Semua pemilik tanaman hias tentu ingin tanamannya terbebas dari hama dan penyakit. Semut bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu. Anda perlu mengetahui cara menghilangkan semut pada tanaman.

Semut sebenarnya tidak merusak tanaman secara langsung. Hama lain seperti kutu putih dan kutu daun yang sebenarnya merusak langsung. Lantas, mengapa semut dikatakan ikut mengganggu?

Ini karena, hama-hama tersebut menghasilkan makanan bagi semut. Dengan begini, semut akan melindungi mereka dari musuhnya. Kemudian, semut juga kerap bersarang di dalam pot yang akan mengganggu. 

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman

Anda pasti tidak mau semut mengganggu tanaman kesayangan Anda, kan? Ada beberapa cara menghilangkan semut pada tanaman hias kesayangan Anda. Anda bisa mengikuti caranya agar tanaman kesayangan Anda selalu dalam keadaan sehat.

1. Terapkan Umpan Semut dan Sabun Insektisida

Cara ini terbilang ampuh karena dapat membunuh banyak semut. Anda perlu menaruh umpan semut di sekitar tempat mereka berkumpul. Kemudian, semut akan membawa ke sarangnya.

Umpan semut ini akan menjadi makanan mereka. Setelah mereka memakannya, mereka akan mati. Cara ini akan membunuh semua koloni semut, dan bisa bertahan cukup lama.

Untuk penggunaan sabun insektisida, Anda perlu melarutkannya dalam air. Larutkan 1 sampai 2 sendok makan dalam 1 liter air. Lalu, rendam tanaman hingga airnya merendam permukaan tanah.

Tunggu selama 20 menit. Kemudian, bersihkan tanaman dari semut yang tersisa. Bersihkan tanaman dari sisa larutan dan biarkan hingga kering.

2. Basmi dengan Larutan Sabun Cuci Piring

Jika Anda lebih suka memanfaatkan bahan di rumah, sabun cuci piring bisa digunakan. Anda bisa membuat larutan sabun cuci piring dengan 1 sendok teh sabun dan 1 liter air hangat. Setelah larutan dibuat, semprotkan pada tanaman dan sekitarnya.

Semut tidak suka zat yang bersifat basa seperti sabun. Sabun juga bisa membuat semut tidak berdaya.

3. Semprotkan Cuka

Asam asetat atau yang sering disebut cuka adalah salah satu senyawa kimia organik. Senyawa ini memiliki rasa asam dan bau menyengat. Biasanya, masyarakat menambahkan bahan ini ke dalam makanan. 

Namun, bahan ini juga bisa dijadikan pengusir semut. Caranya dengan menyemprotkan cairan ini pada tanaman yang diserang semut. Aroma yang kuat dari cuka tidak disukai oleh semut. 

4. Gunakan Kapur Ajaib

Gunakan Kapur Ajaib

Kapur Ajaib

Kapur ajaib merupakan insektisida yang dipakai untuk mencegah serangga datang. Seperti namanya, insektisida ini berbentuk kapur. 

Anda bisa membuat lingkaran di sekeliling pot dengan kapur ajaib. Buat dengan garis yang tebal. Semut pun tidak akan mengganggu tanaman lagi.

5. Hapus Jejak Semut

Semut biasanya memiliki pemandu. Ia akan menuntun semut lain menuju makanan dengan memberi jejak. Semut lain akan mengikuti jejak ini.

Anda bisa menghapus jejak semut ini agar mereka tidak datang lagi. 

Pertama, Anda perlu mengetahui jejak jalur yang dilewati semut. Rendam kain dengan pemutih pakaian. Kemudian, taruh kain tersebut di atas jalur tadi.

Tetapi, pastikan Anda tidak menuangkan pemutih pakaian ke tanaman. Tindakan tersebut bisa merusak tanaman.

Anda juga bisa membersihkan area sekitar pot, dengan mengepel misalnya. 

6. Tanam Tanaman yang Dibenci Semut

Jika Anda tidak suka bahan kimia, Anda bisa mencoba menanam tanaman yang dibenci semut. Tanaman dengan aroma yang kuat bisa menjadi senjata untuk mengusir semut. Contohnya seperti lavender atau mint.

Aroma yang dihasilkan bisa mengganggu semut. Itu karena semut berkomunikasi melalui bau. 

7. Singkirkan dengan Kulit Jeruk

Singkirkan dengan Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Semut tidak suka pada bai jeruk. Hal ini bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memeras kulit jeruk di sekitar tanaman. Atau Anda juga bisa menggunakan rebusan kulit jeruk.

Rebus beberapa kulit jeruk selama 15 menit. Kemudian, haluskan dengan food processor. Tuang ke sekitar tanaman yang dikerubuti semut. 

8. Gunakan Rempah-Rempah

Rempah-rempah bisa dipakai untuk mengusir semut. Anda bisa menyebarkannya di pangkal tanaman. Beberapa yang bisa digunakan adalah kayu manis, cengkeh, daun teh mint, bahkan bubuk cabai. 

9. Usir dengan Bubuk Kopi

Suka minum kopi di pagi hari? Selain bisa diseduh dan diminum, bubuk kopi juga bisa dipakai untuk mengusir semut. 

Taburkan di area yang diserang semut. Semut pun akan menjauh dari tempat itu.

Selain bubuk kopi yang belum diseduh, Anda juga bisa menggunakan ampas kopi.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan semut dari tanaman. Salah satu kelemahan semut ada pada bau. Sehingga, Anda bisa menggunakan bahan dengan bau yang kuat untuk mengusirnya. 

Jika Anda ingin menyingkirkan semut dalam waktu yang lama, Anda bisa memakai bahan kimia. Umpan semut dan insektisida yang telah disebut di awal cukup efektif. Bahan kimia seperti itu bisa membunuh seluruh koloni semut yang ikut makan.

Bahan kimia atau alami adalah pilihan Anda. Bahan alami umumnya mengusir semut karena aroma yang kuat. Sedangkan, bahan kimia seperti umpan semut dan insektisida menyingkirkan semut dengan membunuhnya. Walaupun, ada juga bahan buatan yang hanya mengusir.

Setelah membaca dan memahami cara menghilangkan semut pada tanaman, Anda bisa menerapkannya. Setelah itu, nikmatilah keindahan tanaman tanpa perlu khawatir.

Baca juga: