Tangan Anda tidak sengaja terkena tinta printer? Jangan panik. Biasanya ketika mengganti tinta printer sendiri, tangan dan baju memang rawan ternodai. Namun, Anda tidak perlu khawatir dan bingung jika terkena tinta, karena ada beberapa cara menghilangkan tinta printer di tangan yang bisa Anda coba.  Apa saja? Berikut ulasannya.

Cara Menghilangkan Tinta Printer

1. Pemutih

Pertama, Anda bisa menggunakan cairan pemutih baju untuk membantu menghilangkan noda tinta di tangan Anda. Jika Anda akan menggunakan bahan ini, maka jangan lupa menyiapkan lemon atau perasan jeruk untuk membantu menghilangkan bau pemutih yang menyengat.

Langkah pertama, silahkan encerkan pemutih dengan air bersih dengan perbandingan sekitar 1: 10. Lalu, gosokkan pemutih yang sudah encer tadi ke tangan Anda yang terkena tinta printer hingga nodanya luntur. Kemudian, cuci tangan Anda dengan sabun atau air perasan lemon hingga bersih.

Jika Anda menggunakan pemutih, pastikan untuk membersihkan tangan dengan cepat karena kandungan klorinnya dapat menyebabkan  iritasi serta mual.

2. Alkohol

Salah satu cara menghilangkan tinta permanen di tangan, yaitu dengan menggunakan alkohol. Jika biasanya alkohol digunakan untuk luka, Anda bisa menggunakan bahan ini untuk membersihkan tangan Anda dari tinta. Caranya, tuangkan sedikit alkohol di tangan, lalu gosok hingga noda tinta hilang.

Setelah itu, segera cuci tangan Anda menggunakan sabun. Jangan lupa untuk memakai lotion agar tangan Anda tidak kering.

3. Penghilang Cat Kuku

Selain ampuh menghilangkan kutek di kuku, cairan penghilang cat kuku juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan tinta printer. Caranya sendiri cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan cairan pembersih kutek di tangan secara perlahan sampai noda di tangan Anda hilang. Setelah itu, bilas tangan Anda dengan sabun hingga bersih.

Untuk mencegah kulit tangan menjadi kering, Anda bisa menggunakan lotion setelah mencuci tangan.

4. Hairspray

Tidak hanya bisa digunakan di rambut, hairspray juga bisa Anda pakai untuk menghilangkan noda tinta. Caranya, yaitu dengan menyemprotkan sedikit hairspray ke tangan, lalu oleskan dan gosok hingga noda di tangan Anda hilang. 

Cuci tangan dengan sabun hingga bersih dan jangan lupa untuk menggunakan lotion. Cara ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tinta printer di tangan yang sudah kering. Hati-hati saat menyemprotkan bahan ini, jangan sampai tertelan karena mengandung bahan yang berbahaya untuk tubuh.

5. Pembersih Kaca

Untuk bahan yang satu ini tentu Anda punya di rumah. Selain noda di kaca, pembersih kaca juga bisa membantu menghilangkan tinta. 

Namun, Anda perlu berhati-hati jika Anda memilih menggunakan bahan ini, sebab bahan ini mengandung amonia dan alkohol yang berbahaya jika sampai tertelan maupun terhirup.

Cara menggunakan bahan ini, yaitu dengan menyemprotkan bahan ini ke tangan lalu seka dengan menggunakan kain sebelum tinta mengering. Setelah noda hilang, Anda bisa mencuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih. Terakhir, Anda bisa menggunakan lotion.

6. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil selain bagus untuk kulit dan rambut, ternyata juga bisa Anda pakai untuk menghilangkan noda tinta di tangan. Caranya sendiri, yaitu dengan menuangkan minyak secukupnya di kain, lalu gosokkan kain tersebut di tangan Anda yang kotor.

Anda juga bisa menggunakan bantuan sikat agar cepat bersih. Setelah itu, bersihkan tangan dengan air dan sabun.

7. Baby Oil

Terakhir, ada bahan yang bisa dibilang paling aman untuk digunakan membersihkan tangan Anda dari noda tinta printer. Caranya sendiri juga cukup mudah, yaitu tinggal menuangkan baby oil di kain kemudian usapkan ke tangan Anda. Setelah itu, bersihkan tangan Anda dengan menggunakan air dan sabun.

Tips Agar Terhindar dari Tinta di Tangan

Tips Agar Terhindar dari Tinta di Tangan

Tips Agar Terhindar dari Tinta di Tangan

Selain mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan tinta di tangan, Anda juga sebaiknya tahu bagaimana cara mencegah tangan Anda terkena noda saat mengganti tinta printer.

Salah satu tips agar tangan Anda terhindar dari noda, yaitu dengan menggunakan sarung tangan lateks saat mengganti tinta printer. Dengan memakai sarung tangan meskipun tinta tumpah, tetapi tidak akan langsung mengenai kulit tangan Anda.

Jika baju Anda terkena tinta, Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan tinta printer di baju dengan menggunakan bahan di atas seperti alkohol atau hairspray. Jika nodanya sudah lama Anda juga bisa memakai deterjen cair untuk membersihkan noda di baju Anda.

Agar lebih mudah membersihkan noda tinta, baik itu di tangan maupun di baju, sebaiknya langsung bersihkan tinta ketika baru terkena. Sebab jika sudah kering, tentu Anda harus lebih ekstra dalam membersihkannya. Sebelum mengganti tinta Anda juga bisa membaca cara penggantian untuk mencegah tinta tumpah.

Itulah beberapa cara menghilangkan tinta printer di tangan yang bisa Anda coba ketika Anda mengganti printer. Segera bersihkan noda ketika masih baru dan untuk menghindari terkena noda Anda bisa memakai sarung tangan lateks.

Baca juga: