Beberapa orang percaya kalau kacer dalam keadaan setengah jinak, maka akan tampil maksimal di kompetisi. Berbanding terbalik, jika mereka dalam keadaan giras, pasti akan berpengaruh pada performa.

Burung kacer yang ketakutan, kerap menabrakan diri ke jeruji kandang. Untuk itu, pahami cara menjinakan kacer berikut ini.

Sekedar informasi, kacer terlalu giras memang sulit untuk dirawat. Ini karena awal penangkapan mereka berasal dari hutan, sehingga butuh waktu untuk melakukan penyesuaian dengan manusia.

Selain sulit dirawat, burung kacer yang giras juga sulit untuk berkompetisi. Yang mana mereka jarang berbunyi, kecuali jika disimpan ditempat yang sepi dan tenang. Berangkat dari ini, saya akan mengulas seputar menjinakan burung kacer.

Jangan berkecil hati bila Anda memiliki kacer giras, karena setiap masalah pasti dilengkapi dengan solusi. Yang perlu diingat, butuh kesabaran dan keuletan agar perlahan-lahan burung Anda menjadi jinak.

  • Sediakan Tempat yang Tenang

Proses paling awal untuk menjinakan kacer adalah dengan meletakan mereka di tempat yang tenang. Langkah ini bisa dengan memberi kerodong/tutup pada sangkarnya.

  • Mandikan Burung

Langkah selanjutnya adalah mandi malam untuk kacer giras. Yang perlu diingat, jangan sampai air tersebut turut diminum oleh si burung. Untuk antisipasi, sebaiknya mandikan burung kacer dengan semprotan burung. Waktu memandikan yang tepat sendiri adalah di malam hari.

  • Berikan Makan dan Minum

Lalu ketika pagi menjelang, buka kerodong sangkar dan siapkan makan pun minum untuk si kacer. Letakkan kandang kacer di tanah, agar ia menyesuaikan diri dengan lalu lalang manusia.

Namun selalu awasi si burung agar tidak dimangsa oleh hewan predator lainnya. Jika dirasa cukup, angkat kandang tersebut dan angin-anginkan si burung kacer agar tenang kembali.

Baca Juga: Tips Perawatan Harian Burung Kacer Bahan Agar Cepat Gacor

  • Beri Asupan Jangkrik

Selain makanan pokok, kacer juga harus diberi makanan lain seperti jangkrik. Caranya, langsung berikan jangkrik tersebut dari tangan Anda. Memang di awal akan sulit karena burung kacer belum terbiasa, maka bisa disiasati dengan menusuk jangkrik menggunakan lidi.

Bila burung loncat-loncat dan ketakutan, Anda tetap harus tenang agar tidak menambah kepanikan.

  • Hidupkan Kembali Suasana Alam

Ketika kacer sedang beristirahat, sebaiknya letakkan sangkar tersebut di tempat yang tenang dan tidak gelap. Ini bagus untuk memunculkan suasana alam hutan dari habitat aslinya.

  • Mulai Menaruh Kacer di Tempat yang Cukup Ramai

Tahapan selanjutnya adalah menutupi sangkar kacer dengan kerodong tipis, lalu gantungkan di tempat sedikit ramai seperti teras rumah, kios burung dan sejenisnya. Tahapan ini bagus untuk membiasakan burung agar cepat beradaptasi.

  • Letakkan di Ruangan Keluarga

Sore menjelang malam, Anda bisa menggantungkan sangkar pada ruangan keluarga, seperti ruang tamu dan ruang televisi. Tapi ingat, jangan memainkan sangat tersebut agar burung tidak panik. Dengan kebiasaan ini, lambat laun mereka dapat menyesuaikan diri dengan keberadaan manusia.

  • Beri Kroto dan Jangkrik di Pagi Hari

Ketika pagi menjelang, keluarkan sangkar burung untuk diembunkan. Di momen tersebut, beri kroto sebanyak 1 sendok teh dan jangkrik secukupnya. Setelahnya, tunggu sampai beberapa menit agar kacer mulai berkicau.

Bila tahapan-tahapan tersebut bisa dilakukan secara rutin, maka kacer giras pun akan cepat jinak. Sekian informasi seputar cara menjinakan kacer, semoga bermanfaat!

