Saat jam tangan milik Anda berembun, tidak perlu khawatir. Anda bisa mengikuti cara menghilangkan embun di jam tangan

Pernah memakai jam tangan saat kehujanan? Anda mungkin akan melihat jam tangan yang Anda pakai berembun. 

Selain kehujanan, ada hal lain yang bisa membuat jam tangan berembun. Misalnya, saat jam tangan terendam. 

Beberapa jam tangan memang sudah dilengkapi dengan kemampuan tahan air. Akan tetapi, kemampuannya berbeda satu sama lain. Jika jam tersebut terendam di luar batas kemampuannya, air bisa saja masuk.

Selain terendam, perubahan suhu juga bisa menjadi sebab jam tangan berembun. Jam yang disimpan di suhu sangat dingin bisa saja berembun ketika dipakai di suhu yang panas. Atau sebaliknya.

Embun di dalam jam tangan cukup mengganggu. Angka yang ada di dial bisa saja tertutup karena embun di kaca. Tentu hal ini menjadi pemandangan yang tidak menyenangkan, bukan?

Saat itu terjadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Yang pertama, jangan panik. Kemudian, Anda bisa ikuti cara mengatasi embun di jam tangan.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

1. Masukkan ke dalam Beras

Masukkan ke dalam Beras

Beras bukan hanya bisa dimasak untuk dimakan. Benda kecil yang satu ini juga bisa mengatasi embun di jam tangan. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengubur jam tangan pada beras. 

Biarkan jam tangan terkubur dalam beras hingga 30 menit. Setelah itu, lap permukaan jam tangan dengan lembut.

2. Pakaikan Handuk

Handuk juga bisa dipakai untuk menghilangkan embun pada jam tangan. Caranya, bungkuskan handuk pada jam tangan. Hadapkan bagian belakang jam tangan ke arah bawah. 

Kemudian, taruh di tempat terbuka. Akan lebih baik jika Anda menaruhnya di bawah terik matahari.

3. Taruh Bersama Silica Gel

Silica gel kerap ditemukan di kotak sepatu. Benda ini berbentuk butiran kecil yang dibungkus. Benda ini mampu menyerap kelembaban di sekitarnya.

Silica gel juga bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan embun dari jam tangan. Langkah pertama, siapkan kotak. Pastikan keadaannya kering agar tugas silica gel lebih mudah.

Selanjutnya, taruh jam tangan bersama silica gel di dalam kotak tersebut. Lalu, diamkan hingga 1 hari. Anda akan melihat embun pada jam tangan sudah hilang.

4. Keringkan dengan Pengering Rambut

Hairdryer Pengering Rambut

Pengering rambut atau hair dryer biasa dipakai setelah keramas. Tapi ternyata, fungsinya bukan hanya untuk rambut. Jam tangan berembun pun bisa diatasi dengan alat ini.

Caranya dengan mengeringkan jam tangan layaknya mengeringkan rambut. Gunakan suhu paling rendah pada pengering rambut. 

Jangan mengeringkan jam tangan pada jarak yang terlalu dekat. Jarak 15 cm atau lebih sudah cukup.

5. Taruh di Rice Cooker

Tidak semua orang punya pengering rambut. Sebagai alternatif, cobalah gunakan alat yang lebih umum. Yang dimaksud ini, rice cooker atau penanak nasi. 

Langkah yang perlu Anda lakukan hanya menaruh jam tangan di atas alat ini. Taruhlah dengan posisi bagian bawah jam tangan menyentuh rice cooker. Panas yang dihasilkan rice cooker dapat mengeluarkan embun pada kaca jam tangan.

6. Manfaatkan Laptop

Selain untuk mengerjakan tugas, laptop bisa mengatasi masalah jam tangan berembun. Udara panas yang dihasilkan laptop saat digunakan bisa menghilangkan embun di jam tangan. Udara panas akan mengalir dengan baik pada laptop dengan kipas prosesor. 

Anda hanya perlu meletakkan jam tangan di samping laptop. Panas yang dihasilkan bisa menghilangkan embun pada jam tangan. Anda juga bisa menggunakan laptop selagi menunggu.

Selain menghindari kebosanan, menggunakan laptop akan memacu prosesor terus bekerja. Prosesor akan memberikan panas yang lebih tinggi. Tapi, jangan terlalu memaksakan.

7. Pakai Lilin yang Menyala

Pakai Lilin yang Menyala

Anda tidak mau memakai alat elektronik? Punya banyak lilin yang tidak dipakai? Manfaatkan saja lilin yang Anda punya.

Pertama, nyalakan lilin yang Anda punya. Kemudian, taruh jam tangan di dekatnya. Posisikan bagian bawah jam tangan dekat dengan lilin.

Embun yang ada di jam tangan pun hilang dengan cara ini.

8. Diamkan Saja

Malas untuk menyiapkan alat-alat? Ingin cara yang lebih sederhana? Diamkan saja jam tangan yang berembun.

Kedengarannya aneh, tetapi membiarkan jam tangan bisa dilakukan. Pastikan lingkungan sekitar jam tangan tidak lembab. Mendiamkannya di bawah sinar matahari juga cukup.

Embun pada jam tangan akan hilang dengan sendirinya. Asalkan, lingkungan sekitar jam tangan tepat.

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan, ada juga cara yang hanya memerlukan usaha minimal. Setelah Anda mengetahui caranya, terapkan pada jam tangan kesayangan Anda. 

Setelah embun hilang, jangan lupa untuk membersihkan jam tangan dengan lap yang lembut atau tisu. Jangan gunakan lap yang kasar. Ini bisa membuat jam tangan tergores.

Lalu, pastikan jam tangan terhindar dari kondisi yang bisa menyebabkannya berembun. Misalnya, simpan jam tangan ketika cuaca mendung. Atau, jangan pakai jam tangan ketika berenang. 

Kini, Anda sudah mengetahui cara menghilangkan embun di jam tangan. Anda tidak perlu bingung lagi.

Baca juga: