Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki anak di bawah umur 3 tahun, pasti masih suka mengompol, bukan? Apalagi ompol tersebut akan meninggalkan bau yang pesing, tak heran jika kini banyak orang yang mencari cara menghilangkan bau pesing pada kasur

Ya, bau ompol sangatlah menyengat, bahkan dapat menyebar kemana-mana. Kalau sudah begini, tentu akan mengganggu si penghuni. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan bau ompol dengan cepat dan mudah? Yuk langsung simak ulasannya!

Simak Cara Cepat Bersihkan Bau Ompol Pada Kasur

Ada sejumlah cara mudah untuk menghilangkan bau ompol pada kasur, baik itu spring bed ataupun bukan. Caranya sendiri sangatlah mudah, murah dan cepat. 

1. Bersihkan Segera

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika kasur terkena ompol yakni membersihkannya segera. Ini bisa dilakukan dengan mengelap bekas ompol menggunakan handuk atau lap.

Sedangkan untuk mengeringkan, Anda bisa memanfaatkan hair dryer/pengering rambut saat itu juga. Setelah kering, lanjutkan pembersihan dengan menggunakan vacuum cleaner pada permukaan kasur tersebut agar benar-benar bersih.

2. Gunakan Alkohol 70%

Jangan salah, selain untuk membersihkan luka, alkohol juga dapat dimanfaatkan untuk penghilang bau pesing pada kasur yang terkena ompol. 

Caranya sendiri sangatlah mudah, yakni dengan menuangkan alkohol 70% pada kasur tersebut menggunakan handuk bersih. Lalu diamkan hingga beberapa saat. Jika sudah, jemur kasur tersebut di bawah sinar matahari.

3. Gunakan Tepung Maizena

Tepung Maizena

Tepung Maizena

Produk penghilang bau pesing selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bahan di rumah, tak lain adalah tepung maizena. 

Sebarkan tepung pada bagian yang terkena ompol, lalu ambil kain yang sudah dibasahi air untuk menghilangkan sisa tepung. Perlahan, bau pesing pun akan hilang dengan sendirinya.

4. Memanfaatkan Soda Kue

Ada beberapa kasus dimana bau pesing tetap tercium meski kasur sudah dijemur dibawah sinar matahari. 

Jangan panik, Anda bisa menambahkan soda kue pada bagian yang terkena ompol. Setelahnya, diamkan selama 24 jam kemudian gunakan penghisap debu/kain basah untuk membersihkan sisa soda kue.

5. Taburkan Bedak Bayi

Cara satu ini sangatlah mudah, yakni dengan menaburkan bedak bayi selama 30 menit pada bekas ompol. 

Mungkin baunya tak langsung hilang, namun setidaknya dapat mengurangi secara perlahan. Nah jika sudah kering, Anda bisa membersihkan sisa bedak bayi menggunakan vacuum cleaner.

6. Kapur Barus

Cara menghilangkan bau pesing pada ruangan selanjutnya adalah dengan kapur barus yang dibubuhkan. Namun sebelumnya, bersihkan area ompol dengan sabun deterjen. Baru setelahnya keringkan menggunakan pengering rambut. 

Langkah terakhir, diamkan bagian yang yang terkena ompol sampai besok pagi dan bersihkan sisa kapur barus secara tuntas. 

7. Obat Kumur

Obat Kumur

Obat Kumur

Jangan salah, ternyata obat kumur juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ompol, lho! Caranya sendiri sangatlah mudah, yakni dengan mencampurkan obat kumur dengan air bersih. Setelahnya, basahi bagian ompol tersebut dengan obat kumur.

Terakhir, keringkan kasur dengan handuk atau kain bersih. Nah sekarang bau pesing akan hilang selama 1-2 hari.

8. Gunakan Hidrogen Peroksida

Biasanya hidrogen peroksida digunakan untuk membersihkan alat rumah tangga. Namun ternyata bahan ini memiliki fungsi ganda yaitu menghilangkan bau pesing. 

Caranya, oleskan pada area bekas ompol kurang lebih selama 5 menit. Setelahnya, gunakan handuk kering untuk menyerap sisa hidrogen peroksida. Terakhir, lakukan penjemuran agar bau pesing segera hilang pun kasur yang cepat kering.

9. Semprotkan Pewangi Pakaian

Pewangi Pakaian

Pewangi Pakaian

Cara menghilangkan bau ompol dengan downy terbukti ampuh untuk menghilangkan bau pesing pada kasur. Untuk caranya, ikuti langkah mudah ini. 

Pertama, buatlah campuran pewangi pakaian ke dalam botol yang sudah disediakan. Jika sudah, segera semprotkan pada bagian kasu yang terkena ompol. Terakhir, Anda bisa mengeringkan bagian yang basah menggunakan hair dryer atau kipas angin.

10. Menggunakan Handuk Bekas Atau Kain

Jika anak Anda baru saja mengompol, maka bisa langsung dibersihkan dengan handuk bekas dan kering untuk menyerap cairan tersebut. Namun jika sudah beberapa saat, mungkin cara ini kurang cocok sehingga Anda bisa menggunakan cara lainnya. 

11. Hubungi Jasa Pencuci Kasur

Sekarang ini banyak sekali vendor yang menawarkan jasa mencuci spring bed atau kasur. Nantinya mereka akan mengunjungi rumah pemesan untuk melakukan pembersihkan. Nah, cara seperti ini sangat cocok untuk Anda yang tak memiliki waktu untuk menghilangkan noda kasur.

12. Menggunakan Cuka Apel

Cuka Apel

Cuka Apel

Nah, khusus cara ini lebih cenderung kepada kasur yang tidak berbahan spring bed atau tidak menyerap air. 

Caranya sendiri dengan menuangkan cuka apel di bagian yang terkena ompol. Setelahnya, tempelkan kain atau handuk yang sudah dibasahi dengan air. Jika sudah selesai, melakukan penjemuran agar kasur cepat kering.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau pesing pada kasur dengan mudah dan murah. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga: