Baju Anda terkena tinta? Coba terapkan cara menghilangkan tinta di baju. Noda tinta pergi, hati tenang.

Mungkin ada saatnya Anda lengah hingga membuat baju kesayangan Anda terkena tinta. Misalnya, saat mengantongi pena tanpa tutupnya. Atau Anda tidak sengaja menumpahkan tinta isi ulang ke baju Anda.

Apapun penyebabnya, noda tinta bisa mengganggu penampilan. Ini bisa jadi hal yang menyebalkan. Apalagi kalau baju yang kena tinta ingin Anda pakai untuk rapat penting.

Tidak perlu cemas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda tinta di baju. Pelajari caranya pada artikel ini.

Anda bisa menggunakan beberapa bahan untuk membersihkan noda tinta. Bahan yang diperlukan pun mudah ditemukan. Cara membersihkan tinta di baju juga terbilang mudah.

Beberapa bahan berikut bisa Anda pakai. 

1. Susu

Susu

Susu

Susu dikenal sebagai minuman yang sehat. Siapa sangka, minuman yang satu ini juga bisa menghilangkan tinta di baju. 

Susu dapat larut dengan tinta. Itulah sebabnya bahan yang satu ini bagus untuk dipakai.

Cara membersihkan noda tinta dengan susu cukup mudah. Anda hanya perlu merendam baju yang terkena tinta selama satu malam. 

Esok harinya, tinta pun hilang. Anda bisa mencuci baju tadi seperti biasanya.

2. Tepung Maizena

Punya tepung maizena yang tidak terpakai? Itu bisa dimanfaatkan. Tepung maizena juga bisa menghilangkan tinta di baju.

Anda hanya perlu membuat pasta dari campuran susu dan tepung maizena. Kemudian, oles pasta yang telah dibuat pada bagian yang terkena tinta. Biarkan pasta mengering di baju.

Setelah itu, bersihkan pasta pada baju agar noda tinta ikut terangkat. Jangan lupa, cuci baju tersebut seperti biasanya agar lebih bersih.

3. Garam

Garam sangat sering dijumpai di dapur. Bisa dibilang, hampir setiap dapur punya garam di dalamnya. Selain untuk membumbui makanan, garam ternyata bisa dipakai untuk menghilangkan tinta di baju.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah taburkan garam pada noda tinta. Kemudian, usap garam tersebut secara perlahan. Lap garam tersebut dengan lap basah. 

Jika noda tinta masih tampak, ulangi langkah tersebut sampai noda hilang. 

4. Cuka

Cuka biasanya dipakai untuk campuran makanan. Bahan yang biasa ada di dapur ini memiliki sifat asam. Selain untuk makanan, cuka punya segudang kegunaan. 

Salah satunya adalah menyingkirkan noda tinta di baju. Caranya dengan membuat pasta. Anda bisa mencampurkan 2 sendok cuka dengan 3 sendok tepung maizena untuk membuatnya. 

Oleskan pasta tadi ke area yang terkena tinta. Biarkan hingga kering, lalu bersihkan. Setelah itu, cuci pakaian sebagaimana biasanya.

5. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Pasta Gigi

Pasta gigi sering ditemukan di setiap kamar mandi. Orang-orang menggunakannya untuk menyikat gigi. Gigi yang disikat dengan pasta gigi akan terasa lebih segar.

Tapi, pasta gigi juga punya kegunaan lain. Yaitu bisa membersihkan tinta pada baju.

Caranya cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian baju yang terkena noda tinta. Gosok dengan sikat gigi yang tak terpakai. Kemudian, Anda bisa melanjutkan proses dengan mencuci seperti biasanya.

6. Aseton

Anda pernah pakai kuteks? Bagi Anda yang pernah menggunakannya, mungkin sudah familiar dengan bahan yang satu ini. Aseton biasanya dipakai untuk membersihkan kuteks. 

Tidak hanya dipakai untuk membersihkan kuteks. Anda juga bisa membersihkan baju dari tinta dengan bahan ini. 

Oleskan aseton sedikit saja pada bagian yang terkena tinta. Anda bisa menggunakan bantuan kapas. Setelah noda tinta menghilang, cuci pakaian seperti biasanya.

7. Hairspray

Hairspray adalah salah satu produk perawatan kecantikan. Harganya mungkin relatif mahal bagi sebagian orang. Tapi, jika Anda tidak terlalu sayang pada hairspray milik Anda, apa salahnya.

Lagipula, untuk mendapat hasil yang diinginkan juga butuh pengorbanan, kan?

Yang perlu Anda lakukan pada hairspray milik Anda adalah menyemprotkannya pada bagian yang kena noda tinta. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga noda tinta tadi terangkat. Kemudian, Anda juga bisa mencuci bajunya seperti biasa agar bersih maksimal.

8. Alkohol

Alkohol memang punya banyak kegunaan. Bahan yang satu ini banyak dipakai di dunia medis, hingga melarutkan minyak. 

Noda tinta di baju pun bisa dihilangkan dengan alkohol. Caranya, teteskan alkohol pada noda, kemudian diamkan 2 menit. Ulangi langkah tersebut, kemudian rendam dengan air yang dicampur detergen.

Sebaiknya gunakan alkohol sebagai cara menghilangkan tinta di baju putih. Baju dengan warna lain tidak sebaiknya menggunakan bahan ini. Karena, warna pada pakaian tersebut bisa saja pudar.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tinta dari pakaian. Bahan yang harus disiapkan cukup mudah ditemukan, bukan? 

Bahan-bahan tadi memang sering ditemukan di dapur. Seperti, garam, susu,  tepung maizena, dan cuka. Atau yang bisa ditemukan di kamar mandi, yaitu pasta gigi. 

Dengan ini, tidak perlu panik lagi jika baju yang Anda pakai terkena tinta. Karena, Anda sudah mengetahui cara menghilangkan tinta di baju.

Baca juga: