Rasa kantuk dapat menghancurkan kinerja dan produktivitas Anda. Untuk itu Anda membutuhkan cara menghilangkan ngantuk saat kerja supaya tidak mengganggu produktivitas.

Sepertinya, mencoba tetap aktif di tempat kerja dalam keadaan ngantuk itu tidaklah mudah. Namun, Anda dapat menyingkirkan masalah dasar penyebab kantuk.

Ikuti tips dasar berikut ini untuk bertahan dan mengatasi rasa kantuk Anda saat bekerja:

1. Secangkir Kafein

Kafein

Kafein

Mengkonsumsi kafein sebelum bekerja dapat meningkatkan kewaspadaan Anda. Bahkan jika Anda mulai merasa ngantuk saat bekerja, secangkir kafein bisa memberikan dorongan energi.

Kafein bekerja sangat baik dalam meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf Anda. Namun, jangan berlebihan atau kafein akan mempengaruhi tingkat produktivitas Anda.

2. Bangkit dari Meja Kerja Anda

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor adalah dengan bangkit dari meja kerja. Karena baik duduk atau berdiri sepanjang hari, bisa menjadi pemicu rasa kantuk yang berlebihan.

Beralihlah dari meja kerja Anda sejenak saja supaya darah dapat mengalir dengan baik. Seperti mendiskusikan pekerjaan di meja rekan kerja atau untuk menghirup udara segar di luar.

3. Putar Beberapa Lagu

Mendengarkan musik yang ceria dan berenergi sangat efektif untuk membantu meningkatkan energi Anda. Usir kantuk dan bangunkan otak Anda dengan musik keras dan bertempo cepat terutama lagu favorit Anda.

Akan tetapi, ini bisa Anda lakukan hanya jika memungkinkan serta tidak mengganggu rekan kerja yang lain.

4. Melakukan Peregangan

Mulai bergerak termasuk cara menghilangkan ngantuk saat kerja pagi di kantor. Seperti berjalan-jalan atau melakukan peregangan untuk meningkatkan energi.

Jika tidak terbiasa dengan latihan fisik, Anda bisa melakukan gerakan ringan untuk membangunkan tubuh Anda. Maka setelahnya Anda merasa lebih siap dengan tugas-tugas yang akan datang.

5. Mencuci Muka

Mencuci Muka

Mencuci Muka

Saat kantuk mulai menyerang dan mengganggu konsentrasi Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, cuci muka Anda. Gunakan air dingin untuk mencuci muka atau cukup percikkan air dingin ke wajah Anda.

Ini merupakan cara cepat menghilangkan ngantuk saat kerja dan membuat Anda merasa segar kembali.

6. Selesaikan Tugas Sederhana

Jika memungkinkan, Anda bisa menyingkirkan tugas yang lebih sederhana terlebih dahulu. Karena saat Anda lelah dan terus memaksa, sangat sulit untuk tetap fokus pada tugas yang sangat kompleks.

Dengan mengalihkan tugas pada yang membuat Anda merasa terpanggil, ini akan memancing fokus Anda menjadi lebih baik.

7. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Minum Air Putih

Cara menghilangkan ngantuk waktu kerja selanjutnya yaitu dengan minum air putih yang cukup. Air putih membantu tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup sehingga tidak mudah lelah dan ngantuk.

Selain menghindari dehidrasi yang menyebabkan sulit berkonsentrasi, ternyata juga efektif untuk membuat Anda tetap waspada.

8. Siapkan Camilan Sehat

Jika dengan camilan Anda bisa menghilangkan rasa kantuk berlebih saat bekerja, lakukan saja asal tidak melanggar aturan. Namun, pastikan camilan yang Anda konsumsi adalah camilan sehat dan tidak memiliki rasa manis berlebihan.

Konsumsi camilan dengan kandungan protein, lemak sehat, dan karbohidrat yang cukup.

9. Cahaya yang Cukup

Cara menghilangkan ngantuk saat bekerja malam hari adalah menjaga ruang kerja supaya tetap cerah. Dengan menggunakan cahaya yang sangat terang, Anda akan terbantu untuk tetap terjaga.

Jika Anda bekerja siang hari, buka jendela supaya sinar matahari masuk dan ruangan menjadi sangat terang.

10. Gunakan Aroma untuk Membangunkan Anda

Aroma

Aroma

Memiliki kebiasaan ngantuk saat bekerja, Anda bisa menyiapkan wewangian yang kuat dan memberi energi. Contohnya seperti minyak esensial beraroma melati, peppermint, lemon, atau jeruk.

Saat mulai ngantuk, oleskan sedikit di pelipis atau tangan Anda supaya aromanya yang kuat dapat terhirup. Menghirup aroma tajam mampu membuat mata Anda membuka kembali.

11. Tetap Sibuk

Cara menghilangkan kebiasaan ngantuk Anda saat bekerja adalah dengan membuat diri Anda selalu sibuk. Rasa tanggung jawab yang tinggi untuk segera menyelesaikan pekerjaan akan memicu Anda untuk bekerja lebih.

Dengan demikian, maka Anda seakan-akan tidak memiliki waktu untuk menguap dan merasakan ngantuk.

12. Makan Siang Ringan

Sebaiknya, perhatikan apa yang Anda makan dan kapan Anda harus berhenti. Cukup sampai Anda merasa puas dengan makanan Anda. Karena saat terlalu kenyang, Anda akan mudah ngantuk dan itu juga tidak baik untuk kesehatan.

Menghindari makanan berat juga merupakan cara mengatasi ngantuk saat kerja siang hari, terutama setelah makan siang. Pilihlah makanan yang merupakan sumber energi seperti telur rebus, sayur-sayuran, ayam, kacang-kacangan dan sebagainya.

13. Tidur atau Istirahat Sebentar

Tentu saja. Saat semua cara di atas gagal dan Anda tidak mampu mengalahkan kantuk, tidur sebentar. Gunakan setidaknya 15 atau 30 menit dari waktu istirahat Anda untuk tidur.

Maka ketika bangun, Anda akan merasa lebih berenergi untuk mulai melakukan pekerjaan.

Beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja di atas akan membantu Anda mempertahankan kinerja dan produktivitas. Maka sebaiknya kelola kebiasan ngantuk Anda saat bekerja dengan tidur dan istirahat yang cukup.

Baca juga: