Cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih yang bisa anda coba lakukan. Hewan peliharaan seperti anjing sangat rentan diserang oleh kutu. Hal itu dikarenakan memiliki bulu yang panjang dan lebat. Sebaiknya sebagai pemilik hewan peliharaan mengetahui cara menghilangkan kutu anjing agar anjing tetap sehat.

Hewan peliharaan anda akan terganggu karena kutu anjing. Parasit ini merupakan penghisap darah yang dapat menimbulkan rasa gatal. Kemudian menularkan pada hewan lainnya, bahkan juga pada manusia.

Gigitan kutu dapat menimbulkan luka alergi dan bentol pada kulit. Bahkan apabila jumlah kutunya cukup banyak, bisa membuat hewan peliharaan menjadi mudah stres. Kutu juga akan membuat bulu-bulu hewan peliharaan menjadi rontok. Hal itu akibat dari sering menggaruk-garuk bagian tubuhnya.

Berikut Ini Cara Menghilangkan Kutu Anjing Dengan Bawang Putih

Mungkin terdengar aneh cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih. Namun beberapa orang sudah mempraktikkannya dan kutu anjing pun dapat hilang. Sebelumnya pastikan yang digunakan bawang putih bukan bawang merah. Anjing dilarang keras memakan bawang merah dikarenakan dapat merusak sel-sel darah merah. Sehingga dapat menyebabkan anemia dan kelemahan organ tubuh pada anjing.

Cara pemakaiannya adalah berikan secukupnya setiap hari setengah siung bawang putih. Lalu anda masukkan ke dalam makanannya dan jangan sampai berlebihan. Perlu juga merebus air bawang putih untuk digunakan saat mandi. Air rebusan tersebut dipakai untuk memandikan anjing.

Baca Juga: Kucing Muntah Busa? Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

Pada saat memandikan, diamkan 5 hingga 10 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Konsumsi bawang putih dapat dihentikan apabila anjing peliharaan sudah bebas dari serangan kutu tersebut.

1. Tips Lainnya Untuk Menghilangkan Kutu Anjing

Selain cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih, tentunya ada tips lainnya apabila anjing peliharaan terserang kutu.

2. Mandikan Dengan Air Hangat

Mandikan dengan air hangat dan sabun sebagai cara membasmi kutu anjing. Selain itu, juga bisa menggunakan shampo anti kutu khusus anjing. Apabila anjing tersebut alergi terhadap bahan kimia pada shampo anti kutu, maka kulitnya akan lebih sensitif. Sebelum menggunakannya, anda perlu memperhatikan apabila ada luka terbuka pada kulitnya. Ada juga bahan kimia pada shampo anti kutu yang dapat memperburuk iritasi dan alergi kulit.

3. Gunakan Sisir Bergigi Halus Untuk Menyisir Bulunya

Cara menghilangkan kutu pada anjing dengan sisir kutu. Pada sisir kutu biasanya memiliki jarak antar bulunya lebih rapat. Hal itu agar bisa menjebak kutu yang terdapat di bagian tubuh anjing. Pilih sisir yang bergerigi halus agar tidak menimbulkan iritasi atau luka baru pada kulit anjing.

Sisir kutu juga dapat membantu menghilangkan kotoran kutu. Kotoran kutu terlihat seperti serpihan lada berbentuk bintik dan berwarna coklat tua. Pastikan sisir pada bagian ekor dan area leher. Bagian tersebut sering kali menjadi tempat tinggal bagi kutu. Sisir secara perlahan dan lembut pada area tersebut.

Kutu biasa berukuran kecil seukuran biji wijen dan warnanya coklat atau kemerahan. Apabila melihat ada kutu di sisir kutu, segera celupkan sisir ke dalam air sabun panas untuk membunuh kutu anjing tersebut.

4. Pemeriksaan Reguler

Apabila anjing peliharaan anda memiliki riwayat kutu. Cara membasmi kutu anjing yang berkeliaran di rumah, sisir bulunya sekurang-kurang seminggu sekali. Pastikan kebersihan rumah dan hewan peliharaan terbebas dari kutu. Tidak ada salahnya juga membawa anjing peliharaan ke dokter hewan untuk memastikan bebas dari kutu.

Anda bisa mempraktikkan cara menghilangkan kutu anjing dengan bawang putih. Apabila kutu tersebut masih belum hilang, anda bisa mencoba tips yang lainnya.