Para pecinta burung tentu ingin memperoleh Kacer dengan suara merdu. Namun, Kacer baru biasanya tidak jinak sehingga Anda tidak dapat menikmati keindahan kicauannya sesegera mungkin. Karenanya, Anda harus tahu cara menjinakan Kacer yang pasti ampuh.

Cara di bawah ini bisa Anda lakukan dengan mudah bahkan para pecinta burung pemula. Tetapi, Anda harus sabar dan konsisten melakukannya agar Kacer cepat jinak. Ada pun cara tersebut antara lain:

  • Letakkan Sangkarnya di Tempat Ramai

Cara ini merupakan yang paling umum digunakan. Karena, dengan meletakkan sangkarnya di tempat ramai, maka Kacer akan cepat beradaptasi dan mengenal lingkungannya yang baru.

Namun, Anda tidak harus melakukan hal ini sesaat Kacer sampai di rumah. Awalnya, letakkanlah sangkarnya di tempat lain yang lebih sunyi, kemudian pindahkan setelah 1-2 hari.

Jika Kacernya dari pasar atau milik orang lain, maka cara di atas pasti berhasil. Namun, jika dari alam liar, maka Anda harus memberikan kerodong pada sangkarnya. Lebih baik gunakan yang terbuat dari koran dan lubangi pada empat sisi berbeda.

Cara ini akan membuat Kacer lebih tenang sambil membantunya untuk beradaptasi dengan tempat baru.

  • Memandikan

Cara mengatasi Kacer takut orang lainnya adalah dengan memandikannya sampai basah kuyup. Mandikan Kacer Anda pada pagi atau malam hari, tetapi waktu terbaik adalah pagi hari sekitar jam 7-9.

Pakailah semprotan dengan tekanan rendah dan mandikan semua bagian tubuhnya. Kemudian, angin-anginkan sekalian jemur di bawah terik matahari. Pastikan waktu jemurnya sebelum jam 10 karena sinar matahari tidak begitu panas.

  •  Buat Lapar

Cara ini sebenarnya cukup ekstrim, karena Anda memaksa Kacer untuk patuh. Karena ketika kelaparan, burung ini mulai panik dan mau tidak mau akan meminta makanan dari Anda.

Cara melakukannya cukup mudah. Berikanlah pakannya pada siang hari selama 4-6 hari. Setelah beberapa hari, Kacer yang kelaparan akan mulai ribut. Hal ini menandakan burung kicau tersebut mulai patuh kepada Anda.

Namun, lakukanlah cara ini dengan hati-hati. Jika terlalu lama, maka Kacer bisa sakit bahkan mati. Oleh karena itu, lebih baik Anda memakai cara lain terlebih dahulu dan jadikan cara ini sebagai upaya terakhir.

  •  Berikan Pakan dengan Sapu Lidi

Kacer susah jinak bisa Anda luluhkan dengan memakai lidi. Caranya cukup sederhana, gunakanlah sebuah lidi dan tusukkan pada pakannya. Kemudian, Anda suapkan pakan tersebut langsung ke mulut Kacer.

Lalu, secara perlahan Anda perpendek ukuran lidinya sampai memakai tangan sendiri. Jika Kacer tidak menolak maka usaha Anda berhasil. Walaupun demikian, tetap sediakan lidi ukuran panjang jika burung tersebut terlihat khawatir dengan Anda.

  •  Berinteraksi

Cara lain yang bisa Anda pakai adalah dengan berinteraksi langsung. Anda bisa memberikannya nama khusus, bersiul, menjentikkan jari dan lainnya. Hal ini banyak dilakukan para pemilik burung.

Tentu tidak semua Kacer langsung patuh dengan cara ini. Tetapi, lambat laun burung tersebut akan ikut berinteraksi dengan bergoyang, melompat-lompat atau berkicau. 

Jika terasa cukup jinak, maka keluarkan Kacer dari sarangnya dan bermainlah dengannya di tangan Anda. Jika memungkinkan letakkan di lantai rumah. Pastikan Anda mengawasi burung ini dengan seksama.

Karena, jika Anda lengah sedikit saja. Maka, Kacer akan kabur.

Menjinakan Kacer sebenarnya cukup mudah asalkan Anda sabar melakukan berbagai cara di atas. Karena ketika jinak, maka burung ini dapat menjadi teman yang menyenangkan di rumah masing-masing.