Keberadaan semut kerap kali mengganggu Anda ketika sedang di rumah. Hal ini biasa dipicu dengan remah-remah makanan atau noda minuman, meski hanya sedikit. Melihat hal ini, banyak orang yang mulai mencari cara menghilangkan semut di rumah tanpa perlu membunuh. 

Mungkin beberapa dari Anda biasa menghilangkan rombongan semut dengan obat nyamuk berbahan pestisida. Namun ingat, penggunaan pestisida terlalu sering, apalagi di dalam rumah pun dapat membahayakan. 

Berangkat dari hal ini, sebaiknya mulailah beralih membersihkan semut dengan bahan alami, begitupun dengan cara yang aman dan efektif.

Ragam Cara Membersihkan Semut Dengan Aman dan Efektif

Hampir setiap rumah selalu dihuni semut yang bersarang. Di mana ketika mereka mencari makan maupun minuman, maka eksistensinya akan terlihat. Lantas bagaimana mengusir semut di dalam rumah? Yuk simak ulasannya!

1. Pakai Kapur Anti Serangga

Pasti Anda sudah tak asing dengan kapur anti serangga yang ampuh dalam mengusir semut. Ini terjadi karena kapur terbuat dari kalsium karbonat yang aromanya tidak disukai oleh si semut. 

Cara pakainya pun mudah, yakni dengan melingkarkan kapur tersebut pada titik masuk atau keluar lubang semut. Misalnya bagian bawah tembok yang biasa dilalui oleh semut-semut tersebut. 

Setelahnya, simpan kapur tersebut yang jauh dari anak kecil dan hewan peliharaan Anda, agar tidak sembarangan di makan atau dimainkan. 

2. Menggunakan Buah Lemon

Buah Lemon

Buah Lemon

Jangan salah, buat lemon yang asam juga dapat digunakan untuk mengusir semut secara alami. Ini karena kandungan asam sitrat pada lemon yang tidak disukai si semut. 

Cara membuatnya pun sangat mudah, yakni dengan mencampurkan air dan perasan lemon dengan perbandingan 1 buah lemon dan 3 bagian air. Selanjutnya masukkan air campuran tersebut ke botol spray.  

Semprotkan lemon tersebut pada bagian-bagian rumah yang kerap dihuni semut. Selain dapat membasmi, air lemon pun dapat memberikan bau segar pada rumah Anda.

3. Olesi Tempat Semut Dengan Petroleum Jelly

Pasti Anda pernah mendengar Vaseline Petroleum Jelly. Ya, benda satu ini memang kerap digunakan sebagai produk perawatan kulit. 

Namun siapa sangka, bahan berdasar petroleum jelly juga ampuh untuk mengusir semut. Aroma dan teksturnya yang lengket membuat segerombolan semut akan menjauh. 

Melihat hal ini, Anda bisa mengoleskan bahan tersebut pada tempat-tempat yang rentan dilalui semut. Seperti kaki meja, kaki lemari, lubang kecil, pinggiran tembok dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Kayu Manis

Kayu Manis

Kayu Manis

Cara mengusir semut tanpa membunuh selanjutnya adalah menggunakan kayu manis. Mengapa demikian? Karena kayu manis memiliki bau khas yang tak disukai semut. Karenanya, taruhlah beberapa batang kayu manis di mana semut tersebut berada. 

Selain itu, Anda bisa juga menumbuk batang kayu manis agar aromanya semakin kuat. Lalu tempatkan bubuk tersebut pada wadah kecil, dan semut pun tak akan menghampiri lagi.

5. Cuka

Selanjutnya adalah cuka yang dapat mengusir semut dengan cepat. Caranya sangat mudah yakni dengan menumpahkan cuka tersebut pada tempat-tempat yang dilalui semut. Tak lain karena aroma tersebut sama sekali tak disukai semut, sehingga semut akan menjauh dengan sendirinya.

6. Tuang Pot Terbalik di Atas Sarang Semut

Tak hanya semut hitam, semut api berwarna merah pun sangat mengganggu. Apalagi semut tersebut memiliki gigitan yang cukup kuat sehingga menimbulkan rasa perih, gatal dan panas. 

Karenanya, usir koloni semut dengan menempatkan pot bunga terbalik pada lubang sarangnya. Lalu tuangkan air mendidih pada pot tersebut, sehingga semut tak akan keluar.

7. Menggunakan Garam

Garam

Garam

Jangan salah, bumbu dapur satu ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengusir semut pergi dari rumah. 

Cara mengusir semut dengan garam sangatlah mudah, yakni dengan menaburkan pada lubang atau tempat-tempat yang rentan didatangi semut. Namun pastikan tempat yang akan ditaburi dalam keadaan kering, ya!

8. Menggunakan Bubuk Cabai

Bubuk cabai yang pedas dapat menjadi cara mengusir semut dengan ampuh. Caranya pun mudah, yakni tempatkan bubuk tersebut pada wadah kecil. Setelahnya, tempatkan wadah tersebut pada lokasi-lokasi yang kerap didatangi semut. 

Nah, selain menempatkan pada wadah, Anda juga bisa menaburkan bubuk cabai pada lantai atau sarang semut tersebut.

9. Gunakan Bedak Tabur

Pada step kali ini, Anda bisa menggunakan bedak tabur (talek) untuk mengusir semut. Caranya mudah, cukup sebarkan di area sarang semut. Seperti jendela, pintu, tembok dan lain sebagainya. 

Hal ini dianggap ampuh karena semut tak bisa berjalan melewati bubuk, sehingga semut akan menjauh dengan sendirinya. 

10. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang Putih

Selanjutnya ada cara mengusir semut dengan bawang putih. Caranya pun tidaklah sulit, cukup kupas lalu iris bawang putih secukupnya. Selanjutnya, letakkan bawang tersebut pada tempat semut berkeliaran. 

Bahkan Anda bisa memotongnya dengan kecil-kecil dan kelilingkan di area dekat toples gula. 

Nah itulah beberapa cara menghilangkan semut di rumah tanpa perlu membunuhnya. Jangan lupa diterapkan, sekian semoga bermanfaat!

Baca juga: