kucing dengan Karbol

Anda juga bisa menghilangkan bau pesing urin kucing dengan menggunakan karbol atau cairan pembersih lantai. Anda cukup mengepel bagian yang terkena kencing dengan cairan karbol seperti biasa.

5. Menghilangkan Bau Kencing Kucing dengan Vacuum Cleaner

Jika kucing buang air pada karpet, salah satu solusinya adalah menggunakan vacuum cleaner. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner basah yang akan otomatis mengeluarkan air bersih dan menyedot air kotor dari karpet yang Anda bersihkan. Jangan gunakan vacuum dengan uap panas karena aroma tak sedap malah akan meresap.

6. Menghilangkan Bau Kencing Kucing pada Kain

Salah satu cara menghilangkan bau kencing kucing pada kain adalah dengan deterjen. Jika kucing Anda buang air di pakaian atau benda berbahan kain, segeralah cuci jangan sampai sempat mengering. 

Bau kencing kucing biasanya cukup kuat menempel pada kain, sehingga Anda harus mencuci beberapa kali agar bau kencing kucing hilang sepenuhnya.

Itulah tadi tips dan cara menghilangkan bau kencing kucing. Jika anabul Anda kencing sembarangan, ikuti langkah-langkah diatas untuk membersihkan rumah Anda.

Baca juga: