Memang, cucak ijo ini hewan yang indah. Namun mungkin karena habitat aslinya adalah hutan burung ini mungkin saja giras ketika Anda miliki. Makanya, Anda perlu tahu cara menjinakan cucak ijo

Bagi pemula, tentunya sangat mengganggu jika memiliki cucak ijo yang giras. Alih alih bisa merasa senang karena punya burung yang indah, malah yang terjadi merasa repot.

Anda bisa coba beberapa cara berikut untuk menyelesaikan problem cucak ijo susah jinak yang Anda hadapi.

1. Lakukan kontak fisik dengan cucak ijo

Ada ungkapan, tak kenal maka tak sayang. Hal ini tak hanya berlaku untuk interaksi antar sesama manusia. Hubungan manusia dan hewan juga pada dasarnya sama.

Ada kemungkinan cucak ijo milik Anda galak karena kurang sentuhan pemiliknya. Untuk itu, cobalah melakukan kontak fisik dengannya.

Cara paling sederhana sih dengan memberikan pakan (Misalnya jangkrik) langsung di tangan Anda. Jadi, biarkan cucak ijo makan di sana. 

Selain itu, Anda juga bisa memandikannya langsung dengan tangan. Sentuhan Anda bisa jadi membuatnya makin dekat.

2. Berikan tempat tinggal yang nyaman

Bukankah manusia juga suka jelek mood nya kalau ada di lingkungan yang ia rasakan tak nyaman? Misalnya jadi mudah marah atau kesal.

Jangan jangan, cucak ijo milik Anda juga begitu. Ia masih giras karena Anda tak menyediakan kandang yang membuatnya nyaman.

Paling ideal, buatlah kandang dengan luas 45 x 45 cm. Pastikan juga tingginya cukup, yakni di atas 60 cm. Tak kalah penting, Anda perlu menyiapkan lebih dari satu tempat cucak ijo nangkring di kandang.

Baca juga: Solusi Tepat Rawatan Burung Cucak Hijau Serak

3. Memberikan pakan dengan tepat

Ada dua bentuk pakan yang jadi favorit cucak ijo dan bisa bikin ia lebih jinak, yakni serangga dan biji bijian. Keduanya perlu Anda berikan secara rutin setiap hari.

Khusus untuk biji bijian, ada baiknya Anda memberikannya saat waktu mau memasuki malam. Sebaliknya, hindari memberikan pagi pagi. Berdasarkan pengalaman, itu bisa bikin cucak ijo jadi lebih mudah gelisah dan akhirnya giras.

4. Jangan biarkan di rumah terus

Biasanya, kicau mania itu bapak bapak. Kalau Anda termasuk, coba tanya istri Anda, kira kira kalau kelamaan di rumah bosan nggak?

Normalnya sih bosan. Bahkan, istri bisa jadi cepat marah dan tampak lebih galak.

Cucak ijo juga seperti itu. Ia mungkin giras karena terus menerus di rumah. Makanya, Anda perlu mengajak burung kesayangan Anda keluar rumah. Mulai dari memberikannya embun pagi, menjemurnya di terik mentari, hingga menyimpannya di tempat ramai.

Berbagai cara di atas dipercaya mampu menjinakan cucak ijo stres sehingga normal kembali. Anda tentu layak mencobanya.

5. Kondisikan dia agar menyaksikan Anda tidur

Cara kelima ini sekilas memang terlihat konyol. Namun, Anda bisa melakukannya karena tak sedikit orang orang sebelum Anda yang sudah mencoba.

Cobalah untuk tidur di dekat kandang cucak ijo. Tentu saja Anda tak boleh menutup kandangnya dengan kerodong sampai tertutup rapat. Biarkan burung tersebut melihat Anda terlelap.

Upaya menjinakan cucak ijo super giras ini secara logis bisa membuat ia percaya bahwa pemiliknya tidak akan menyakitinya. Akhirnya, ia bisa jadi lebih jinak.Pada prinsipnya, hewan itu mirip mirip sama manusia karena memiliki rasa dan hati. Jika Anda ingin menjinakan cucak ijo, maka perlakukanlah mereka layaknya manusia. Sayangi dan rawat dengan sepenuh hati.