Di zaman yang serba teknologi ini, keberadaan iklan yang muncul memang suatu hal yang wajar. Meski begitu, ada pula iklan yang mengganggu, sehingga beberapa orang mulai mencari cara menghilangkan iklan di pojok kanan bawah

Pasalnya banyak pebisnis yang ingin usahanya laku keras, sehingga menggunakan iklan online untuk menarik perhatian para audiens

Namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas, beberapa orang justru merasa terganggu dengan hal tersebut. Nah berangkat dari hal ini, saya akan jelaskan informasi seputar menghilangkan iklan yang tiba tiba muncul di PC Anda.

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba Tiba Muncul di PC

1. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Mungkin secara tidak sadar Anda pernah mengunduh suatu aplikasi pada perangkat lunak, yang mana menyebabkan iklan tersebut muncul.  Karenanya, simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui step by step-nya. 

  1. Pertama, cek control panel lalu buka uninstal program
  2. Di halaman selanjutnya, akan ada banyak daftar/list aplikasi
  3. Setelahnya, Anda bisa menghapus aplikasi penyebab iklan tersebut muncul
  4. Dan terakhir, klik kanan pada aplikasi tersebut dilanjutkan dengan klik uninstall

2. Lakukan Pembersihan/Scanning Virus

Scanning Virus

Scanning Virus

Jangan salah, kemunculan iklan juga bisa disebabkan oleh virus. Adapun virus komputer/PC ini memiliki ragam jenis, salah satunya adalah Adware. Bahaya virus ini yakni dapat bertambah tanpa Anda ketahui. 

Biasanya iklan tersebut akan muncul secara tiba-tiba dengan letak dimana saja, termasuk pojok kanan bawah. Nah jika Anda mulai menemukan hal seperti ini, sebaiknya lakukan virus scanning seperti langkah dibawah ini:

  1. Step awal, buka windows defender
  2. Lalu klik opsi quick, kemudian klik scan now
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning berhasil dilakukan
  4. Langkah selanjutnya, hapus semua virus yang muncul dan terdeteksi
  5. Kemudian restart laptop Anda

Tutorial diatas juga bisa dilakukan pada aplikasi antivirus lainnya. Jadi tidak hanya berpatok pada windows defender saja ya!

3. Atasi Halaman Website yang Terkena Malware

Mungkin Anda pernah mengalami website yang tiba-tiba error lalu muncul pesan yang menyatakan bahwa ada situs/program yang berbahaya? Nah, hal ini tak lain disebabkan oleh malware atau Malicious Software yang menginfeksi laptop atau PC mu. 

Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan, karena dapat menyebabkan hilangnya traffic pada website pribadi mu. 

Langkah yang harus Anda lakukan, yakni mencari penyebab munculnya malware tersebut. Ini bisa diawali dengan layanan security tools sehingga keamanan website selalu terjamin. Nah dengan security tersebut, Anda bisa melakukan tindakan yang tepat dan cepat. 

Selanjutnya Anda bisa menggunakan suatu aplikasi yang membantu melakukan scanning jika ternyata ada file berbahaya pada websitemu. Selain itu, sebaiknya ganti file yang sudah rusak dengan file yang baru dan bersih. 

Adapun cara menghilangkan iklan di laptop selanjutnya, yakni membersihkan website dengan cara submit website yang ditujukan untuk meminta Google melakukan review terhadap website yang Anda miliki.

4. Delete File Temporary

Sekedar informasi, file temporary adalah file yang akan tersimpan secara otomatis setiap kali Anda menggunakan PC atau laptop. 

Fungsi file temporary sendiri sangat beragam, termasuk untuk menyimpan iklan yang masuk secara otomatis. Nah untuk menghapus iklan tersebut, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, klik tombol windows+R
  2. Selanjutnya ketik temp lalu klik OK
  3. Kemudian hapus all file dan folder yang ada di dalam new window tersebut
  4. Baru setelahnya klik tombol windows+R lalu ketik %temp% dan klik OK
  5. Jika sudah, hapus kembali all file dan folder yang ada didalamnya
  6. Terakhir, silahkan restart laptop/PC Anda

5. Hapus dan Instal Ulang Windows

Hapus dan Instal Ulang Windows

Hapus dan Instal Ulang Windows

Jika cara menghilangkan iklan di pojok kanan bawah windows belum berhasil, sebaiknya re-install ulang windows yang Anda miliki. Dengan begitu, kemungkinan virus akan hilang mencapai 100%. Namun jangan lupa, pastikan data-data yang tersimpan di Google Drive pun terhapus semua. 

Mengapa harus menghapus data Google Drive? Ini karena virus tersebut tak hanya mengganggu data pada aplikasi atau drive system saja, namun juga dapat ditemukan di semua drive yang tersimpan.

6. Menghilangkan Iklan di Google Chrome dengan AdBlock

Mungkin Anda sudah tak asing jika mendengar istilah AdBlock. Ya, sistem ini berfungsi sebagai penyaring konteng hingga pemblokiran iklan pada Chrome/browser/safari.  Cara kerjanya sendiri menggunakan daftar filter yang sangat banyak. 

Melalui daftar tersebut, otomatis situs atau iklan-iklan yang tidak diizinkan akan terhapus dengan sendirinya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan daftar iklan yang ingin diblokir. 

Adapun pemasangannya terbilang mudah, yakni sebagai berikut:

  1. Pertama, buka chrome web store dan cari AdBlock di kolom pencarian
  2. Selanjutnya, pilih AdBlock dengan logo tangan berlatar segi delapan dan berwarna merah di belakangnya. 
  3. Selanjutnya klik “Add to Chrome”  atau “Tambahkan ke Chrome” di pojok kanan atas. 

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan iklan di pojok kanan bawah pada laptop atau PC dengan mudah. Sekian, semoga bermanfaat!

Baca juga: