Apa jadinya hasil foto jika kamera HP berembun? Pastinya kurang maksimal, bahkan tidak layak diposting ke media sosial atau di share ke klien jika butuh dokumentasi kerja. Untungnya, dalam waktu singkat Anda bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan embun di kamera HP yang dijamin mudah dan pasti berhasil.

Banyak hal yang jadi penyebab kamera HP berembun, misalnya ketika HP kena hujan saat Anda simpan di tas yang ikut basah. Pada kondisi embun yang tipis bisa hilang sendiri, tapi kalau sudah berhari-hari tak kunjung hilang maka saatnya Anda pakai cara jitu berikut.

5 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Lima cara mudah ini sudah banyak dicoba pengguna HP yang bermasalah pada kameranya yang dipenuhi embun. Anda juga bisa mencobanya, tentu dengan langkah yang tepat supaya keamanan HP tetap terjaga maksimal.

Jemur Dibawah Matahari

Bukan langsung terpapar sinar matahari, tapi Anda bisa meletakkan HP tersebut di dalam sebuah wadah transparan yang diberi tutup. Kemudian jemur dibawah sinar matahari, secara bertahap jumlah embun akan berkurang melalui proses penguapan dari panas matahari.

Jika Anda tidak punya wadah, bisa diganti dengan kantong dan digantungkan pada tali di posisi yang terkena cahaya matahari. Lihatlah secara berkala, apakah embun sudah hilang atau belum. Kalau sudah maka proses penjemuran selesai.

Hair Dryer

Saatnya untuk menjadikan hair dryer sebagai senjata pembasmi embun pada HP. Cara menggunakannya adalah, memasang hair dryer pada posisi dingin, kemudian matikan HP Anda dan angin-anginkan bagian kamera HP menggunakan alat tersebut.

Pastikan kecepatan angin yang keluar, tidak terlalu maksimal dan suhunya tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada HP jika terus menerus terpapar hembusan angin bertekanan tinggi dengan suhu tinggi

Baca Juga: Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Manfaatkan Beras

Cara ini sudah sangat banyak yang merekomendasikan, yaitu dengan tempatkan HP pada wadah isi beras yang ada di dapur Anda. kemudian tutup sangat dan tinggalkan dalam waktu 24 jam, beras yang bersifat hangat akan membantu menguapkan embun sehingga kamera kembali bersih.

Jika tidak ingin semua beras Anda jadi ikut basah, tinggal pindahkan beras secukupnya ke dalam sebuah wadah, kemudian masukkan HP di sela-sela beras yang sudah Anda siapkan. Jangan lupa ditutup dengan rapat, supaya proses penguapan embun bisa berjalan sesuai dengan yang Anda mau.

Silica Gel

Cara kerjanya sama dengan beras, hanya saja bahan ini tentu tak selalu tersedia di rumah atau kantor bukan? Jika kebetulan ada, maka Anda cukup memasukkan HP ke dalam kantong berisi silika, tutup rapat dan biarkan hingga embun hilang.

Kipas Pada Laptop

Ini tergolong paling mudah, karena Anda yang beraktivitas dengan laptop tinggal menghidupkannya kemudian letakkan HP berembun pada bagian kipasnya. Kipas akan membantu menghalau embun, tapi memang butuh waktu agak lama hingga embun bisa hilang sempurna.

Bagaimana Mencegah Kamera HP Agar Tidak Berembun?

Ketika kamera HP sudah terlanjur berembun, tentu perlu cara yang mirip dengan cara menghilangkan embun di lensa kamera DSLR di atas. Tapi kalau belum terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan berbagai cara.

Pertama adalah memastikan bagian kamera terlindungi, saat Anda sedang memotret pakai kamera HP tersebut. Dengan begitu, kemungkinan rembesan air penyebab embun bisa diminimalisir.

Kedua bisa dengan menyimpan HP pada suhu ruang atau menggunakan pelindung khusus yang menjaga semua bagian HP dari paparan air berlebihan.

Semoga informasi di atas tentang cara menghilangkan embun di kamera HP bisa membantu Anda, gunanya agar kondisi kamera HP yang sebelumnya dipenuhi embun bisa kembali baik Tentunya tanpa harus membongkar mesin dan komponen HP secara keseluruhan.